Internasional

Media Asing Soroti Minimnya Kasus Covid-19 di Bali

Media asing menyoroti jumlah kasus dan korban meninggal akibat virus corona atau covid 19 di Bali yang katanya terhitung sedikit dibandingkan negara lain. Fenomena itu menjadi perhatian media asing, yang menyebutnya sebagai "kekebalan yang misterius". Data dari covid19.go. id menyebutkan, hingga Kamis (16/4/2020) Pulau Dewata mencatatkan total 113 kasus dengan 2 korban meninggal dan 32 pasien sembuh.

Angka tersebut jauh di bawah total 5.516 kasus dan 496 korban meninggal yang tercatat dari seluruh Indonesia. Media Asia Times menaruh perhatiannya pada fenomena ini. Dalam pemberitaan pada Selasa (14/4/2020) berjudul "Bali's Mysterious Immunity to Covid 19", mereka mencantumkan salah satu kesaksian dari warga setempat.

"Saya juga merasa bingung karena itu tidak masuk akal," kata Rio Helmi seorang blogger yang menuliskan kehidupan di sekitar kota pegunungan Ubud. Asia Times melanjutkan, "juga tidak ada kabar rumah sakit meluap, peningkatan tajam dalam kremasi atau bukti anekdotal lainnya bahwa virus corona menyebar di pulau berpenduduk 4,2 juta jiwa yang mayoritas beragama Hindu, dan ada ribuan warga asing di antaranya." Media yang berbasis di Hong Kong itu lalu mencontohkan di desa pesisir Pererenan lokasi selancar yang populer di ujung utara jalur wisata Bali, belum memiliki kasus Covid 19 menurut penduduk setempat.

"Desa desa terdekat lainnya juga tampaknya bebas dari virus," tulis Asia Times menambahkan. Asia Times lalu memberitakan, "apa yang membuat situasi di Bali begitu membingungkan adalah jumlah kedatangan wisatawan China ke Bali sebenarnya meningkat 3 persen pada Januari, bulan yang sama saat Wuhan di lockdown." "Bahkan, mereka masih tiba sampai 5 Februari ketika pihak berwenang akhirnya melarang kedatangan siapa pun yang berada di China dalam 14 hari terakhir."

Sebelumnya di pemberitaan pada 7 April 2020 berjudul "Is Tropical Asia Relatively Immune to Covid 19? "Asia Times juga sempat menyoroti minimnya kasus Covid 19 di sejumlah provinsi Indonesia, salah satunya Bali. Media yang oleh New York Times disebut "media berbahasa Inggris paling menonjol yang mencakup Asia" pada 2006 ini saat itu berfokus pada ucapan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan yang menyebut cuaca tropis adalah pertahanan terbaik Indonesia menghadapi virus corona. "Di luar Jawa, pulau dengan penduduk terbanyak, hanya Sulawesi Selatan, Bali, Sumatra Utara, dan Kalimantan Timur yang memiliki lebih dari 20 kasus," tulis Asia Times.

Selain menaruh perhatian pada minimnya kasus virus corona di Bali, Asia Times juga menyoroti dampak wabah tersebut di sektor pariwisata Pulau Dewata. Menurut pemberitaannya, ekonom dan pakar perjalanan sekarang mengatakan akan butuh waktu 1 tahun bagi industri untuk pulih dan bisa jadi lebih lama jika virus corona tidak tertangani dengan benar. "Menurut sumber sumber diplomatik, masih ada 5.000 warga Australia di Bali, banyak penduduk yang memiliki bisnis atau hidup dalam masa pensiun."

"Itu adalah blok terbesar orang asing, tetapi ada juga ribuan lain di pulai wisata legendari tersebut," tulis Asia Times. Menutup pemberitaannya, Asia Times menuliskan bahwa industri pariwisata di Bali belum pernah terpukul sekeras ini sejak tragedi Bom Bali I tahun 2002 dan Bom Bali II tahun 2005.

Berita Terkait

VIRAL Video Sup Hot Pot Meledak ke Wajah Pelayan Saat Mencoba Ambil Korek Gas yang Terjatuh

Nurofia Fauziah

si Hewan Menjerit & Lari Ketakutan VIRAL Video Pria Pukuli Anjing Pakai Helm & Bakar Bulunya

Nurofia Fauziah

Gus Yaqut Kaget Kegiatan DTD Diikuti Antusias Ratusan Peserta Mahasiswa Universitas Al Azhar

Nurofia Fauziah

Masjid Alih Fungsi Jadi Bank Makanan Hingga Simpan Mayat Saat Wabah Corona Diimbau Ibadah di Rumah

Nurofia Fauziah

Sempat Lakukan Perjalanan & Gejala Bronkitis Ringan Penuturan Pasien Covid-19 di Alaska

Nurofia Fauziah

Hampir Tembus 8 Juta Pasien Meksiko Catat 4.147 Kasus Baru Update Corona Global 15 Juni 2020 Siang

Nurofia Fauziah

Keamanan Arab Saudi Amankan 2.050 Orang Karena Masuk Mekkah Tanpa Izin Saat Musim Haji

Nurofia Fauziah

PM Jepang Tegaskan Biaya Hanami April Lalu Adalah Biaya Peserta Sendiri

Nurofia Fauziah

Kondisi Dapur Beda Jauh dari Luar Tampak Normal Penampilan Menipu Warung Seafood Ini Viral

Nurofia Fauziah

PM Jepang Konsultasi dengan Pakar Penyakit Menular Terkait Perpanjangan Periode Darurat Corona

Nurofia Fauziah

Foto Presiden Donald Trump Kembali menuju Gedung Putih Langsung Menjadi Bahan Meme

Nurofia Fauziah

Petani Ini Berhasil Usir Kawanan Monyet yang Rusak Lahan Pertaniannya Cat Anjingnya Mirip Macan

Nurofia Fauziah

Leave a Comment