Internasional

Masjid Alih Fungsi Jadi Bank Makanan Hingga Simpan Mayat Saat Wabah Corona Diimbau Ibadah di Rumah

Ramadhan 2020 sedikit berbeda dengan adanya imbauan untuk beribadah di rumah, hal ini membuat alih fungsi masjid di beberapa negara, ini daftarnya. Ibadah di bulan Ramadhan 1441 H ini dibarengi dengan melawan virus corona yang masih mengkhawatirkan. Hampir seluruh elemen masyarakat di dunia ikut membantu memerangi penyebaran virus ini.

Banyak kegiatan yang dilakukan di rumah saja untuk mendukung physical distancing. Hal ini membuat beberapa tempat umum menjadi sepi untuk mematuhi anjuran pemerintah. Mulai dari sekolah hingga tempat ibadah sepi.

Hal ini membuat tempat tempat ini diubah menjadi tempat penanganan virus corona. Berikut sejumlah masjid yang dialihfungsikan untuk membantu memerangi wabah virus corona. Apa saja fungsi tempat ibadah yang diubah ini?

Sebuah masjid di Istanbul, Turki telah berubah menjadi bank makanan untuk membantu orang miskin selama pandemi virus corona. "Setelah shalat ditangguhkan, saya memiliki ide untuk mengidupkan kembali masjid dengan mengizinkan orang kaya membantu orang orang yang membutuhkan," kata ImamMasjid, Cakir (33), dilansir dari Euro News , Rabu (22/4/2020). Rak yang biasanya disediakan untuk sepatu jemaah penuh dengan paket pasta, biskuit, dan botol minyak zaitun.

Cakir mengatakan, inisiatif itu terinspirasi oleh tradisi "sadaka tasi", sebuah batu berlubang di dalamnya yang berisi barang barang amal untuk orang miskin. Masjid E Ghosia di kota industri Bolton, Inggris berubah menjadi rumah sakit dengan 55 tempat tidur untuk para pasienCovid 19. Itu terjadi ketika banyak tempat di seluruh Inggris diubah menjadi rumah sakit militer dan gelanggang es digunakan sebagai kamar mayat sementara.

"Masjid ini memiliki aula besar, yang digunakan untuk pernikahan dan acara, yang hanya akan duduk di sana kosong," katanya kepada The National , Rabu (1/4/2020). "Kami melakukan panggilan untuk sukarelawan dan mendapat respons yang hebat dengan lebih dari 60 orang yang menawarkan bantuan baik muda maupun tua. Dokter gigi lokal membantu menjalankan infeksi dan sisi kontrol," sambungnya.

Dewan Masjid Boloton pun mendukung inisiatif tersebut. Menurutnya, memanfaatkan masjid tersebut menjadi cara mereka untuk membantu semua orang. "Kami berpikir bagaimana kami bisa memanfaatkan ini daripada hanya membiarkannya apa adanya, terutama pada saat kami benar benar membutuhkan sesuatu seperti ini," katanya lagi. Sementara itu, sebuah masjid di Birmingham menggunakan tempat parkirnya untuk menjadi tempat penyimpanan mayat sementara, setelah jumlah pasien meninggal mengalami peningkatan.

Tempat parkir tersebut dapat memuat 150 jenazah dan telah dilengkapi dengan pendingin. Dilansir dari Express & Star , Selasa (21/4/2020) relawan yang membantu penanganan di masjid itu mengatakan bahwa semua biaya sepenuhnya berasal dari keuangan masjid. Setiap harinya, mereka bisa mengadakan empat hingga lima pemakaman setiap harinya.

Selain pengalihfungsian masjid, sejumlah masjid lain juga mulai batasi aktivitas di tempat ibadah ini. Di tengah wabahCovid 19Pakistan mencabut pembatasanshalat berjamaahdi masjid, tetapi jamaah wajib menjaga jarak 2 meter. Pernyataan itu diumumkan pemerintah Pakistan pada Sabtu (18/4/2020) jelang bulan Ramadan.

Menurut pernyataan itu pengelola masjid juga diharuskan mendisinfeksi tempat secara teratur. Negara Muslim terpadat kedua di dunia ini memberlakukan pembatasan kurang dari sebulan yang lalu, dan sebelumnya hanya mengizinkan 3 5 orang di masjid untuk shalat. Peraturan baru ini diumumkan kurang dari seminggu sebelum bulan Ramadan, di mana jumlah jamaah biasanya meningkat.

Keputusan untuk mencabut pembatasan tersebut diambil dalam pertemuan antara Presiden Pakistan Arif Alvi dan para pemuka agama. "Masjid masjid diberikan izin untuk melakukan tindakan pencegahan," tulis sebuah pernyataan setelah pertemuan itu. Cegah penyebaran virus corona, Islamic Center Mataram, Nusa Tenggara Barat / NTB ditutup.

Masjid Islamic Center Mataram ditutup untuk sementara waktu dari segala kegiatan, termasuk sholat Jumat. Penutupan ini dilakukan sampai kurun waktu yang belum ditentukan. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menghentikan sementara seluruh kegiatan di Islamic Center, Masjid Hubbul Wathan, KotaMataram, mulai Senin (23/3/2020).

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 NTB, Ahsanul Khalid mengatakan, kebijakan itu diambil untuk memutus mata rantai penyebaranvirus corona di Indonesia, khususnya NTB.

Berita Terkait

‘Korban Pura Pura Tidur’ Reynhard Sinaga Beri Pengakuan Mengejutkan Soal Pemerkosaan Yang Dilakukan

Nurofia Fauziah

Ayah Jacob Blake Ungkap Anaknya Lumpuh dari Pinggang menuju Bawah setelah Ditembak Polisi Wisconsin

Nurofia Fauziah

Perusahaan Pembuat Mesin Gyoza Terbaik di Dunia dari Jepang Mulai Melirik Pasar Indonesia

Nurofia Fauziah

Presiden Belarus Positif Corona Sempat Remehkan & Klaim Vodka Obat Covid-19

Nurofia Fauziah

Mereka Membunuh Tamumu di Rumahmu . . . Pesan Pemimpin Tertinggi Iran kepada PM Irak

Nurofia Fauziah

Rencana China Lakukan Latihan Militer di Laut China Selatan Buat Negara Tetangga Khawatir

Nurofia Fauziah

Musim Dingin di Rusia Sambut 14 Mahasiswa Indonesia asal Papua

Nurofia Fauziah

Pemilik Butik Terancam Hukuman Ini Meski Sudah Minta Maaf POPULER – Viral Pemotretan di Pemakaman

Nurofia Fauziah

Kapal Pesiar Norwegia, Viking Sky Kirim Sinyal Darurat, 1.300 Penumpang Dievakuasi dengan Helikopter

Nurofia Fauziah

Italia akan Izinkan Perjalanan Lintas Negara & Regional dari 3 Juni

Nurofia Fauziah

Depresi Hadapi Kasus dengan Kekasihnya Caroline Flack Bunuh Diri setelah Temannya Pergi menuju Toko

Nurofia Fauziah

Pasutri Tewas Kecelakaan Tinggalkan 2 Anak, Status 4 Hari Lalu Viral, Seakan Tahu Ajal Sudah Dekat

Nurofia Fauziah

Leave a Comment