Otomotif

Mana yang Anjlok Harganya antara Mobil Bekas Wuling Confero S, Avanza, dan Xpander

Sejak diluncurkan pertengahan 2017 lalu, Wuling Confero seolah menggebrak pasar otomotif Tanah Air karena harganya yang murah dengan fitur yang berlimpah. Namun statusnya yang merupakan mobil 'China', membuatnya masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Maklum,produkChina sebelumnya memiliki sejarah yang kurang baik, lantaran dianggap memiliki kualitas yang rendah meski harganya jauh di bawah rata rataproduk Jepang.

Selain itu, pertimbangan resale value alias harga jual kembali mobil China di pasaran juga tidak bisa dihilangkan begitu saja. Lantas coba membandingkan harga bekas Wuling Confero saat ini mengacu dari kanal Pricelist GridOto.com, yang mana harga tersebut dihimpun dari pedagang mobil bekas area Jakarta dan sekitarnya. Ambil contoh varian tertingginya yaitu Wuling Confero S 1.5 L yang pada saat diluncurkan di 2017 lalu dengan harga Rp 162,9 juta on the road DKI Jakarta.

Dalam rentang waktu belum genap dua tahun dari peluncurannya, ternyata harga bekasnya di Mei 2019 ada di kisaran Rp 150 juta. Artinya terjadi depresiasi sebesar 7,92 persen atau turun sebesar Rp 12,9 juta dari harga barunya di 2017. Lantas, apakah hasil tersebut buruk jika dibandingkan dengan kompetitor kompetitornya yang berasal dari pabrikan Jepang?

Eits ternyata tidak, depresiasi harga Wuling Confero ini bisa dibilang lebih baik dari Toyota Avanza yang merupakan raja di segmen low MPV. Ambil contoh Avanza Veloz 1.5 A/T yang memiliki depresiasi sebesar 27,96 persen dari harga barunya di 2017 yakni Rp 236 juta on the road DKI Jakarta dan sekitarnya. Harga bekasnya saat ini berada di kisaran Rp 170 juta, atau terjadi penurunan kurang lebih sebesar Rp 66 juta pada Mei 2019 lalu.

Begitupun resale value dari Wuling Confero juga sedikit lebih baik dari Mitsubishi Xpander Ultimate A/T lansiran 2017 yang harga bekasnya pada Mei 2019 adalah Rp 220.000.000. Terjadi depresiasi sebesar 9,96 persen atau Rp 24,35 juta dari harga barunya pada saat diluncurkan yaitu Rp 244,35 juta on the road DKI Jakarta dan sekitarnya.

Berita Terkait

Toyota Bilang H 7 Lebaran Jadi Puncaknya Orang Indonesia Beli Mobil Baru

Nurofia Fauziah

Isuzu & UD Trucks Siap Unjuk Gigi di Pameran Astra Autofest 2020 di BSD

Nurofia Fauziah

Daihatsu Pastikan Tak Ada Mobil Pengganti Recall Luxio & Gran Max

Nurofia Fauziah

Tips Hemat Biaya Akali Puli Motor Matik yang Mulai Aus, Modal Ini Doang

Nurofia Fauziah

Strategi Cepat Ubah Konsumsi Mobil Berbahan Bakar Fosil menuju Listrik

Nurofia Fauziah

4 Motor Custom Karya Builder Indonesia Unjuk Gigi di ‘Mama Tried Show’ Diterbangkan menuju AS

Nurofia Fauziah

Outlander Sport & Delica Mitsubishi Recall Lancer EX

Nurofia Fauziah

All New Ertiga dan New Carry Pick Up Kontributor Terbesar SPK Suzuki di IIMS 2019

Nurofia Fauziah

Wah, DFSK Masih Punya 1 Jagoan SUV Lagi yang Akan Diluncurkan Tahun Ini dan Jadi yang Termewah!

Nurofia Fauziah

CIMB Niaga Auto Finance Tawarkan Bunga Rendah Khusus Kredit Mobil Listrik

Nurofia Fauziah

Avanza & Xenia Jadi Mobil Paling Dicari Jelang Nataru

Nurofia Fauziah

Banderol Suzuki Ertiga Naik Nih sampai Rp 4 Jutaan Pengumuman

Nurofia Fauziah

Leave a Comment