Kesehatan

Manfaat Kopi Bagi Tubuh, Melindungi DNA Manusia hingga Memperbaiki Daya Ingat

Meminum secangkir kopi mungkin dapat memberi semangat, apalagi jika meminumnya di pagi hari. Kesegaran meminum secangkir kopi di pagi hari mungkin akan memberi kesegaran seperti berolahraga selama satu jam. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, kopi justru akan merugikan tubuh.

Dikutip dari Kompas Lifestyle yang melansir dari Journal of Applied Social Psychology , terlalu banyak mengkonsumsi kopi dapat menurunkan kepercayaan diri dan konsentrasi saat berada di bawah tekanan. Walaupun begitu, kopi juga memiliki manfaat bagi tubuh bila dikonsumsi dengan cara dan porsi yang benar. Kopi diduga sebagai zat karsinogen, namun pendapat tersebut dibantah oleh WHO (The World Health Organization) yang menyatakan bahwa tidak ada hubungannya kopi dengan penyebab kanker.

Setelah melakukan lebih dari 1000 riset, WHO menemukan kesimpulan bahwa meminum secangkir kopi tiap hari dapat mengurangi kanker hati hingga 15 persen. Selain merasa bersemangat sesaat setelah minum kopi dan membuatmu terjaga dari kantuk, kopi juga meningkatkan metabolisme tubuh. Nutrion and Metabolism menemukan fakta bahwa meminum kopi sebelum beraktivitas fisik dapat membangkitkan energi tubuh lewat pembakaran lemak.

Untuk hasil maksimal, minumlah segelas kopi dan lalukan gerakan yang berfokus pada pembakaran lemak. Peneliti dari Johns Hopkins University menemukan bahwa kafein meningkatkan kemampuan otak untuk menciptakan ingatan jangka panjang. Satu cangkir kopi yang dikonsumsi setiap hari dapat meningkatkan kemampuan otak untuk merekam dan mengingat banyak hal.

Bagi atlet olahraga pasti selalu mencari cara untuk menjadi lebih baik, penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan fakta bahwa atlet triathlon yang mengkonsumsi kopi sebelum perlombaan bisa terpacu 5 persen lebih cepat. Biji kopi mengandung antioksidan yang memiliki banyak manfaat, mulai dari perawatan kulit hingga melawan kanker. Penelitian dari University of Scranton menjelaskan bahwa kopi merupakan sumber antioksidan yang melebihi kandungan antioksidan pada buah dan sayur.

Untuk memperkuat DNA dan melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker dan serangan jantung, konsumsilah kopi. Kafein yang terkandung di kopi dapat memacu naiknya adrenalin yang bermanfaat bukan hanya kekuatan fisik. Universitas McKndree telah melakukan penelitian dan menemukan korelasi positif antara tingkat adrenalin dan daya terik atau meningkatkan stamina di atas ranjang.

Untuk memaksimalkan manfaat kafein, minumlah hanya satu gelas kopi per hari. Terlalu banyak kafein bisa memiliki efek sebaliknya yaitu meningkatkan kecemasan dan penumpukan libido.

Berita Terkait

Yuk Ikuti Kebiasaan Dokter Cantik Ini Jalan Cepat Minimal 15 Menit hendak Olahraga Murah & Gak Ribet

Nurofia Fauziah

Inilah 5 Manfaat Wortel buat Kesehatan Tubuh Bantu Turunkan Berat Badan

Nurofia Fauziah

Mulai Bercak Kulit Hingga Sariawan Mengenal Gejala Lupus yang Bisa Menyerang Berbagai Organ Tubuh

Nurofia Fauziah

Resep Ampuh Hilangkan Nyeri Punggung dan Sendi Ala Menteri Susi Pudjiastuti, Cukup dengan Garam

Nurofia Fauziah

Makanan Terbaik untuk Hindari Sakit Kepala Saat Ibadah Puasa

Nurofia Fauziah

Tanpa Disadari, Kebiasaan Ini Bisa Merusak Fungsi Ginjal Anda

Nurofia Fauziah

Kenali Penyakit Gagal Jantung yang Membunuh Aktor Taiwan Godfrey Gao Saat Syuting Reality Show

Nurofia Fauziah

5 Hari Hidup Sehat, Makan Sayur dan Buah, Sabtu Minggu Saatnya Cinta Laura Bebas Memilih Makanan

Nurofia Fauziah

Dapat Dilakukan dalam 1-3 Menit 4 Tips Sederhana Atasi Nyeri Punggung

Nurofia Fauziah

Penggunaan Hand Sanitizer Ternyata Bisa Timbulkan Efek Samping ini Efektif Matikan Virus Corona

Nurofia Fauziah

Depresi karena Ijazah Ditahan, Dokter Muda di Papua Meninggal Dunia, Jokowi Diminta Cabut Aturan Ini

Nurofia Fauziah

Ini Penjelasan Ahli Bulan Ramadan Diprediksi sebagai Puncak Penyebaran Virus Corona di Indonesia

Nurofia Fauziah

Leave a Comment