Metropolitan

LRT Jakarta Keok Sama Ojol Di Empat Stasiun Lainnya Menang Di Dua Stasiun

Indonesia memang mulai berbenah dalam memajukan sektor infrastruktur termasuk dalam menunjang kebutuhan masyarakat melalui moda transportasi modern, cepat dan futuristik. Namun untuk memperoleh animo tinggi dari masyarakat ternyata tidak mudah, diperlukan trik khusus dalam mendapatkan 'ruang' di hati masyarakat. Bersaing ketat dengan moda transportasi kekinian lainnya, Light Rail Transit (LRT) Jakarta yang memiliki rute Kelapa Gading Velodrome Rawamangun itu tampaknya masih memerlukan promosi keras untuk bisa menggaet para riders, sebutan bagi para penumpang LRT.

Hal itu karena empat dari enam stasiun yang dioperasikan untuk LRT Jakarta ini masih tergolong sepi peminat. Keempat stasiun itu adalah Equestrian, Pulo Mas, Boulevard Selatan dan Pegangsaan Dua. Menanggapi sepinya riders di empat stasiun itu, General Manager Corporate Secretary LRT Jakarta Arnold Kindangen mengatakan faktor demografi dan destinasi menjadi salah satu penyebab minimnya peminat.

"Jadi kan kalau kita bicara ya, kita bicara kan semua faktornya adalah faktor demografi, faktor demografi itu juga dipengaruhi oleh yang namanya tujuan," ujar Arnold, di Aston Sentul Lake Resort & Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/12/2019). Ia menjelaskan bahwa persentase peminat di Stasiun Velodrome dan Boulevard Utara cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan empat stasiun lainnya karena dekat dengan kawasan perumahan para riders yang hendak bekerja. "Tujuan itu kan kebanyakan relatif stabil, ada tujuan mereka berkantor di seputar ujung ujungnya (rute) kita. (stasiun) Velodrome mungkin (riders) yang ke arah Pusat, kemudian yang ke arah Timur itu banyak pengunjung datangnya dari karyawan," jelas Arnold.

Sedangkan empat stasiun lainnya mengalami sepi peminat karena cenderung berlokasi dekat pusat kegiatan bisnis. "Sementara kalau untuk ke empat stasiun yang sepi itu, karena memang area tersebut jauh daripada perumahan pastinya, kira kira seperti itu," kata Arnold. Ia menilai ojek online lebih mendominasi di empat stasiun tersebut karena faktor lokasi yang ceneerung berada di pusat bisnis.

Masyarakat tentunya akan lebih memilih transportasi satu ini karena bisa mengantar langsung ke tujuan tanpa perlu melanjutkan dengan moda transportasi lain. "Karena di daerah tersebut kebanyakan kan pertokoan, dan ada juga sebagian ruko ruko. Dan kebanyakan kalau di ruko ruko itu berkendaraan motor, (dilintasi) roda dua," tegas Arnold. Jarak yang ditempuh untuk LRT Jakarta rute Kelapa Gading Velodrome Rawamangun pun hanya kurang dari 6 km, sehingga Arnold menilai hal ini menjadi faktor lain yang mendorong masyarakat lebih memilih ojek online.

"Sementara kan kalau kita lihat jarak kita itu masih tanggung ya 5,8 km. Kita sedikit banyak terpengaruh juga dengan adanya ojol itu," tutur Arnold. Ia pun menganggap persaingan dengan ojol itu sebagai suatu tantangan agar kedepannya LRT Jakarta mampu memanfaatkan secara optimal keterbatasan jarak rute tersebut. "Secara tidak langsung, kalau kemarin kan gratis. Mereka berpikirnya lebih praktis ya, itu memang kita terima sebagai suatu tantangan bahwa bagaimana kita bisa mengelola dengan baik (jarak LRT) 5,8 km itu," papar Arnold.

Berita Terkait

Orang Tua Korban Diteror Hingga Dimintai Tebusan Rp 15 Juta Kasus Penculikan Balita di Jatinegara

Nurofia Fauziah

Ini Kata Ustaz Yusuf Mansur Viral Pengantin Malu-malu Cium Tangan Suami Meski Sudah Sah

Nurofia Fauziah

Polisi Amankan Seorang Muncikari Praktik Prostitusi Berkedok Panti Pijat di Jakut Terbongkar

Nurofia Fauziah

Yang Ingin Sehat Badannya Bershalawatlah yang Ingin Lancar Rezekinya Pesan Maulid Nabi

Nurofia Fauziah

Panitia Kurban di Jakarta Tak Pakai Plastik, Gantinya Besek Bambu Seharga Rp2 Ribu

Nurofia Fauziah

Polsek Pamulang Beri Siswa Penyuluhan Waspadai Orang Tak Dikenal Pasca Teror Minta Ginjal Anak SD

Nurofia Fauziah

10 Warga Disebut Pernah Jadi Korban Keganasan Anjing yang Gigit ART Hingga Tewas di Cilangkap

Nurofia Fauziah

Heboh Juru Parkir & Tukang Sate Saksikan Hubungan Intim Penghuni Kamar Hotel karena Tirai Terbuka

Nurofia Fauziah

Turis Memilih Wanita yang Diinginkan 5 Fakta Prostitusi Berkedok Kawin Kontrak di Puncak Bogor

Nurofia Fauziah

Terduga Penculik Bocah 3 Tahun di Bekasi Disebut Beberapa Kali Terlihat di Sekitar Masjid

Nurofia Fauziah

Semprotkan Disinfeksi di 5 Wilayah Pemprov DKI Jakarta Gunakan Drone & Spray Darat

Nurofia Fauziah

DPR Minta Polisi Sebar Personel di Sekitar Klub Malam BMW Tabrak Apotek

Nurofia Fauziah

Leave a Comment