Kesehatan

Manfaat Kopi Bagi Tubuh, Melindungi DNA Manusia hingga Memperbaiki Daya Ingat

Meminum secangkir kopi mungkin dapat memberi semangat, apalagi jika meminumnya di pagi hari. Kesegaran meminum secangkir kopi di pagi hari mungkin akan memberi kesegaran seperti berolahraga selama satu jam. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, kopi justru akan merugikan tubuh.

Dikutip dari Kompas Lifestyle yang melansir dari Journal of Applied Social Psychology , terlalu banyak mengkonsumsi kopi dapat menurunkan kepercayaan diri dan konsentrasi saat berada di bawah tekanan. Walaupun begitu, kopi juga memiliki manfaat bagi tubuh bila dikonsumsi dengan cara dan porsi yang benar. Kopi diduga sebagai zat karsinogen, namun pendapat tersebut dibantah oleh WHO (The World Health Organization) yang menyatakan bahwa tidak ada hubungannya kopi dengan penyebab kanker.

Setelah melakukan lebih dari 1000 riset, WHO menemukan kesimpulan bahwa meminum secangkir kopi tiap hari dapat mengurangi kanker hati hingga 15 persen. Selain merasa bersemangat sesaat setelah minum kopi dan membuatmu terjaga dari kantuk, kopi juga meningkatkan metabolisme tubuh. Nutrion and Metabolism menemukan fakta bahwa meminum kopi sebelum beraktivitas fisik dapat membangkitkan energi tubuh lewat pembakaran lemak.

Untuk hasil maksimal, minumlah segelas kopi dan lalukan gerakan yang berfokus pada pembakaran lemak. Peneliti dari Johns Hopkins University menemukan bahwa kafein meningkatkan kemampuan otak untuk menciptakan ingatan jangka panjang. Satu cangkir kopi yang dikonsumsi setiap hari dapat meningkatkan kemampuan otak untuk merekam dan mengingat banyak hal.

Bagi atlet olahraga pasti selalu mencari cara untuk menjadi lebih baik, penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan fakta bahwa atlet triathlon yang mengkonsumsi kopi sebelum perlombaan bisa terpacu 5 persen lebih cepat. Biji kopi mengandung antioksidan yang memiliki banyak manfaat, mulai dari perawatan kulit hingga melawan kanker. Penelitian dari University of Scranton menjelaskan bahwa kopi merupakan sumber antioksidan yang melebihi kandungan antioksidan pada buah dan sayur.

Untuk memperkuat DNA dan melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker dan serangan jantung, konsumsilah kopi. Kafein yang terkandung di kopi dapat memacu naiknya adrenalin yang bermanfaat bukan hanya kekuatan fisik. Universitas McKndree telah melakukan penelitian dan menemukan korelasi positif antara tingkat adrenalin dan daya terik atau meningkatkan stamina di atas ranjang.

Untuk memaksimalkan manfaat kafein, minumlah hanya satu gelas kopi per hari. Terlalu banyak kafein bisa memiliki efek sebaliknya yaitu meningkatkan kecemasan dan penumpukan libido.

Berita Terkait

Menaikkan Berat Badan Bayi dengan Rutin Berikan Buah-buahan Ini Apa Saja

Nurofia Fauziah

Pengetahuan Masyarakat tentang Kesehatan Jiwa Masih Minim

Nurofia Fauziah

Vitamin C & Vitamin E Bagus buat Kesehatan Kulit Wajah Tak Hanya buat Imunitas Tubuh

Nurofia Fauziah

Terobosan Mutakhir Menuju Era Baru Suplemen Kesehatan Berbahan Baku Krill dari Antartika

Nurofia Fauziah

Tips Agar Tetap Sehat Saat Cuaca Panas

Nurofia Fauziah

6 Tanda di Kaki Ini Tunjukkan Ada yang Tidak Beres dengan Kesehatan Organ Dalammu

Nurofia Fauziah

10 Buah dan Sayur Ini Mampu Turunkan Kolesterol Usai Idul Adha: Pepaya, Wortel hingga Seledri

Nurofia Fauziah

hingga Tanda wajib Segera Scalling Gigi Manfaat Berikut Fungsi Ketahui Apa Itu Scalling Gigi

Nurofia Fauziah

Ganjar Pranowo Komitmen buat Mendorong Replikasi Intervensi Gizi Spesifik di Jawa Tengah

Nurofia Fauziah

Yuk Ikuti Kebiasaan Dokter Cantik Ini Jalan Cepat Minimal 15 Menit hendak Olahraga Murah & Gak Ribet

Nurofia Fauziah

Demam Berdarah hingga Leptospirosis Waspada 8 Penyakit Ini Sering Menyerang saat Musim Hujan

Nurofia Fauziah

Bisa Jadi Diabetes Anak Lahap Makan Tapi Berat Badan Malah Turun

Nurofia Fauziah

Leave a Comment