Nasional

Minta Bantuan Sosial Tunai Dibagikan Sebelum Lebaran Mensos Curhat Jokowi Hampir Tiap Hari Telepon

Kementerian Sosial langsung memantau tiga kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah untuk memantau pendistribusian bantuan sosial tunai (BST), Kamis (21/5/2020). Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara beserta jajarannya menggunakan jalur darat menuju Kota Semarang, Surakarta dan Ambarawa. Mensos mengakui kedatangannya di kota kota tersebut atas perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo guna mempercepat pendistribusian BST.

Juliari menceritakan bahwa presiden hampir setiap hari meneleponnya untuk menanyakan BST tersebut. "Hampir setiap hari nelponin saya, nanya apakah uangnya sudah dibagi bagikan?" ucap Juliari meniru kalimat pertanyaan presiden Jokowi. Mensos Juliari mengatakan hal yang selalu ditanyakan Jokowi kepadanya selalu perihal baik bantuan sembako maupun tunai (BST).

"Betapa beruntungnya kita warga negara Indonesia punya presiden seperti Joko Widodo. Yang ditanyakan kepada menteri sosialnya selalu apakah bantuan sembako sudah dibagikan? Apakah uangnya sudah dibagi bagikan?" ucap Mensos Juliari menceritakan perhatian dari presiden kepada masyarakat. "Ini mau lebaran, ini mau lebaran. Loh pak Lebaran ini lagi Covid 19 pak, saya bilang. Presiden bilang ya pokoknya rakyat saya itu pegang uang," ucap Mensos. Usai pembagian bansos tunai tahap I sebelum lebaran, Mensos mengatakan usai lebaran akan ada dua tahap lagi terkait distribusi BST.

Saat di kantor Pos Kecamatan Semarang Selatan itu Mensos mengingatkan agar warga datang kembali ke sana untuk mengambil BST tahap selanjutnya. "Nanti habis lebaran ada dua tahap lagi, jadi jangan lupa habis lebaran ada 2 tahap lagi, 600 ribu dan 600 ribu," ucapnya kepada para keluarga penerima manfaat (KPM). Kepada petugas PT Pos yang disambangi oleh kementerian sosial, Mensos memberikan semangat terkait penyaluran distribusi BST ini.

Mensos Juliari mengatakan hingga kini penyaluran sudah mencapai lebih dari 60 persen dari target. Target untuk penyaluran bantuan sosial tunai (BST) tahap pertama adalah 8,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) terdampak covid 19. Kemudian, target tersebut akan diselesaikan dalam Minggu ini tepatnya sebelum hari raya Idul Fitri tiba.

Walaupun begitu acara tersebut tetap menggunakan protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah. Pemerintah selalu mengingatkan masyarakat wajib menggunakan masker saat ke luar dari rumah. Tak hanya itu dalam hal jarak tetap menggunakan physical distancing dan tidak melakukan kontak fisik satu sama lain.

Berita Terkait

Ibunda Sakit, SBY dan Keluarga Bergantian Menjaga

Nurofia Fauziah

Kami bukan PKI Bendera PDIP Dibakar Kami Orang Beragama Ganjar Pranowo

Nurofia Fauziah

Wiranto: Kasus di Sibolga Tidak Terkait Pemilu

Nurofia Fauziah

Berikut ketentuan & Skema Pencairannya BLT Rp 600 Ribu Selama 4 Bulan Dibagikan 2 Tahap

Nurofia Fauziah

BIN Tidak Lagi di Bawah Koordinasi Kemenko Polhukam Sejak 3 Juli 2020

Nurofia Fauziah

Guru Besar UI Bicara Soal Rangkap Jabatan Pejabat Pemerintah di BUMN

Nurofia Fauziah

Dilengkapi Flight Simulator & Pabrik Pengolahan Ikan Kediaman Susi Pudjiastuti di Pangandaran

Nurofia Fauziah

Komnas Perempuan Sebut Selama 9 Tahun Ada 46 Ribu Lebih Kasus Kekerasan Seksual

Nurofia Fauziah

Murni Politik Soal Diskusi ‘Pemecatan Presiden’ Refly Harun Ungkit Turunnya Soekarno & Gus Dur

Nurofia Fauziah

Koopsus TNI Gelar Latihan Penanggulangan Teror Ancaman Senjata Biologi Saat Pandemi Covid-19

Nurofia Fauziah

Bodoh Jika Kita Tinggalkan Jokowi Diisukan Jadi Oposisi Nasdem

Nurofia Fauziah

Leave a Comment