Kesehatan

Mana Lebih Baik, Sikat Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan?

Umumnya memang disarankan dua kali sikat gigi dalam sehari. Biasanya, pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Hal ini bertujuan agar kita terbebas dari kuman dan bakteri yang bisa menimbulkan masalah pada gigi dan mulut. Dua waktu yang disarankan untuk menyikat gigi adalah pagi dan malam.

Sikat gigi di malam hari dianjurkan ketika kita ingin pergi tidur. Hal ini dikarenakan saat ingin pergi tidur, mulut kita tidak melakukan aktivitas lagi, seperti makan. Selain itu, saat pergi tidur juga diharapkan mulut dan gigi kita dalam keadaan bersih agar bakteri yang ada di mulut tidak berkembang biak. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menyikat gigi di pagi hari? Apakah lebih baik sebelum sarapan atau sesudah sarapan?

Sebenarnya tidak ada larangan untuk sikat gigi sebelum atau sesudah sarapan. Namun, jika Anda memilih untuk sikat gigi setelah sarapan, ada beberapa hal yang harus teman teman perhatikan. Seperti tidak boleh langsung menyikat gigi setelah makan. Kenapa begitu?

Ternyata menyikat gigi setelah sarapan tanpa diberi jeda, membuat enamel atau lapisan gigi kita rusak. Hal ini disebabkan saat setelah makan mulut kita akan masuk dalam serangan asam yang bisa mengikis enamel. Secara tidak sadar kita akan membuat pengikisan enamel itu semakin parah jika kita langsung sikat gigi setelah sarapan, teman teman.

Enamel yang terkikis terus menerus akan menyebabkan gigi kita menjadi lebih sensitif. Jika ingin menyikat gigi setelah sarapan, kita dianjurkan untuk menunggu 30 sampai 60 menit setelah makan. Kita bisa memilih waktu sikat gigi di pagi hari sesuai kebutuhan.

Beberapa orang memilih untuk menyikat gigi sebelum sarapan karena mengkhawatirkan bakteri yang ada di mulut saat kita tidur. Hal ini juga tidak masalah. Namun, jika ingin menyikat gigi setelah sarapan agar gigi terlihat bersih sepanjang melakukan aktivitas,Anda bisa menunggu 30 sampai 60 menit terlebih dahulu. Intinya, jangan sampai lupa untuk menyikat gigi dua kali sehari.

Berita Terkait

Manfaat Kopi Bagi Tubuh, Melindungi DNA Manusia hingga Memperbaiki Daya Ingat

Nurofia Fauziah

Tips Agar Tetap Sehat Saat Cuaca Panas

Nurofia Fauziah

Bahaya! Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung Jangan Sepelekan 7 Hal yang Terlihat Wajar Ini

Nurofia Fauziah

hingga Keju Apel Stroberi 7 Makanan yang Dapat Membuat Gigi Kuning Menjadi Putih Kembali

Nurofia Fauziah

Lindungi Kesehatan Si Buah Hati dengan 5 Nutrisi Ini!

Nurofia Fauziah

Tanpa Disadari, Kebiasaan Ini Bisa Merusak Fungsi Ginjal Anda

Nurofia Fauziah

Sakit Bisa Tambah Parah 4 Jenis Makanan yang Wajib Dihindari saat Menstruasi

Nurofia Fauziah

5 Hari Hidup Sehat, Makan Sayur dan Buah, Sabtu Minggu Saatnya Cinta Laura Bebas Memilih Makanan

Nurofia Fauziah

10 Buah dan Sayur Ini Mampu Turunkan Kolesterol Usai Idul Adha: Pepaya, Wortel hingga Seledri

Nurofia Fauziah

Hanya dengan Minum Air Sebelum Makan Cara Menurutkan Berat Badan Tanpa Diet ataupun Olahraga

Nurofia Fauziah

Harganya Murah Meriah Ramuan-ramuan Tradisional di Bawah Ini Manjur buat Atasi Nyeri Sendi

Nurofia Fauziah

Trik Tasya Kamila Menjaga Bayinya yang Kulitnya Sensi Agar Tak Mengulang Kisah Baby Ryu yang Viral

Nurofia Fauziah

Leave a Comment