Bisnis

Mengenal Software CRM Indonesia dan Tahapan-Tahapannya

Untuk meningkatkan produktivitas dan profit perusahaan, kini banyak pelaku usaha yang memanfaatkan kecanggihan teknologi berupa software CRM Indonesia. Di dalam software CRM, terdapat informasi lengkap yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengelola berbagai hal yang berhubungan dengan para pelanggan. Melalui software ini, perusahaan dapat dengan mudah memahami perubahan kebutuhan pelanggan dan dengan cepat meresponnya. Untuk lebih memahami tentang software CRM, Anda perlu menyimak pembahasan berikut ini.

Apa itu Software CRM?

Software CRM atau Customer Relationship Management merupakan software yang berbasis cloud yang dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran bagi sebuah perusahaan. Perangkat lunak ini dapat membantu perusahaan untuk mengelola hubungannya dengan para pelanggan sehingga mereka tetap membeli produk / menggunakan jasa dari perusahaan tersebut. Aplikasi ini penting untuk digunakan oleh perusahaan karena mampu meningkatkan produktivitas dan profit dari perusahaan tersebut.

Tahapan-Tahapan dalam CRM

CRM didukung oleh sistem canggih yang berguna sebagai penggeraknya. Agar CRM dapat bekerja secara optimal, maka aplikasi ini harus melalui beberapa tahapan, di antaranya:

1. Mendapatkan Pelanggan Baru (Acquire)

Tahapan pertama dalam CRM adalah mendapatkan pelanggan baru atau disebut juga dengan istilah acquire. Untuk bisa mendapatkan pelanggan baru, CRM akan melakukan berbagai cara yang dapat membuat para pelanggan merasa nyaman untuk membeli produk tertentu yang dibutuhkan. Salah satu caranya adalah memberikan respon yang cepat dan juga ketepatan waktu dalam proses pengiriman barang yang dibutuhkan oleh para pelanggan. Selain itu, perusahaan juga dapat menarik banyak pelanggan baru dengan melakukan promosi kepada pelanggan dengan memberikan kesan awal yang baik pada mereka. Sebisa mungkin hindari kesan awal yang kurang baik kepada para pelanggan karena hal itu hanya akan mencoreng citra perusahaan.

2. Meningkatkan Nilai Pelanggan

Tahapan berikutnya dalam CRM adalah meningkatkan nilai pelanggan. Untuk itu, perusahaan harus bisa menciptakan hubungan yang erat dengan para pelanggan seperti mendengarkan setiap keluhan yang diberikan oleh pelanggan. Selain itu, perusahaan harus bisa meningkatkan layanan dengan para pelanggan. Untuk membantu perusahaan menciptakan hubungan yang semakin erat dengan para pelanggan, software CRM Indonesia akan melakukan up selling dan cross selling. Up selling adalah menawarkan produk yang sama tapi punya kualitas yang lebih baik. Sementara itu, cross selling adalah menawarkan produk pelengkap terhadap produk yang sudah dimiliki oleh pelanggan.

3. Mempertahankan Pelanggan

Tahapan terakhir dalam CRM adalah mempertahankan pelanggan. Untuk membantu perusahaan mempertahankan para pelanggan, CRM akan memberi pelayanan yang dapat dimanfaatkan untuk memelihara menjaga hubungan baik dengan para pelanggan, mendengarkan kebutuhan pelanggan, serta menindaklanjuti keluhan yang disampaikan oleh pelanggan.

Demikianlah ulasan mengenai software CRM Indonesia yang semoga bisa membawa manfaat untuk Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai penerapan dan pengembangan software CRM, Anda dapat berkonsultasi dengan Soltius Indonesia.

Berita Terkait

Regu Pramuka Sigap Bantu Pemudik di Terminal Kalideres

Nurofia Fauziah

Lempar Bola menuju Mahfud MD Kementerian BUMN Angkat Tangan Soal Kasus Asabri

Nurofia Fauziah

Bank DKI capai Penghargaan Best CFO

Nurofia Fauziah

Agustus 2019, IHPB Umum Nonmigas Naik 0,14 Persen

Nurofia Fauziah

Tiket Dikembalikan Jika Terindentifikasi Tinggi PT KAI Cek Suhu Tubuh Calon Penumpang

Nurofia Fauziah

Pertamina Dorong Pengembangan Bahan Bakar Nabati

Nurofia Fauziah

Survei Bank Indonesia: Penjualan Eceran Bulan Maret 2019 Tumbuh 10,1 Persen

Nurofia Fauziah

Kebutuhan Pasokan Ikan Segar Tidak Pernah Berhenti Restoran Banyak Tutup

Nurofia Fauziah

Tahun Ini Ditargetkan Tinggal 80 Perusahaan Jumlah BUMN Dipangkas Jadi 107

Nurofia Fauziah

Blibli Tak Ambil Komisi dari Setiap Transaksi Bantu Bangkitkan UMKM

Nurofia Fauziah

Rangsang Minat Beli Konsumen, Aqua Japan Gelar Event Mall to Mall

Nurofia Fauziah

Leave a Comment