Pendidikan

Meningkatkan Rasa Cinta terhadap Lingkungan Dapat Dilakukan melalui Kreativitas Menulis Puisi

Meningkatkan rasa cinta terhadap lingkungan dapat dilakukan melalui kreativitas menulis puisi. Maka dari itu, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret ( FKIP UNS) melaksanakan workshop peningkatan kompetensi literasi ekologis melalui kreativitas menulis puisi. Workshop atau lokakarya tersebut dilaksanakan pada Selasa (30/4/2019), bertempat di Gedung Pascasarjana FKIP UNS.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 peserta, terdiri atas dosen, guru, kepala sekolah, pengawas, dan mahasiswa di lingkungan Kota Surakarta. Target utama kegiatan ini adalah siswa siswi SMP di Kota Surakarta. "Kegiatan workshop ini memiliki misi utama, yakni meningkatan sikap dan perilaku peduli lingkungan siswa SMP Kota Surakarta melalui kreativitas menulis puisi," papar ketua tim PKM, Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. dalam sambutannya.

"Dari kegiatan ini, akan dihasilkan puisi puisi karya siswa yang bermuatan rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan," lanjutnya. Ketua tim menambahkan bahwa sebagaimana diketahui dan dirasakan bersama, ada banyak peristiwa bencana alam yang melanda Indonesia akhir akhir ini. Tak bisa dipungkiri, salah satu penyebab utamanya adalah perilaku dan ulah manusia sendiri.

Kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan belum bertumbuh dengan baik. Oleh karena itu, penanaman sikap peduli pada lingkungan, khususnya kepada peserta didik perlu dilakukan. Pendidikan lingkungan hidup merupakan upaya preventif yang dapat dilakukan guru dan sekolah agar tidak terjadi permasalahan lingkungan.

Workshop ini merupakan langkah awal yang dilakukan oleh tim PKM, yakni memberikan bekal kepada guru guru bahasa Indonesia untuk bisa mengintegrasikan literasi ekologis dalam pembelajaran menulis puisi. Selanjutnya, guru akan menugaskan siswa menulis puisi yang hasilnya akan dibukukan ke dalam sebuah antologi puisi. "Upaya penanaman nilai nilai cinta lingkungan sudah dilakukan beberapa tahun belakangan ini, melalui kegiatan penelitian dan hari ini ditindaklanjuti dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat," ujar salah satu anggota tim di sela sela acara.

"Ini adalah sedikit upaya konkret yang bisa kami lakukan dalam rangka menjaga kelestarian dan keseimbangan alam," pungkasnya. (*)

Berita Terkait

Cari Tahu Disini! Solusi Belajar di Rumah buat PAUD/TK Arahan Kemendikbud

Nurofia Fauziah

Hanya Salah Paham HEBOH Mata Pelajaran PAI & Bahasa Arab di Madrasah Dihapus Kemenag

Nurofia Fauziah

Titik Nol English Course Dorong & Fasilitasi Peluang buat Belajar & Bekerja di Luar Negeri

Nurofia Fauziah

Extramarks Indonesia Memilih Donna Agnesia Sebagai Brand Ambassador

Nurofia Fauziah

LTMPT Umumkan Hasil UTBK SBMPTN 2019 Di Pengumuman Utbk.ltmpt.ac.id, Cek Rekapitulasi Nilaimu

Nurofia Fauziah

Campus Spain Tawarkan Pelajar Indonesia Lanjutkan Studi ke Spanyol

Nurofia Fauziah

BPPT & President University Sepakati Kerjasama Pengembangan Techno Park

Nurofia Fauziah

Kembangkan Social Emotional Learning di Sekolah Dasar

Nurofia Fauziah

Koding akan Jadi Ketrampilan Wajib Generasi Muda

Nurofia Fauziah

Cost Control Engineer hingga Engineering Manager Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Nurofia Fauziah

JAWABAN & SOAL TVRI 11 Agustus 2020 SMP Belajar dari Rumah Benarkah Pendapat Nanik

Nurofia Fauziah

Pendaftaran 1 Instansi Sekdin 2019 Diperpanjang, Ada Petunjuk Khusus Pelamar STAN dan STIS

Nurofia Fauziah

Leave a Comment