Nasional

Minta Bantuan Sosial Tunai Dibagikan Sebelum Lebaran Mensos Curhat Jokowi Hampir Tiap Hari Telepon

Kementerian Sosial langsung memantau tiga kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah untuk memantau pendistribusian bantuan sosial tunai (BST), Kamis (21/5/2020). Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara beserta jajarannya menggunakan jalur darat menuju Kota Semarang, Surakarta dan Ambarawa. Mensos mengakui kedatangannya di kota kota tersebut atas perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo guna mempercepat pendistribusian BST.

Juliari menceritakan bahwa presiden hampir setiap hari meneleponnya untuk menanyakan BST tersebut. "Hampir setiap hari nelponin saya, nanya apakah uangnya sudah dibagi bagikan?" ucap Juliari meniru kalimat pertanyaan presiden Jokowi. Mensos Juliari mengatakan hal yang selalu ditanyakan Jokowi kepadanya selalu perihal baik bantuan sembako maupun tunai (BST).

"Betapa beruntungnya kita warga negara Indonesia punya presiden seperti Joko Widodo. Yang ditanyakan kepada menteri sosialnya selalu apakah bantuan sembako sudah dibagikan? Apakah uangnya sudah dibagi bagikan?" ucap Mensos Juliari menceritakan perhatian dari presiden kepada masyarakat. "Ini mau lebaran, ini mau lebaran. Loh pak Lebaran ini lagi Covid 19 pak, saya bilang. Presiden bilang ya pokoknya rakyat saya itu pegang uang," ucap Mensos. Usai pembagian bansos tunai tahap I sebelum lebaran, Mensos mengatakan usai lebaran akan ada dua tahap lagi terkait distribusi BST.

Saat di kantor Pos Kecamatan Semarang Selatan itu Mensos mengingatkan agar warga datang kembali ke sana untuk mengambil BST tahap selanjutnya. "Nanti habis lebaran ada dua tahap lagi, jadi jangan lupa habis lebaran ada 2 tahap lagi, 600 ribu dan 600 ribu," ucapnya kepada para keluarga penerima manfaat (KPM). Kepada petugas PT Pos yang disambangi oleh kementerian sosial, Mensos memberikan semangat terkait penyaluran distribusi BST ini.

Mensos Juliari mengatakan hingga kini penyaluran sudah mencapai lebih dari 60 persen dari target. Target untuk penyaluran bantuan sosial tunai (BST) tahap pertama adalah 8,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) terdampak covid 19. Kemudian, target tersebut akan diselesaikan dalam Minggu ini tepatnya sebelum hari raya Idul Fitri tiba.

Walaupun begitu acara tersebut tetap menggunakan protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah. Pemerintah selalu mengingatkan masyarakat wajib menggunakan masker saat ke luar dari rumah. Tak hanya itu dalam hal jarak tetap menggunakan physical distancing dan tidak melakukan kontak fisik satu sama lain.

Berita Terkait

Respons Dubes China buat Indonesia Sikapi Kasus Pelarungan Jenazah ABK WNI Dari Kapal Ikan Tiongkok

Nurofia Fauziah

Wapres Ma’ruf Amin Dukung Pembentukan FKUB Tingkat Nasional

Nurofia Fauziah

Polri Bakal Gelar Patroli Siber Secara Masif Jasa Travel Gelap Marak

Nurofia Fauziah

Berikut Jadwal yang Diputuskan Pemerintah Shift Kerja PNS Akan Dibagi 2

Nurofia Fauziah

Golkar Akui Bupati Tetty Paruntu Batal Ditemui Jokowi saat Disinggung Kasus Bowo

Nurofia Fauziah

Animator & Ilustrator Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah Selasa 16 Juni 2020 Vokasi Kini

Nurofia Fauziah

Soal SD Kelas 1-3 Bagaimana Pendapatmu Tentang Sikap Oki & Felip Ketika Diminta Membantu Nirmala

Nurofia Fauziah

Mahfud MD Sebut Idul Fitri Momen Tepat Prabowo Bertemu Jokowi, Tak Harus Bicara Politik

Nurofia Fauziah

Kemendikbud Diminta Perbaiki Manajemen Pendidik Hari Guru

Nurofia Fauziah

Ini Klarifikasi Guru SD di Sukabumi yang Dituding Sebagai Perekam Pemuda Ancam Penggal Jokowi

Nurofia Fauziah

Ini Daftar Besarannya TNI & Polri Bakal Cair pada Akhir Tahun 2020 Pensiunan Gaji Ke-13 bagi PNS

Nurofia Fauziah

hingga Daftar Formasi Jadwal Seleksi Simak Tata Cara Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka BESOK

Nurofia Fauziah

Leave a Comment