Kesehatan

Mana Lebih Baik, Sikat Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan?

Umumnya memang disarankan dua kali sikat gigi dalam sehari. Biasanya, pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Hal ini bertujuan agar kita terbebas dari kuman dan bakteri yang bisa menimbulkan masalah pada gigi dan mulut. Dua waktu yang disarankan untuk menyikat gigi adalah pagi dan malam.

Sikat gigi di malam hari dianjurkan ketika kita ingin pergi tidur. Hal ini dikarenakan saat ingin pergi tidur, mulut kita tidak melakukan aktivitas lagi, seperti makan. Selain itu, saat pergi tidur juga diharapkan mulut dan gigi kita dalam keadaan bersih agar bakteri yang ada di mulut tidak berkembang biak. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menyikat gigi di pagi hari? Apakah lebih baik sebelum sarapan atau sesudah sarapan?

Sebenarnya tidak ada larangan untuk sikat gigi sebelum atau sesudah sarapan. Namun, jika Anda memilih untuk sikat gigi setelah sarapan, ada beberapa hal yang harus teman teman perhatikan. Seperti tidak boleh langsung menyikat gigi setelah makan. Kenapa begitu?

Ternyata menyikat gigi setelah sarapan tanpa diberi jeda, membuat enamel atau lapisan gigi kita rusak. Hal ini disebabkan saat setelah makan mulut kita akan masuk dalam serangan asam yang bisa mengikis enamel. Secara tidak sadar kita akan membuat pengikisan enamel itu semakin parah jika kita langsung sikat gigi setelah sarapan, teman teman.

Enamel yang terkikis terus menerus akan menyebabkan gigi kita menjadi lebih sensitif. Jika ingin menyikat gigi setelah sarapan, kita dianjurkan untuk menunggu 30 sampai 60 menit setelah makan. Kita bisa memilih waktu sikat gigi di pagi hari sesuai kebutuhan.

Beberapa orang memilih untuk menyikat gigi sebelum sarapan karena mengkhawatirkan bakteri yang ada di mulut saat kita tidur. Hal ini juga tidak masalah. Namun, jika ingin menyikat gigi setelah sarapan agar gigi terlihat bersih sepanjang melakukan aktivitas,Anda bisa menunggu 30 sampai 60 menit terlebih dahulu. Intinya, jangan sampai lupa untuk menyikat gigi dua kali sehari.

Berita Terkait

Mencegah Pikun Saat Tua Bisa Dilakukan Sejak Masih Muda

Nurofia Fauziah

Memperkuat Tulang hingga Memperbaiki Tekstur Kulit 7 Manfaat Konsumsi Kentang bagi Kesehatan Tubuh

Nurofia Fauziah

Taukah Anda Coklat dapat Mengurangi Resiko Penyakit Stroke 5 Manfaat Dark Chocolate Bagi Kesehatan

Nurofia Fauziah

Makanan Terbaik untuk Hindari Sakit Kepala Saat Ibadah Puasa

Nurofia Fauziah

Kenali Gangguan Irama Jantung dan Penanganannya

Nurofia Fauziah

Diet Ala Tarian K Pop, Pria Ini Berhasil Turunkan Berat Badan Hingga 36 Kilogram Dalam 7 Bulan

Nurofia Fauziah

Persiapan BPJS Kesehatan Tanggapi Sri Mulyani yang Enggan Jadi Pembayar Pertama Tunggakan

Nurofia Fauziah

Tidur di Lantai Penjara Disebut Picu Sakitnya Ahmad Dhani, Kenali Penyebab Asam Urat

Nurofia Fauziah

Jangan Sampai Stres Bisa Turunkan Imun Hindari Kerumunan Imbauan Pasien Sembuh dari Covid-19

Nurofia Fauziah

Ini Penjelasan Spesiali Gizi Diet Keto Bisa Bikin Lemot

Nurofia Fauziah

Gunakan Lidah Buaya hingga Cuka Apel 6 Tips Sederhana Mencegah Rambut Berketombe

Nurofia Fauziah

Dermatitis Atopik yang Diderita Baby Ryu karena Colekan Tamu, Tisu Basah Bisa Jadi Pemicunya?

Nurofia Fauziah

Leave a Comment