Kesehatan

Mengetahui Gejala Penyakit Jantung Sejak Dini

Seranganjantungmerupakan salah satu penyebab kematian tertinggi yang dialami banyak orang di dunia. Karenanya penting bagi kita untuk tetap menghindari penyakitjantungdengan menjaga pola makan yang sehat dan mengetahui tanda tanda untuk menghindarinya. Namun, tahukah anda jika penyakit jantung bisa diketahui sejak dini dengan mengenali tanda tanda yang mudah kita pelajari. Dengan kata lain gejala penyakit jantung bisa diketahuilebih awal.

Dikutip dari ciputrahospital.com, Berikut ini tanda tanda yang bisa membantu kita, untuk mengidentifikasi penyakit jantung sejak dini: Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang berpotensi serius ketika napas berhenti dan berlanjut berulang kali.Seperti, ketikadengkuran disertai periode henti pernapasan, otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Tubuh akan mengirim sinyal ke pembuluh darah dan jantung untuk bekerja lebih keras agar aliran darah tetap berjalan.

Hal ini meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, irama jantung abnormal, stroke, dan gagal jantung. Namun untungnya, sleep apnea dapat diatasi. Kadar trigliserida yang sangat tinggi dapat membuat kulit pecah di sekitar buku buku jari tangan dan kaki, serta di bagian bokong. Lemak berlebihan di dalam darah berperan dalam pengerasan pembuluh darah arteri, dan kadar yang tinggi seringkali berkaitan dengan kondisi lain yang juga bisa membuat berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Kekuatan tangan mungkin bisa memberi tahu sesuatu tentang kekuatan jantungayng dimiliki. Penelitian menunjukkan kemampuan untuk menggenggam sesuatu dengan baik memiliki arti risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Jika kita sulit untuk menggenggam suatu objek, kemungkinan lebih tinggi bahwakita memiliki masalah pada jantung. Namun meningkatkan kekuatan genggaman sendiri tidak berarti membuat jantungmenjadilebih sehat. Jika tidak memiliki riwayat luka atau trauma pada area jari tangan atau kaki, titik titik kecil darah yang terperangkap di bawah kuku dapat mengarah kepada adanya infeksi pada selaput jantung atau katup, yang disebut endokarditis.

Bercak darah ini juga dapat ditemui ketikakita menderita diabetes. Penderita dengan kondisi tersebut dua hingga empat kali lebih mungkin memiliki risiko penyakit jantung dan stroke. Pusing seringkali merupakan akibat langsung dari jantung yang tidak memompa darah cukup ke otak.

Pusing juga dapat menjadi gejala irama jantung abnormal, yang disebut aritmia. Gagal jantung, yang berarti melemahnya otot jantung, juga bisa membuatkita menjadi tidak stabil. Pusing adalah salah satu dari banyak gejala serangan jantung yang tidak banyak diketahui.

Jari tangan dan kaki yang berwarna biru dapat berasal dari sirkulasi darah dengan oksigenasi yang buruk. Hal ini seringkali berkaitan dengan cacat jantung bawaan atau pembuluh darah yang tersumbat. Pola berwarna ungu berenda dan berbintik bintik muncul ketika plak kolesterol yang terbentuk pecah dan kemudian tersangkut di pembuluh darah kecil.

Pada penderita endokarditis atau infeksi pada bagian dalam jantung, mungkin bisa mendapatkan bercak darah tepat di bawah kulit di bagian dalam tangan dan telapak kaki. Para ahli tidak sepenuhnyasetuju hubungan antara penyakit gusi dan penyakit jantung. Namun penelitian menunjukkan bahwa gusi yang berdarah, bengkak, atau nyeri dapat menyebabkan masalah bagi jantung.

Salah satu teori mengatakan bakteri dari gusi dapat masuk ke aliran darah dan memicu peradangan di jantung. Memiliki penyakit gusi, yang dapat menyebabkan kehilangan gigi, juga dapat meningkatkan peluang Anda terkena stroke. Kitamungkin menemukan bintik bintik tebal ini, yang disebut acanthosis nigricans, di lipatan kulit seperti leher, ketiak, dan selangkangan ketika tubuh kesulitan menggunakan hormon insulin. Jika tidak dalam masa pengobatan resistensi insulin, sindrom metabolik, atau diabetes tipe 2, segera temui dokter untuk membantu mengendalikan gula darah dan melindungi jantung.

Rasa lelah tidak selalu disebabkan oleh kurangnya waktu tidur. Gagal jantung dapat membuatkita lelah dan kehabisan tenaga karena otot jantung tidak lagi memompa cukup baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Waspadai gejala gejala lain seperti batuk dan juga bengkak pada tungkai, karena rasa lelah dapat menjadi tanda peringatan dari berbagai kondisi termasuk anemia, kanker, atau bahkan depresi.

Berita Terkait

Lakukan Pertolongan Pertama Ini Lihat Orang Kena Serangan Jantung Seperti Dialami Adian Napitupulu

Nurofia Fauziah

Metode Klem Kini Banyak Dipilih Sunat Konvensional dari Ditingalkan

Nurofia Fauziah

Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik dan Nyaman Bagi Pemula

Nurofia Fauziah

dari Jeruk hingga Cabai 9 Makanan yang Kaya dengan Vitamin C

Nurofia Fauziah

4 Manfaat Olahraga Kickboxing untuk Kesehatan, Bisa Memperbaiki Postur Tubuh

Nurofia Fauziah

Perpanjang Umur 5 Jus Buah & Sayur ini Ternyata Manfaatnya Mengejutkan Selama ini Disepelekan

Nurofia Fauziah

9 Makanan Ini Kaya dengan Vitamin C, dari Cabai hingga Jeruk

Nurofia Fauziah

dari Tomat Hingga Kacang-Kacangan 5 Makanan Ekonomis Ini Dipercaya Bisa Perpanjang Umur

Nurofia Fauziah

Olahraga Penting Bagi Ibu Hamil buat Jaga Imunitas saat Pandemi Covid-19

Nurofia Fauziah

Vitamin C & Vitamin E Bagus buat Kesehatan Kulit Wajah Tak Hanya buat Imunitas Tubuh

Nurofia Fauziah

Depresi karena Ijazah Ditahan, Dokter Muda di Papua Meninggal Dunia, Jokowi Diminta Cabut Aturan Ini

Nurofia Fauziah

Ganjar Pranowo Komitmen buat Mendorong Replikasi Intervensi Gizi Spesifik di Jawa Tengah

Nurofia Fauziah

Leave a Comment