Kesehatan

Musim Kemarau Masih Sampai November 10 Makanan Yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas

Ketika musim panas, tubuh kehilangan banyak cairan. Berikut adalah 10 makanan yang cocok untuk musim panas untuk mengembalikan kadar air dalam tubuh. Kemarau panjang di Indonesia diprediksi BMKG akan terjadi sampai bulan November 2019.

Ini membuat tubuh kita harus bisa bertahan lebih lama untuk menghadapi kemarau panjang. Terik matahari berdampak juga pada suhu lingkungan yang membuat kita merasa gerah dan mengeluarkan banyak keringat. Tubuh kita mengeluarkan keringat untuk menjaga suhu tubuh dan kelembaban kulit, akan tetapi jangan sampai kekurangan cairan atau dehidrasi .

Biasanya, kita melakukan kegiatan di dalam ruangan yang ber AC atau menggunakan kipas angin untuk mengurangi suhu tubuh yang tinggi alias kegerahan. Ada beberapa cara untuk mengurangi kegerahan, salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang memberi efek dingin dan kaya akan kadar air. Semangka memang buah yang sangat menyegarkan.

Selain manis, semangka juga memiliki kadar air yang tinggi dan bisa menurunkan suhu badan. Selain itu, buah semangka juga memiliki fungsi detoks alami yang mengeluarkan toksin dalam tubuh akibat peningkatan suhu tubuh. Apabila bosan dengan semangka, kita juga bisa mengolah semangka menjadi makanan atau minuman lain yang menyegarkan seperti membuat jus semangka atau dicampur dengan buah lainnya.

Sayuran hijau memiliki banyak nutrisi dan mineral yang dapat menurunkan suhu tubuh yang gerah. Sayuran juga mengandung air yang tinggi seperti selada, zucchini. daun seledri, dan lainnya. Selada adalah sayuran yang memiliki kadar air tertinggi, yaitu mencapai 96 persen.

Selada juga mudah dicerna dan menjaga energi selalu stabil. Mentimun memiliki kadar air yang tinggi, yaitu 194 gram cairan. Mentimun cocok sebagai pilihan buah buahan untuk dimakan saat musim kemarau.

Mentimun juga bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Nanas menjadi buah favorit di musim panas, karena bisa menurunkan suhu tubuh. Selain itu, nanas juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh.

Menurut medis India Kuno, makanan manis dianggap sebagai pendingin. Manis yang dimaksud adalah manis yang alami. Ceri menyimpan kadar air yang cukup tinggi dan memiliki rasa manis yang alami.

Ceri bisa menjadi pilihan untuk makanan di musim panas agar tetap segar dan berstamina. Tomat memiliki kandungan air yang melimpah. Buah ini juga kaya akan likopen yang sangat baik untuk menjaga kulit.

Denganmengkonsumsi tomat di musim panas, kita tidak perlu khawatir akan kekurangan air dalam tubuh dan kulit kering akibat paparan sinar matahari. Stroberi memiliki 91 persen air didalam buahnya. Buah yang rasanya asam tetapi segar ini akan membantu kita memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dan menurunkan suhu tubuh.

Jerukmengandung 87 persen cairan yang mampu mempertahankan kadar air dalam tubuh. Jeruk juga kaya vitamin yang baik untuk kesehatan. Pada cuaca kering, buah apel sangat cocok dikonsumsi karena mengandung 84 persen air.

Selain itu, buah ini mengandung vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jelly yang terbuat dari gelatin cocok dimakan saat musim panas karena gelatin mempunyai kandungan air dan sodium yang tinggi. Kandungan dalam jelly memiliki manfaat untuk menjaga fungsi otot dan mengontrol tekanan darah.

Berita Terkait

Taukah Anda Coklat dapat Mengurangi Resiko Penyakit Stroke 5 Manfaat Dark Chocolate Bagi Kesehatan

Nurofia Fauziah

Sebaiknya Jangan Ditinggalkan 7 Benda Ini di Kamar Mandi

Nurofia Fauziah

Dermatitis Atopik yang Diderita Baby Ryu karena Colekan Tamu, Tisu Basah Bisa Jadi Pemicunya?

Nurofia Fauziah

Yuk Buatkan Si Kecil Bubur Apel Pir yang Kaya Vitamin Ini MPASI Bergizi Bayi 7 Bulan

Nurofia Fauziah

Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Bantu atasi Nyeri hingga Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Nurofia Fauziah

9 Kebaikan Saat Rutin Minum Air Putih Setiap Hari, Diet Sukses hingga Kulit Halus

Nurofia Fauziah

Gizi Seimbang dapat Membantu Hadapi Pandemi Covid-19

Nurofia Fauziah

Depresi karena Ijazah Ditahan, Dokter Muda di Papua Meninggal Dunia, Jokowi Diminta Cabut Aturan Ini

Nurofia Fauziah

Plester Mulut Saat Tidur Jadi Kebiasaan Unik Andien dan Keluarga, Ternyata Ini Manfaatnya

Nurofia Fauziah

Memperkuat Tulang hingga Memperbaiki Tekstur Kulit 7 Manfaat Konsumsi Kentang bagi Kesehatan Tubuh

Nurofia Fauziah

Cara Mudah Membuat Teh Pare buat Mengatasi Diabetes dan Memerangi Kolesterol

Nurofia Fauziah

Inilah Para Jawara IndoHCF Innovation Awards III-2019

Nurofia Fauziah

Leave a Comment