Nasional

Najwa Shihab Akan Rilis Buku Biografi Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB Meninggal Karena Kanker

Sutopo Purwo Nugroho dimakamkan hari ini di PU Sasonolayu, Siswodipuran, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7/2019). Najwa Shihab mengunggah foto kenangan saat dirinya berswafoto dengan Sutopo Purwo Nugroho. Dalam unggahan tersebut Najwa Shihab juga menuliskan caption yang menjelaskan keinginan Sutopo Purwo Nugroho untuk menerbitkan buku tentang biografinya.

Sutopo rupanya pernah mengirimkan sebuah pesan mengenai keinginannya tersebut. Kisah perjalanan hidupnya yang berawal dari keluarga miskin hingga berjuang melawan kanker ingin dibagikan Sutopo melalui sebuah buku. Menurut caption yang ditulis Najwa Shihab, Sutopo juga mengaku tidak memiliki biaya untuk menulis dan memproduksi buku tersebut.

Saat Najwa Shihab menghubungi Sutopo, ternyata ada beberapa pihak yang sudah bersedia menulis dan menerbitkan buku itu. Namun Sutopo tetap memilik Najwa Shihab untuk menulis dan menerbitkan buku biografi ini. "Pak Topo pernah mengirimkan pesan ini: "Apakah ada penerbit yang berminat menulis kisah hidup saya?"

"Sejak lahir dalam kondisi miskin lalu tumbuh besar hingga sekarang terus berjuang dengan sakit kanker. Mungkin kisah hidup saya dapat menginspirasi masyarakat, khususnya para penyintas kanker di Indonesia.." "Ketika saya menghubungi pak Topo untuk mengonfirmasi pesan itu, dia langsung bersemangat. "Mbak Nana, ternyata ada beberapa orang yang mau menuliskan dan menerbitkan, tapi saya mau pilih sama mbak Nana saja ya," tulis Najwa dalam unggahan di instagram. Buku biografi tentang perjalanan hidup Sutopo ini menurut Najwa akan segera dirilis dan bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat.

"Semoga buku biografi Pak Topo bisa segera terbit dan inspirasinya bisa terus jadi pembelajaran bagi banyak orang seperti niatan Pak Topo sejak awal," jelas Najwa dalam caption unggahan itu. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB ini meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker paru paru stadium 4B. Pemakaman Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berlangsung haru.

Istri almarhum, bahkan pingsan saat jenazah suami hendak diantar menuju peristirahatan terakhirnya. Upacara kenegaraan mengiringi penghormatan terakhir almarhum Sutopo. Pemakaman dimulai Minggu pagi pukul 09.00 WIB.

Upacara penghormatan terakhir untuk alamarhum itu dipimpin Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo. Retno Utami, istri almarhum pingsan saat peti jenazah suaminya dimasukan ke mobil jenazah. Keluarga dan pelayat turut mengantarkan jenazah ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasonolayu.

Letjem TNI Doni Monardo kembali memimpin upacara pemakaman penghormatan terakhir terhadap Sutopo. Keluarga mendapatkan kesempatan menabur bunga di atas makam setelah jenazah dikebumikan. Orangtua almarhum, Suharsono (75) dan Sri Rusmandari (65) menjadi yang pertama menabur bunga.

Saat menaburkan bunga, Sri Rusmandari tidak kuasa menahan air mata. Begitu pula istri almarhu, Retno Utami yang tidak kuasa menahan tangis melepas kepergian suaminya. Putra pertama alamarhum , Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho mengatakan ayahnya merupakan orangtua yang memiliki dedikasi tinggi.

Dedikasi sang ayah, dijelaskan Ivanka, bagi kepentingan bangsa dan negara. "Semua yang dilakukan ayah itu selalu untuk kepentingan dan sesuatu yang lebih besar," ungkap dia. Disinggung pesan terakhir sang ayah, Ivanka enggan membukanya ke publik.

Berita Terkait

Guru Besar UI Bicara Soal Rangkap Jabatan Pejabat Pemerintah di BUMN

Nurofia Fauziah

BPI Anggap Pancasila Adalah Dasar Yang Tepat Bagi Bangsa & Negara Indonesia

Nurofia Fauziah

Penunjukkan Irjen Listyo Sigit Sebagai Kabareskrim Sudah Tepat Aziz Syamsudin

Nurofia Fauziah

Ini Alasannya Restoran Diimbau Tidak Putar Musik Terlalu Kencang Demi Cegah Covid-19

Nurofia Fauziah

Akademisi IPB Apresiasi Menteri Pertanian Benahi Data Pangan

Nurofia Fauziah

Ketua PP Bamusi Apresiasi Pemerintah Tolak ISIS Eks WNI Kembali menuju Indonesia

Nurofia Fauziah

Polri Bakal Gelar Patroli Siber Secara Masif Jasa Travel Gelap Marak

Nurofia Fauziah

Penyebar Hoaks Wapres Ma’ruf Amin Terinfeksi Virus Corona Ditangkap Polisi di Bali

Nurofia Fauziah

Penyaluran Bansos wajib Tepat Sasaran & Tidak Dimanfaatkan buat Kampanye Kabareskrim

Nurofia Fauziah

India Punya Kebijakan Beda dari Indonesia Soal Larangan Mudik

Nurofia Fauziah

Pedoman SKD CAT BKN Sekolah Kedinasan 2020 Sesuai Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19

Nurofia Fauziah

Pontianak Berpotensi Hujan Petir BMKG Prakiraan Cuaca di 33 Kota di Indonesia Selasa 28 Juli 2020

Nurofia Fauziah

Leave a Comment