Pendidikan

Meningkatkan Rasa Cinta terhadap Lingkungan Dapat Dilakukan melalui Kreativitas Menulis Puisi

Meningkatkan rasa cinta terhadap lingkungan dapat dilakukan melalui kreativitas menulis puisi. Maka dari itu, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret ( FKIP UNS) melaksanakan workshop peningkatan kompetensi literasi ekologis melalui kreativitas menulis puisi. Workshop atau lokakarya tersebut dilaksanakan pada Selasa (30/4/2019), bertempat di Gedung Pascasarjana FKIP UNS.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 peserta, terdiri atas dosen, guru, kepala sekolah, pengawas, dan mahasiswa di lingkungan Kota Surakarta. Target utama kegiatan ini adalah siswa siswi SMP di Kota Surakarta. "Kegiatan workshop ini memiliki misi utama, yakni meningkatan sikap dan perilaku peduli lingkungan siswa SMP Kota Surakarta melalui kreativitas menulis puisi," papar ketua tim PKM, Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. dalam sambutannya.

"Dari kegiatan ini, akan dihasilkan puisi puisi karya siswa yang bermuatan rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan," lanjutnya. Ketua tim menambahkan bahwa sebagaimana diketahui dan dirasakan bersama, ada banyak peristiwa bencana alam yang melanda Indonesia akhir akhir ini. Tak bisa dipungkiri, salah satu penyebab utamanya adalah perilaku dan ulah manusia sendiri.

Kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan belum bertumbuh dengan baik. Oleh karena itu, penanaman sikap peduli pada lingkungan, khususnya kepada peserta didik perlu dilakukan. Pendidikan lingkungan hidup merupakan upaya preventif yang dapat dilakukan guru dan sekolah agar tidak terjadi permasalahan lingkungan.

Workshop ini merupakan langkah awal yang dilakukan oleh tim PKM, yakni memberikan bekal kepada guru guru bahasa Indonesia untuk bisa mengintegrasikan literasi ekologis dalam pembelajaran menulis puisi. Selanjutnya, guru akan menugaskan siswa menulis puisi yang hasilnya akan dibukukan ke dalam sebuah antologi puisi. "Upaya penanaman nilai nilai cinta lingkungan sudah dilakukan beberapa tahun belakangan ini, melalui kegiatan penelitian dan hari ini ditindaklanjuti dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat," ujar salah satu anggota tim di sela sela acara.

"Ini adalah sedikit upaya konkret yang bisa kami lakukan dalam rangka menjaga kelestarian dan keseimbangan alam," pungkasnya. (*)

Berita Terkait

Cinta Tanah Air 14 Agustus 2020 SD Kelas 1-3 SOAL & JAWABAN TVRI Jumat

Nurofia Fauziah

Tema 2 Subtema 2 – Selalu Berhemat Energi (Halaman 51-55) Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4

Nurofia Fauziah

Extramarks Indonesia Memilih Donna Agnesia Sebagai Brand Ambassador

Nurofia Fauziah

Moestopo & JUIDA Gelar Workshop Kembangkan Pemanfaatan Teknologi Drone buat Edukasi

Nurofia Fauziah

Sekolah Citra Kasih Don Bosco Kenalkan Jiwa Entrepreneurship menuju Siswa Sejak Dini

Nurofia Fauziah

Ini Daftarnya Sekolah Tatap Muka Boleh di Zona Hijau Tahun Ajaran Baru Resmi Dimulai 13 Juli 2020

Nurofia Fauziah

Bagaimana Bunyi Terdengar oleh Telinga Kumpulan Jawaban Soal TVRI SD Kelas 4-6 Selasa 28 Juli 2020

Nurofia Fauziah

Kangen menuju Sekolah & Mengajar Lagi Curhat dua Guru Sekolah Dasar Anggit & Herawan

Nurofia Fauziah

Jangan Tunggu Aba-Aba Jangan Tunggu Perintah! Pesan Nadiem di Hari Guru Nasional

Nurofia Fauziah

Mahfud MD Beri Pujian untuk UNS Solo, Potretnya Bersama Sang Mantan Rektor pun Jadi Sorotan

Nurofia Fauziah

Ibunda Terpukul Pernah Tak Naik Kelas & Dibilang Tak Punya Masa Depan Kisah Pilu Ciputra Kecil

Nurofia Fauziah

Pidato Terahir Rektor Universitas Indonesia pada Rapat Terbuka MWA

Nurofia Fauziah

Leave a Comment