Kesehatan

Memperkuat Tulang hingga Memperbaiki Tekstur Kulit 7 Manfaat Konsumsi Kentang bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa orang mengonsumsi kentang karenapercayakentang rendah akan karbohidrat. Tahukah anda kentang memiliki banyak sekali manfaat yang dapat menyehatkan tubuh kita? Serat, vitamin, mineral dan phytochemical yang terkandung dalam kentang dapat membantu menangkal penyakit dan bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Dikutip dari , kentang pertama kaliditemukan di Amerika Selatan. Sementara itu, di Amerika Serikat (AS) kentang adalah sayuran paling populer. Di beberapa negara, kentang menjadi makanan pokok yang dikonsumsi sehari hari oleh masyarakat sebagai karbohidrat.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa kentang dapat membantu mengurangi peradangan dan sembelit. Kentang mengandung sekitar 164 kalori dan 30 persen dari asupan B6 harian yang direkomendasikan. Berikut adalah manfaat kentang bagi kesehatan tubuh:

Zat besi, fosfor, kalsium, magnesium dan seng dalam kentang semuanya membantu tubuh membangun dan mempertahankan strukturserta kekuatan tulang. Zat besi dan seng berperan penting dalam produksi dan pematangan kolagen. Asupan natrium rendah sangat penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat, tetapi meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya.

Kalium mendorong vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah. Kalium, kalsium dan magnesium semuanya ada dalam kentang dan dapat menurunkan tekanan darah secara alami. Kandungan serat, kalium, vitamin C dan vitamin B6 kentang, ditambah dengan kekurangan kolesterol semuanya mendukung kesehatan jantung.

Kentang mengandung banyak serat. Serat membantu menurunkan jumlah total kolesterol dalam darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Kolin adalah nutrisi pentingyang sangat bermanfaatdan ada dalam kentang.

Kolin membantugerakan otot, memperbaiki suasana hati dan memperkuat daya ingat. Satu kentang mengandung 57 mg kolin, pria dewasa membutuhkan 550 mgsedangkan wanita 425 mg sehari. Kentang mengandung folatyang berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA untukmencegah berbagai jenis sel kanker.

Asupan serat dari buah buahan dan sayuran seperti kentangdapat menurunkanrisiko kanker kolorektal. Vitamin C dan quercetin juga berfungsi sebagai antioksidanserta melindungi sel terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan serat dalam kentang membantu mencegah sembelit dan memperlancar saluran pencernaan yang sehat.

Kolagen adalah sistem pendukung yang dibutuhkan kulit. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari, polusi dan asap. Vitamin C juga membantu kolagen menghaluskan kerutan dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Kentang memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh karena kaya akan nutrisi dan vitamin, berikut ini adalah rincian kandungan yang ada pada kentang.

Berita Terkait

Yuk Buatkan Si Kecil Bubur Apel Pir yang Kaya Vitamin Ini MPASI Bergizi Bayi 7 Bulan

Nurofia Fauziah

Mandi Air Hangat hingga Makan Pedas Redakan Hidung Mampet 8 Tips Atasi Hidung Tersumbat karena Flu

Nurofia Fauziah

Hindari Minum Kopi Kalau Tak Ingin Dehidrasi Cuaca Panas

Nurofia Fauziah

Apa Itu Penyakit Pneumonia? Kenali Sejak Dini Penyebab, hingga Cara Pengobatannya Sebelum Terlambat

Nurofia Fauziah

Makanan Terbaik untuk Hindari Sakit Kepala Saat Ibadah Puasa

Nurofia Fauziah

Perpanjang Umur 5 Jus Buah & Sayur ini Ternyata Manfaatnya Mengejutkan Selama ini Disepelekan

Nurofia Fauziah

Ciri-ciri Mata Lelah karena Banyak Menggunakan Gadget & Ini Cara Mengatasinya

Nurofia Fauziah

Bisa Bantu Turunkan Berat Badan 5 Manfaat Biji Buah Mangga buat Kesehatan

Nurofia Fauziah

Kebanyakan Makan Pisang Bisa Picu Masalah Kesehatan

Nurofia Fauziah

Hyperhidrosis hingga Obesitas Stres 5 Tanda Tubuhmu Terserang Penyakit melalui Keringat

Nurofia Fauziah

Benarkah Kacang Hijau Berkhasiat untuk Ibu Hamil?

Nurofia Fauziah

Pengetahuan Masyarakat tentang Kesehatan Jiwa Masih Minim

Nurofia Fauziah

Leave a Comment