Otomotif

Mana yang Anjlok Harganya antara Mobil Bekas Wuling Confero S, Avanza, dan Xpander

Sejak diluncurkan pertengahan 2017 lalu, Wuling Confero seolah menggebrak pasar otomotif Tanah Air karena harganya yang murah dengan fitur yang berlimpah. Namun statusnya yang merupakan mobil 'China', membuatnya masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Maklum,produkChina sebelumnya memiliki sejarah yang kurang baik, lantaran dianggap memiliki kualitas yang rendah meski harganya jauh di bawah rata rataproduk Jepang.

Selain itu, pertimbangan resale value alias harga jual kembali mobil China di pasaran juga tidak bisa dihilangkan begitu saja. Lantas coba membandingkan harga bekas Wuling Confero saat ini mengacu dari kanal Pricelist GridOto.com, yang mana harga tersebut dihimpun dari pedagang mobil bekas area Jakarta dan sekitarnya. Ambil contoh varian tertingginya yaitu Wuling Confero S 1.5 L yang pada saat diluncurkan di 2017 lalu dengan harga Rp 162,9 juta on the road DKI Jakarta.

Dalam rentang waktu belum genap dua tahun dari peluncurannya, ternyata harga bekasnya di Mei 2019 ada di kisaran Rp 150 juta. Artinya terjadi depresiasi sebesar 7,92 persen atau turun sebesar Rp 12,9 juta dari harga barunya di 2017. Lantas, apakah hasil tersebut buruk jika dibandingkan dengan kompetitor kompetitornya yang berasal dari pabrikan Jepang?

Eits ternyata tidak, depresiasi harga Wuling Confero ini bisa dibilang lebih baik dari Toyota Avanza yang merupakan raja di segmen low MPV. Ambil contoh Avanza Veloz 1.5 A/T yang memiliki depresiasi sebesar 27,96 persen dari harga barunya di 2017 yakni Rp 236 juta on the road DKI Jakarta dan sekitarnya. Harga bekasnya saat ini berada di kisaran Rp 170 juta, atau terjadi penurunan kurang lebih sebesar Rp 66 juta pada Mei 2019 lalu.

Begitupun resale value dari Wuling Confero juga sedikit lebih baik dari Mitsubishi Xpander Ultimate A/T lansiran 2017 yang harga bekasnya pada Mei 2019 adalah Rp 220.000.000. Terjadi depresiasi sebesar 9,96 persen atau Rp 24,35 juta dari harga barunya pada saat diluncurkan yaitu Rp 244,35 juta on the road DKI Jakarta dan sekitarnya.

Berita Terkait

Touareg R Jadi SUV Plug-In Hybrid Paling Super dari Volkswagen

Nurofia Fauziah

Daftar Penyakit Yang Sering Menimpa Mercedes Benz W124

Nurofia Fauziah

Bocor, Tampang Yamaha NMAX Facelift 2020

Nurofia Fauziah

Bali Jadi Tuan Rumah Seri 2 Semifinal CustoMAXI x Yamaha Heritage Built

Nurofia Fauziah

 Kontes Suryanation Ini Sangat Fantastik! Pete Pearson Builder Motor Custom Asal Inggris

Nurofia Fauziah

Mulai Rp 140 Jutaan Daftar Volvo XC90 Seken Terbaru

Nurofia Fauziah

Inspirasi Warna Interior Giorgio

Nurofia Fauziah

Ke GIIAS 2019 Bawa Truk, Komunitas Canter Mania Antusias Nyimak Truk Fighter Terbaru di Booth Fuso

Nurofia Fauziah

Produk Lowin Siap Ramaikan Pasar Aksesoris Aftermarket Otomotif

Nurofia Fauziah

Banyak yang Tanya Jadi Alasan Wuling Almaz Hadir dalam Opsi 7 Seater

Nurofia Fauziah

AHM Adakan Honda Ramadan Fest 2019, Telah Hadir di 28 Kota

Nurofia Fauziah

Terbang Langsung ke Nagoya, Garuda Sematkan Livery Logo Mitsubishi di Badan Airbus A330

Nurofia Fauziah

Leave a Comment