Bisnis

Mengenal Software CRM Indonesia dan Tahapan-Tahapannya

Untuk meningkatkan produktivitas dan profit perusahaan, kini banyak pelaku usaha yang memanfaatkan kecanggihan teknologi berupa software CRM Indonesia. Di dalam software CRM, terdapat informasi lengkap yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengelola berbagai hal yang berhubungan dengan para pelanggan. Melalui software ini, perusahaan dapat dengan mudah memahami perubahan kebutuhan pelanggan dan dengan cepat meresponnya. Untuk lebih memahami tentang software CRM, Anda perlu menyimak pembahasan berikut ini.

Apa itu Software CRM?

Software CRM atau Customer Relationship Management merupakan software yang berbasis cloud yang dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran bagi sebuah perusahaan. Perangkat lunak ini dapat membantu perusahaan untuk mengelola hubungannya dengan para pelanggan sehingga mereka tetap membeli produk / menggunakan jasa dari perusahaan tersebut. Aplikasi ini penting untuk digunakan oleh perusahaan karena mampu meningkatkan produktivitas dan profit dari perusahaan tersebut.

Tahapan-Tahapan dalam CRM

CRM didukung oleh sistem canggih yang berguna sebagai penggeraknya. Agar CRM dapat bekerja secara optimal, maka aplikasi ini harus melalui beberapa tahapan, di antaranya:

1. Mendapatkan Pelanggan Baru (Acquire)

Tahapan pertama dalam CRM adalah mendapatkan pelanggan baru atau disebut juga dengan istilah acquire. Untuk bisa mendapatkan pelanggan baru, CRM akan melakukan berbagai cara yang dapat membuat para pelanggan merasa nyaman untuk membeli produk tertentu yang dibutuhkan. Salah satu caranya adalah memberikan respon yang cepat dan juga ketepatan waktu dalam proses pengiriman barang yang dibutuhkan oleh para pelanggan. Selain itu, perusahaan juga dapat menarik banyak pelanggan baru dengan melakukan promosi kepada pelanggan dengan memberikan kesan awal yang baik pada mereka. Sebisa mungkin hindari kesan awal yang kurang baik kepada para pelanggan karena hal itu hanya akan mencoreng citra perusahaan.

2. Meningkatkan Nilai Pelanggan

Tahapan berikutnya dalam CRM adalah meningkatkan nilai pelanggan. Untuk itu, perusahaan harus bisa menciptakan hubungan yang erat dengan para pelanggan seperti mendengarkan setiap keluhan yang diberikan oleh pelanggan. Selain itu, perusahaan harus bisa meningkatkan layanan dengan para pelanggan. Untuk membantu perusahaan menciptakan hubungan yang semakin erat dengan para pelanggan, software CRM Indonesia akan melakukan up selling dan cross selling. Up selling adalah menawarkan produk yang sama tapi punya kualitas yang lebih baik. Sementara itu, cross selling adalah menawarkan produk pelengkap terhadap produk yang sudah dimiliki oleh pelanggan.

3. Mempertahankan Pelanggan

Tahapan terakhir dalam CRM adalah mempertahankan pelanggan. Untuk membantu perusahaan mempertahankan para pelanggan, CRM akan memberi pelayanan yang dapat dimanfaatkan untuk memelihara menjaga hubungan baik dengan para pelanggan, mendengarkan kebutuhan pelanggan, serta menindaklanjuti keluhan yang disampaikan oleh pelanggan.

Demikianlah ulasan mengenai software CRM Indonesia yang semoga bisa membawa manfaat untuk Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai penerapan dan pengembangan software CRM, Anda dapat berkonsultasi dengan Soltius Indonesia.

Berita Terkait

Waskita Beri Pinjaman Modal Usaha buat 8 Mitra Binaan di Garut Dukung UMKM Kerajinan Kulit

Nurofia Fauziah

Penyelesaian Jiwasraya Butuh Proses Panjang Jokowi

Nurofia Fauziah

Penurunan Harga Solar Bisa Selamatkan Perekonomian Bambang Haryo

Nurofia Fauziah

Pacific hingga Polygon dari dari Unitedbike Harga Sepeda Lipat Dibawah Rp 5 Juta

Nurofia Fauziah

Cara Uzbekistan Bidik Pasar Indonesia, Buka Rute Tashkent Jakarta Hingga Fasilitas Bebas Visa

Nurofia Fauziah

Kagama Inkubasi Bisnis Seri VII Bahas Seputar ‘Brand Vital Sign’

Nurofia Fauziah

Pemerintah Harusnya Tegas soal Larangan Ekspor Masker & APD Ombudsman

Nurofia Fauziah

Masuknya Nadiem Makarim di Kabinet akan Undang Banyak Investasi di Indonesia

Nurofia Fauziah

Sebelum 30 April 2020 Segera Lapor SPT Tahunan Secara Online Login djponline.pajak.go.id

Nurofia Fauziah

Jadi Proyek Strategis Nasional, PT KCN Minta Kepastian Invetasi di Proyek Pelabuhan Marunda

Nurofia Fauziah

Situs Flightradar24.com hanya Deteksi Satu Pesawat Sriwjaya Air yang Terbang Buntut Kisruh

Nurofia Fauziah

Social Bella & Lazada Permudah Beauty Enthusiast Akses Produk Bersertifikat BPOM

Nurofia Fauziah

Leave a Comment