Nasional

Menaker Pastikan Tenaga Medis Hingga Relawan Covid -19 Dilindungi Program Jaminan Kecelakaan Kerja

Menaker Pastikan Tenaga Medis Hingga Relawan Covid 19 Dilindungi Program Jaminan Kecelakaan Kerja Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah memastikan tenaga medis hingga relawan Covid 19 dilindungi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor M/8/HK.04/V/2020 tentang Perlindungan Pekerja/Buruh Dalam Program Jaminan Kecelakaan Kerja Pada Kasus Penyakit Akibat Kerja Karena Corona Virus Disease 2019 (Covid 19).

“Pekerja/buruh dan/atau tenaga kerja yang mengalami Penyakit Akibat Kerja (PAK) karena Covid 19 berhak atas manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan,” kata Ida dalam keterangannya, Senin (1/6/2020). SE tertanggal 28 Mei 2020 ini ditujukan kepada Para Gubernur Se Indonesia dengan mempertimbangkan banyaknya kasus pekerja/buruh yang terinfeksi Covid 19, dan beberapa di antaranya meninggal dunia. Terbitnya SE ini didasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2019 tentang Penyakit Akibat Kerja, Covid 19 dapat dikategorikan sebagai Penyakit Akibat Kerja (PAK) dalam klasifikasi penyakit yang disebabkan pajanan faktor yang timbul dari aktivitas pekerjaan, yaitu kelompok faktor pajanan biologi.

Dalam SE tersebut, Ibu Ida menjelaskan pekerja/buruh yang dapat dikategorikan memiliki risiko yang dapat mengakibatkan PAK karena Covid 19. Diantaranya tenaga medis dan tenaga kesehatan, yang meliputi tenaga kerja medis dan tenaga kerja kesehatan yang bertugas merawat pasien di rumah sakit maupun fasilitas kesehatan, atau tempat Iain yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai tempat untuk pasien terinfeksi Covid 19. “Tenaga medis dan tenaga kesehatan tersebut yaitu dokter, dokter gigi, dokter spesialis dan dokter gigi spesialis, tenaga keperawatan, kebidanan, tenaga teknik biomedika serti ahli teknologi laboratorium medik, tenaga kefarmasian seperti apoteker dan tenaga teknis kefarmasian, dan tenaga kesehatan masyarakat seperti epidemiolog kesehatan,” kata Ida.

Tenaga pendukung kesehatan pada rumah sakit, fasilitas kesehatan, atau tempat lain yang ditetapkan untuk menangani pasien terinfeksi Covid19, seperti cleaning service, pekerja laundry, dan lainnya, tim relawan yang bertugas menanggulangi pandemi Covid 19 juga berhak mendapat JKK. Dalam SE juga disebut Gubernur untuk memastikan setiap pemberi kerja melakukan upaya pencegahan seoptimal mungkin pada pekerjaan yang berisiko terkena Covid 19. Yaitu dengan memaksimalkan Posko K3 Covid 19 agar tidak terjadi kasus PAK karena Covid 19 sesuai regulasi dan standar K3, serta protokol kesehatan terkait pencegahan dan pengendalian Covid 19.

Dalam SE ini juga disebutkan agar perusahaan agar mendaftarkan pekerja/buruh yang beresiko terpapar Covid 19 ke dalam program jaminan sosial pada BPJS ketenagakerjaan dan memastikan pekerja/buruh mendapatkan manfaat JKK. “Pemberi kerja yang belum mengikutsertakan pekerja/buruh dalam program JKK pada BPJS Ketenagakerjaan, maka bila pekerja/buruh mengalami PAK karena Covid 19, pemberi kerja memberikan hak manfaat program JKK sesuai dengan ketentuan pepaturan perundang undangan,” katanya. Ida juga meminta kepala Dinas Ketenagakerjaan seluruh Indonesia untuk meningkatkan pengawasan dan pembinaan dalam bidang K3 dan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Adapun, mekanisme pelaporan, diagnosis, penetapan, pemberian manfaat program JKK dan penyelesaian atas perbedaan pendapat dalam menetapkan PAK karena Covid 19 dilaksanakan dengan mengacu pada ketentuan peraturan perundang undangan. “Sekali lagi, Saya meminta Kepala Dinasnaker agar menugaskan Pengawas Ketenagakerjaan untuk meningkatkan pembinaan dan pengawasan ketenagakerjaan bidang K3 dan jaminan sosial tenaga kerja, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan,” ujarnya.

Berita Terkait

Tayang di Bioskop Spesial TransTV Pukul 19.00 WIB Aksi Paul Walker dalam Film Running Scared

Nurofia Fauziah

Kisah Mahfud MD Jadi Saksi Nikahan Anak Sujiwo Tejo: Mahar Hampir Diutang hingga Ditegur Penghulu

Nurofia Fauziah

Janji Kapolri Baru Novel Baswedan Pesimis Kasus Penyiraman Air Keras terhadap Penyidik KPK

Nurofia Fauziah

Puan Maharani Beberkan Fakta Sebenarnya Megawati Dituduh Kesumat pada SBY lalu Berimbas menuju AHY

Nurofia Fauziah

Dilengkapi Flight Simulator & Pabrik Pengolahan Ikan Kediaman Susi Pudjiastuti di Pangandaran

Nurofia Fauziah

Kombes Argo Yuwono Akan Jabat Karopenmas Divisi Humas Polri Gantikan Brigjen Dedi Prasetyo

Nurofia Fauziah

Khusus Warga di Luar Domisili Jabodetabek Cara Mendapatkan BLT Rp 600 Ribu saat Corona

Nurofia Fauziah

Ketua PA 212 Minta Megawati Introspeksi Diri  Singgung Selalu Dibilang PKI

Nurofia Fauziah

Demokrat wajib Ada di Hati & Pikiran Rakyat Ibas

Nurofia Fauziah

Ancam Copot Menteri yang Lelet Tangani Dampak Pandemi Corona Jokowi Isyaratkan Reshuffle Kabinet

Nurofia Fauziah

Begini Nasib Mereka Sekarang 2 Preman di Depok Peras Sopir Angkot Lalu Videonya Viral

Nurofia Fauziah

Pengamat Berharap Tak Terjadi Miskomunikasi Antara Menteri Dan Wakil Menteri

Nurofia Fauziah

Leave a Comment