Nasional

Menaker Pastikan Tenaga Medis Hingga Relawan Covid -19 Dilindungi Program Jaminan Kecelakaan Kerja

Menaker Pastikan Tenaga Medis Hingga Relawan Covid 19 Dilindungi Program Jaminan Kecelakaan Kerja Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah memastikan tenaga medis hingga relawan Covid 19 dilindungi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor M/8/HK.04/V/2020 tentang Perlindungan Pekerja/Buruh Dalam Program Jaminan Kecelakaan Kerja Pada Kasus Penyakit Akibat Kerja Karena Corona Virus Disease 2019 (Covid 19).

“Pekerja/buruh dan/atau tenaga kerja yang mengalami Penyakit Akibat Kerja (PAK) karena Covid 19 berhak atas manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan,” kata Ida dalam keterangannya, Senin (1/6/2020). SE tertanggal 28 Mei 2020 ini ditujukan kepada Para Gubernur Se Indonesia dengan mempertimbangkan banyaknya kasus pekerja/buruh yang terinfeksi Covid 19, dan beberapa di antaranya meninggal dunia. Terbitnya SE ini didasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2019 tentang Penyakit Akibat Kerja, Covid 19 dapat dikategorikan sebagai Penyakit Akibat Kerja (PAK) dalam klasifikasi penyakit yang disebabkan pajanan faktor yang timbul dari aktivitas pekerjaan, yaitu kelompok faktor pajanan biologi.

Dalam SE tersebut, Ibu Ida menjelaskan pekerja/buruh yang dapat dikategorikan memiliki risiko yang dapat mengakibatkan PAK karena Covid 19. Diantaranya tenaga medis dan tenaga kesehatan, yang meliputi tenaga kerja medis dan tenaga kerja kesehatan yang bertugas merawat pasien di rumah sakit maupun fasilitas kesehatan, atau tempat Iain yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai tempat untuk pasien terinfeksi Covid 19. “Tenaga medis dan tenaga kesehatan tersebut yaitu dokter, dokter gigi, dokter spesialis dan dokter gigi spesialis, tenaga keperawatan, kebidanan, tenaga teknik biomedika serti ahli teknologi laboratorium medik, tenaga kefarmasian seperti apoteker dan tenaga teknis kefarmasian, dan tenaga kesehatan masyarakat seperti epidemiolog kesehatan,” kata Ida.

Tenaga pendukung kesehatan pada rumah sakit, fasilitas kesehatan, atau tempat lain yang ditetapkan untuk menangani pasien terinfeksi Covid19, seperti cleaning service, pekerja laundry, dan lainnya, tim relawan yang bertugas menanggulangi pandemi Covid 19 juga berhak mendapat JKK. Dalam SE juga disebut Gubernur untuk memastikan setiap pemberi kerja melakukan upaya pencegahan seoptimal mungkin pada pekerjaan yang berisiko terkena Covid 19. Yaitu dengan memaksimalkan Posko K3 Covid 19 agar tidak terjadi kasus PAK karena Covid 19 sesuai regulasi dan standar K3, serta protokol kesehatan terkait pencegahan dan pengendalian Covid 19.

Dalam SE ini juga disebutkan agar perusahaan agar mendaftarkan pekerja/buruh yang beresiko terpapar Covid 19 ke dalam program jaminan sosial pada BPJS ketenagakerjaan dan memastikan pekerja/buruh mendapatkan manfaat JKK. “Pemberi kerja yang belum mengikutsertakan pekerja/buruh dalam program JKK pada BPJS Ketenagakerjaan, maka bila pekerja/buruh mengalami PAK karena Covid 19, pemberi kerja memberikan hak manfaat program JKK sesuai dengan ketentuan pepaturan perundang undangan,” katanya. Ida juga meminta kepala Dinas Ketenagakerjaan seluruh Indonesia untuk meningkatkan pengawasan dan pembinaan dalam bidang K3 dan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Adapun, mekanisme pelaporan, diagnosis, penetapan, pemberian manfaat program JKK dan penyelesaian atas perbedaan pendapat dalam menetapkan PAK karena Covid 19 dilaksanakan dengan mengacu pada ketentuan peraturan perundang undangan. “Sekali lagi, Saya meminta Kepala Dinasnaker agar menugaskan Pengawas Ketenagakerjaan untuk meningkatkan pembinaan dan pengawasan ketenagakerjaan bidang K3 dan jaminan sosial tenaga kerja, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan,” ujarnya.

Berita Terkait

Aksi Kriminal Tidak Peduli Hukum Analisis Kriminolog soal Aksi Premanisme ala John Kei

Nurofia Fauziah

Saksinya Banyak Pramugari Senior Ungkap Sosok Selir yang Diduga Terlibat Skandal Ari Askhara

Nurofia Fauziah

Janji Kapolri Baru Novel Baswedan Pesimis Kasus Penyiraman Air Keras terhadap Penyidik KPK

Nurofia Fauziah

Penjelasan Lengkap Larangan Mudik Lebaran 2020 hanya Kendaraan dari Zona Merah yang Dilarang Mudik

Nurofia Fauziah

Rangga Sasana Sekjen Sunda Empire Ajukan Penangguhan Penahanan Sempat Masuk Rumah Sakit

Nurofia Fauziah

Gubernur Sumbar Sambut Cukup Meriah Kedatangan Ratusan Turis China Di Tengah Heboh Virus Corona

Nurofia Fauziah

Begini Momen Fadli Zon Ditegur Presenter Kritik Keras Staf Khusus Milenial

Nurofia Fauziah

Sahabat Pelangi Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah SD Kelas 1-3 Guruku Tersayang 19 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Kisah Jaya Jadwal & Link Streaming TVRI Belajar dari Rumah Selasa & Melati Giri 16 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Gempa Hari Ini BMKG Catat Telah Terjadi Dua Gempa Pada Hari Ini, Tidak Berpotensi Tsunami

Nurofia Fauziah

Berikut Jadwal yang Diputuskan Pemerintah Shift Kerja PNS Akan Dibagi 2

Nurofia Fauziah

Drama Dar Der Dor Gembong Narkoba di Balik Penemuan Mobil Misterius di Jember

Nurofia Fauziah

Leave a Comment