Pendidikan

Link Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2019, Bisa Diakses di Sini, Diumumkan Besok

Pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dilakukan Selasa (7/5/2019) besok. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui ujian tertulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan manfaat, baik bagi kepentingan nasional, PTN, maupun peserta. Bagi peserta, manfaat seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah.

SBMPTN ini dari tahun ke tahun selalu diperbaiki dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Pada tahun 2016 mulai diperkenalkan juga SBMPTN dengan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Hal itu tampak dari beberapa kiriman di media sosial Twitter yang ramai membicarakan hal mengenai cara penghitungan nilai hasil UTBK.

Nilai yang diperoleh dalam UTBK menjadi syarat pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Salah satu warganet menanyakan penilaian hasil UTBK yang telah dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tersebut. Ini hasil nilai utbk maksudnya gimana sih.., " tulis akun itu.

Hasil UTBK sudah dapat diakses melalui situs resmi milik LTMPT menggunakan username dan password saat pendaftaran UTBK. Hasil UTBK yang diumumkan merupakan rekapitulasi nilai tes yang dilakukan pada 13 April 2019 sesi I dan II, serta tes pada 14 April 2019 untuk sesi III dan IV. Menanggapi hal ini, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi mengatakan, stastistik dan penyebaran nilai tersebut masih akan berubah setiap sesi tes selesai dilaksanakan.

"Nilai statistik yang sudah keluar di web tersebut menggambarkan sesi satu hingga empat. Mohon menunggu sampai seluruh sesi selesai untuk melihat statistik terakhir seluruh peserta nasional keluar. Tes pada tanggal 26 Mei 2019," kata Ravik kepada Kompas.com, Senin (29/4/2019). Ravik mengatakan, nantinya nilai total akan berhubungan dengan program studi yang dipilih oleh peserta. Hal yang perlu diperhatikan, lanjut dia, pembobotan masing masing sub tes untuk setiap program studi tidak diumumkan.

"Penghitungan nilai UTBK didasarkan pada metode penghitungan Item Response Theory seperti yang dilakukan tahun lalu dengan tidak memberikan pinalti terhadap jawaban salah," ujar Ravik. Artinya, UTBK tahun ini menerapkan sistem pemberian nilai 1 untuk soal yang dijawab dengan benar dan 0 bagi jawaban salah. Terkait dengan bobot kesulitan suatu soal, dihitung berdasarkan jawaban peserta.

"Semakin banyak jawaban yang benar berarti soal tersebut dianggap mudah sehingga bobotnya juga rendah. Semakin banyak jawaban yang salah berarti semakin tinggi tingkat kesulitan soal sehingga bobot soal menjadi besar," ujar Ravik. UTBK 2019 dilaksanakan dalam dua gelombang. Tes gelombang pertama telah dimulai sejak 13 April 2019.

Ravik menyampaikan, tes gelombang pertama pada 26 27 April 2019 merupakan tes dengan jumlah peserta terbanyak, yaitu 280.683 orang. "Peserta UTBK yang ikut tes pada 27 April 2019 tercatat sejumlah 143.933 peserta dan yang ikut tes pada tanggal 28 April 2019 tercatat 136.645 peserta," ujar Ravik. Tes pada 27 April 2019 terbagi menjadi dua sesi, dengan 72.911 peserta pada sesi pertama, terdiri dari 43.614 peserta kelompok Saintek dan 29.297 peserta kelompok Soshum.

Sementara, sesi siang diikuti 71.082 peserta, terdiri dari 38.227 peserta kelompok Saintek dan 32.885 peserta kelompok Soshum. Adapun, pada 28 April 2019 sesi pertama diikuti 69.048 peserta, terdiri dari 42.060 peserta kelompok Saintek dan 26.988 peserta kelompok Soshum. Untuk sesi siang, sebanyak 67.597 peserta mengikuti tes, dengan rincian 37.477 peserta kelompok Saintek dan 30.150 peserta kelompok Soshum.

"UTBK berikutnya akan dilaksanakan pada Sabtu (4/5/2019) dan Minggu (5/4/2019)," ujar Ravik. Sebagai tambahan informasi, hasil UTBK akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN pada 10 24 Juni 2019 mendatang.

Berita Terkait

Wafaa Indonesia Menjawab Tantangan Generasi Milenial

Nurofia Fauziah

Banggakan Indonesia, Riyan Adi Saputra Siswa SMA 1 Bandar Lampung Raih Perak di Filipina

Nurofia Fauziah

Tema 2 Subtema 2 – Selalu Berhemat Energi (Halaman 51-55) Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4

Nurofia Fauziah

Hanya Salah Paham HEBOH Mata Pelajaran PAI & Bahasa Arab di Madrasah Dihapus Kemenag

Nurofia Fauziah

Ada Mapel Cara Hidup Bahagia 13 Mata Pelajaran Unik dari Berbagai Negara yang Tak Ada di Indonesia

Nurofia Fauziah

Mahfud MD Beri Pujian untuk UNS Solo, Potretnya Bersama Sang Mantan Rektor pun Jadi Sorotan

Nurofia Fauziah

Didik Mukrianto Bahas Kedudukan KPK di Sistem Ketatanegaraan Sidang Doktor

Nurofia Fauziah

Terobosan Belajar Bahasa Inggris Secara Online & Metode Kampung Inggris

Nurofia Fauziah

Titik Nol English Course Dorong & Fasilitasi Peluang buat Belajar & Bekerja di Luar Negeri

Nurofia Fauziah

Registrasi Akun dari 2 Desember 2019 Jadwal Resmi SNMPTN 2020

Nurofia Fauziah

Kembangkan Social Emotional Learning di Sekolah Dasar

Nurofia Fauziah

TRIBUNNEWSWIKI – Mengenal Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Nurofia Fauziah

Leave a Comment