Kesehatan

Manfaat Semangka Bagi Tubuh, Bisa Menurunkan Peradangan hingga Menghidrasi tubuh

Buah semangka merupakan buah yang mempunyai banyak manfaat. Selain mengandung 92 persen air, setiap gigitan semangaka yang berair mengandung vitamin A, vitamin C, antioksidan, dan asam amino dalam jumlah yang baik. Semakin matang semangka, maka semakin tinggi tingkat likopen dan beta karoten.

Sebuah penelitian dalam Journal of Chromatography , bagian putih yang berada dekat dengan kulit semangaka mengandu lebih banyak citrulline dan asam amino. Asam amino sendiri dapat meningkatkan sirkulasi darah ke jantung, sehingga meningkatkan kesehatan jantung. Berikut ini 10 manfaat buah semangka yang dikutip dari Boldsky:

Semangka mengandung likopen yang dikaitkan dengan pencegahan kanker pada sistem pencernaan. Likopen menurunkan risiko kanker dengan mengurangi insulin like growth factor (IGF), protein yang terlibat dalam pembelahan sel. Tingkat IGF yang lebih tinggi dikatakan meningkatkan kemungkinan terkena kanker.

Likopen juga melindungi mata dari peradangan dan kerusakan oksidatif. Kandungan tersebut bekerja sebagai senyawa anti inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mencegah degenerasi makula yang terkait usia. Kandungan likopen yang tinggi dalam semangka dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, likopen juga mengurangi kolesterol jahat dan tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension, semangka dapat membantu mengurangi hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang mengalami obesitas. Semangka juga mengandun citrulline, asam amino yang meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh yang juga dikenal dapat menurunkan tekanan darah.

Semangka mengurangi nyeri otot karena kandungan citrulline yang tinggi. Minum jus semangka juga dikatakan mengurangi nyeri otot dan meningkatkan sirkulasa darah pada atlet. Semangka merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang dapat menurunkan risiko asma dan penelitian menunjukan bahwa vitamin C memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Seseorang yang terkena asma memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah dalam tubuh sehingga ia mengalami gejala asma. Semangaka mengandung banyak serat, yang dapat mendorong sistem pencernaan yang sehat dan menjaga pergerakan usu agar teratur. Kandungan likopen dan vitamin C yang tinggi dalam buah semangka membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah buahan yang kaya likopen dan vitamin C menurunkan tingkat peradangan dalam tubuh. Tubuh akan tetap terhidrasi saat mengonsumsi buah semangka. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan air yang tinggi dalam buah yang berkulit hijau tersebut.

Saat musim panas atau kemarau, mengonsumsi buah semangka merupakan pilihan yang tepat. Vitamin c dan vitamin A dalam semangka bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C diperlukan untuk membuat kolagen, protein yang menjaga kulit halus dan rambut yang kuat.

Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dengan memperbaiki sel sel kulit. Semangka yang merupakan sumber citrulline yang baik, yang diubah menjadi asam amino lain yang disebut arginin. Arginin dikonversi menjadi oksida nitrat, oksida nitrat tersebut membantu dalam memperlebah pembuluh darah, dan dapat meningkatkan aliran darah.

Berita Terkait

Lakukan Pertolongan Pertama Ini Lihat Orang Kena Serangan Jantung Seperti Dialami Adian Napitupulu

Nurofia Fauziah

9 Makanan Ini Kaya dengan Vitamin C, dari Cabai hingga Jeruk

Nurofia Fauziah

Bisa Jaga Kesehatan Jantung 6 Manfaat Jeruk Bali buat Kesehatan Tubuh

Nurofia Fauziah

dari Hewan Laut hingga Unta Kelelawar & 4 Binatang Ini Bisa Menyebarkan Virus Corona

Nurofia Fauziah

Vitamin C & Vitamin E Bagus buat Kesehatan Kulit Wajah Tak Hanya buat Imunitas Tubuh

Nurofia Fauziah

Mulai Bercak Kulit Hingga Sariawan Mengenal Gejala Lupus yang Bisa Menyerang Berbagai Organ Tubuh

Nurofia Fauziah

Ini Dampak Negatifnya Menurut Ahli Kecemasan Berlebih di Tengah Pandemi

Nurofia Fauziah

10 Buah dan Sayur Ini Mampu Turunkan Kolesterol Usai Idul Adha: Pepaya, Wortel hingga Seledri

Nurofia Fauziah

9 Kebaikan Saat Rutin Minum Air Putih Setiap Hari, Diet Sukses hingga Kulit Halus

Nurofia Fauziah

Januari 2020 Ribuan Pengidap HIV/AIDS Bakal Putus obat ‎Stok Obat ARV Menipis

Nurofia Fauziah

Pacitan KLB Hepatitis A, 824 Warga Keluhkan Nyeri di Perut, Tak Nafsu Makan dan Pembesaran Hati

Nurofia Fauziah

Perbedaan Roti Tawar & Roti Gandum Mana yang Lebih Sehat

Nurofia Fauziah

Leave a Comment