Bisnis

Mengenal Software CRM Indonesia dan Tahapan-Tahapannya

Untuk meningkatkan produktivitas dan profit perusahaan, kini banyak pelaku usaha yang memanfaatkan kecanggihan teknologi berupa software CRM Indonesia. Di dalam software CRM, terdapat informasi lengkap yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengelola berbagai hal yang berhubungan dengan para pelanggan. Melalui software ini, perusahaan dapat dengan mudah memahami perubahan kebutuhan pelanggan dan dengan cepat meresponnya. Untuk lebih memahami tentang software CRM, Anda perlu menyimak pembahasan berikut ini.

Apa itu Software CRM?

Software CRM atau Customer Relationship Management merupakan software yang berbasis cloud yang dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran bagi sebuah perusahaan. Perangkat lunak ini dapat membantu perusahaan untuk mengelola hubungannya dengan para pelanggan sehingga mereka tetap membeli produk / menggunakan jasa dari perusahaan tersebut. Aplikasi ini penting untuk digunakan oleh perusahaan karena mampu meningkatkan produktivitas dan profit dari perusahaan tersebut.

Tahapan-Tahapan dalam CRM

CRM didukung oleh sistem canggih yang berguna sebagai penggeraknya. Agar CRM dapat bekerja secara optimal, maka aplikasi ini harus melalui beberapa tahapan, di antaranya:

1. Mendapatkan Pelanggan Baru (Acquire)

Tahapan pertama dalam CRM adalah mendapatkan pelanggan baru atau disebut juga dengan istilah acquire. Untuk bisa mendapatkan pelanggan baru, CRM akan melakukan berbagai cara yang dapat membuat para pelanggan merasa nyaman untuk membeli produk tertentu yang dibutuhkan. Salah satu caranya adalah memberikan respon yang cepat dan juga ketepatan waktu dalam proses pengiriman barang yang dibutuhkan oleh para pelanggan. Selain itu, perusahaan juga dapat menarik banyak pelanggan baru dengan melakukan promosi kepada pelanggan dengan memberikan kesan awal yang baik pada mereka. Sebisa mungkin hindari kesan awal yang kurang baik kepada para pelanggan karena hal itu hanya akan mencoreng citra perusahaan.

2. Meningkatkan Nilai Pelanggan

Tahapan berikutnya dalam CRM adalah meningkatkan nilai pelanggan. Untuk itu, perusahaan harus bisa menciptakan hubungan yang erat dengan para pelanggan seperti mendengarkan setiap keluhan yang diberikan oleh pelanggan. Selain itu, perusahaan harus bisa meningkatkan layanan dengan para pelanggan. Untuk membantu perusahaan menciptakan hubungan yang semakin erat dengan para pelanggan, software CRM Indonesia akan melakukan up selling dan cross selling. Up selling adalah menawarkan produk yang sama tapi punya kualitas yang lebih baik. Sementara itu, cross selling adalah menawarkan produk pelengkap terhadap produk yang sudah dimiliki oleh pelanggan.

3. Mempertahankan Pelanggan

Tahapan terakhir dalam CRM adalah mempertahankan pelanggan. Untuk membantu perusahaan mempertahankan para pelanggan, CRM akan memberi pelayanan yang dapat dimanfaatkan untuk memelihara menjaga hubungan baik dengan para pelanggan, mendengarkan kebutuhan pelanggan, serta menindaklanjuti keluhan yang disampaikan oleh pelanggan.

Demikianlah ulasan mengenai software CRM Indonesia yang semoga bisa membawa manfaat untuk Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai penerapan dan pengembangan software CRM, Anda dapat berkonsultasi dengan Soltius Indonesia.

Berita Terkait

British Airways Berencana PHK 12 Ribu Karyawannya Akibat Pandemi Covid-19

Nurofia Fauziah

Penambang Khawatir Ore Nikel Kadar Rendah susah Diserap Smelter Lokal

Nurofia Fauziah

Buka www.pln.co.id atau Hubungi Via WhatsApp buat Dapat Listrik Gratis PLN Bulan Juni 2020

Nurofia Fauziah

Regu Pramuka Sigap Bantu Pemudik di Terminal Kalideres

Nurofia Fauziah

Ditjen Perhubungan Udara Monitoring Penerbangan Sriwijaya Air & Nam Air di Sejumlah Rute

Nurofia Fauziah

Kelapa Sawit, Industri yang Paling Memungkinkan Dibawa Masuk ke Berbagai Pelosok Indonesia

Nurofia Fauziah

Jiwasraya Disebut Belum Sampaikan Laporan Keuangan 2018 menuju OJK

Nurofia Fauziah

Perusahaan Transportasi Ojek Online Aktifkan Fitur Antar Penumpang dari 8 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Sriwijaya Air Ingin Akhiri Kerja Sama dengan Garuda Apa Kata Menhub

Nurofia Fauziah

BEI Siapkan Tiga Jurus Tenangkan Pasar Modal dari Virus Corona

Nurofia Fauziah

Bisnis Make Up Artist Semakin Kinclong

Nurofia Fauziah

6 Triliun Hingga Pertengahan Mei 2020 BCA Restrukturisasi Kredit Senilai Rp 82

Nurofia Fauziah

Leave a Comment