Kesehatan

Mandi Air Hangat hingga Makan Pedas Redakan Hidung Mampet 8 Tips Atasi Hidung Tersumbat karena Flu

Flu adalah infeksi pernapasan yang menulardan disebabkan oleh virus influenza. Gejala flu biasanya berlangsung sekitar satu minggu, tetapi gejala yang paling parah hanya terjadi selama dua hingga tiga hari. Seringkali ketika terserang penyakit flu Anda akan merasa hidung Anda tersumbat.

Hal ini dapat menyebabkan Anda kesusahan bernapas dan tidak bisa menghirup udara dengan lega. Beberapa hal mungkin juga terjadi apabila flu tidak segera diatasi. Anda dapat terkena penyakit saluran pernafaasan yang lebih serius misalnya penyakit sinus.

Mandi air panas dapat membantu pernapasan Anda kembali normal, setidaknya untuk sementara waktu. Uap air akan membantu mengencerkan ingus sehingga membantu melancarkan pernapasan. Panas dapat membantu mengurangi penyumbatan dan dapat membuka saluran hidung Anda.

Caranya basahi waslap atau kain dengan air panas, lalu berbaring, dan letakkan kain di atas jembatan hidung Anda sehingga menutupi hidung Anda. Pastikan handuk dapat memberikan efek hangat pada hidung Anda, dan jangan biarkan lapisan handuk menutupi lubang hidung. Uap mengandung mentol, kayu putih, dan/atau kapur barus dapat membuat pernafasan Anda lebih lega.

Uap mengandung mentol memberikan efek hangat yang dapat membantu cairan di hidung keluar dengan sendirinya. Jika hidung Anda tersumbat, cobalah untuk memakan hidangan yang sedikit lebih pedas daripada yang biasanya Anda nikmati. Makanan pedas dapat mengatasi hal yang mengiritasi selaput lendir Anda, sehingga cairan di hidung Anda dapat mengalir keluar.

Menggunakan semprotan garam hidung dapat meningkatkan kelembaban di lubang hidung Anda. Semprotan ini membantu mengencerkan lendir di saluran hidung Anda. Mesin pelembab udara ini bekerja mengubah air menjadi uap air yang secara perlahan mengisi udara, meningkatkan kelembaban di sebuah ruangan.

Menghirup udara lembab dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan membengkak pada pembuluh darah di hidung dan sinus. Dengan memenuhi kebutuhan minum, maka akan mengurangi tekanan sinus. Selain itu dengan tetap terhidrasi dengan minum akan membantu mengencerkan lendir di saluran hidung dan mendorong cairan keluar dari hidung.

Tidur adalah obat terbaik untuk tubuh Anda saat melawan flu. Penelitian telah menunjukkan bahwa banyak tidur membuat sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan sangat penting bagi kemampuan tubuh untuk menjaga jumlah sel darah putih tetap tinggi dan melawan infeksi. Sebelum terserang penyakit flu parah, ada baiknya Anda kenali gejala flu terlebih dahulu.

Dikutip dari , gejala flu yang paling umum adalah demam tinggi, panas dingin, nyeri otot, sakit kepala, tubuh terasa lemah dan kelelahan ekstrem, batuk kering dan sakit tenggorokan hingga muntah. Lakukan juga cara berikut ini untuk membantu mempercepat proses penyembuhan: Beristirahat yang cukup di tempat tidur.

Banyak konsumsi minum atau minum yang cukup. Menggunakan obat untuk atasi flu. Cuci tangan sesering mungkin untuk menghindari penyebaran infeksi ke anggota rumah tangga lainnya.

Jika flu semakin parah sebaiknya Anda segera konsultasikan ke dokter.

Berita Terkait

Gunakan Lidah Buaya hingga Cuka Apel Beberapa Cara Sederhana Cegah Rambut Berketombe

Nurofia Fauziah

Pernah Direhabilitasi Berulangkali Tertangkap Mengapa Ibra Azhari Masih Kecanduan Narkoba

Nurofia Fauziah

Kenali Gangguan Irama Jantung dan Penanganannya

Nurofia Fauziah

Mana Lebih Baik, Sikat Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan?

Nurofia Fauziah

Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Bantu atasi Nyeri hingga Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Nurofia Fauziah

Makanan Terbaik untuk Hindari Sakit Kepala Saat Ibadah Puasa

Nurofia Fauziah

hingga Tanda wajib Segera Scalling Gigi Manfaat Berikut Fungsi Ketahui Apa Itu Scalling Gigi

Nurofia Fauziah

Hindari Minum Kopi Kalau Tak Ingin Dehidrasi Cuaca Panas

Nurofia Fauziah

Cuma 30 Detik! Coba 5 Tes Super Cepat Ini yang Akan Tunjukkan Tubuhmu Sehat atau Tidak

Nurofia Fauziah

VIRAL Pria Gunakan Bra sebagai Pengganti Masker Pelindung dari Kabut Asap, Masker Apa yang Tepat?

Nurofia Fauziah

Ayah Dewi Perssik Meninggal Dunia Karena Diabetes, Ini Gejala Penyakitnya, Termasuk Cepat Lapar

Nurofia Fauziah

7 Alasan Mengapa Mendengarkan Lagu Sedih saat Galau Bisa Membuat Perasaanmu jadi Lebih Baik

Nurofia Fauziah

Leave a Comment