Kesehatan

Lindungi Kesehatan Si Buah Hati dengan 5 Nutrisi Ini!

Semua ibu tentu ingin melihat anaknya aktif dan tidak gampang jatuh sakit. Sayangnya, sistem imun Si Buah Hati sering terganggu dan menyebabkan ia rentan terserang virus dan bakteri. Kalau Si Buah Hati mudah sakit, pertumbuhannya tentu akan terganggu. Bayangkan saat ia mengalami gangguan pencernaan, misalnya, seluruh asupan nutrisi yang ia butuhkan akhirnya tidak terserap dengan baik. Tahukah Anda rupanya sistem imun menurun juga bisa disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak baik? Di tengah isu kesehatan yang sedang terjadi sekarang ini, ada baiknya Anda mengambil langkah perlindungan dengan memberikan Si Buah Hati asupan gizi yang tepat, agar ia kebal terhadap virus dan bakteri.

Berdasarkan penjelasan Pakar Gizi Medik FKUI RSCM, Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, anak perlu mendapat asupan gizi lengkap yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin secara seimbang. Selain itu dapat didukung juga dengan bakteri baik untuk mendukung daya tahan tubuhnya. Karbohidrat merupakan sumber energi terbaik untuk anak. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI tahun 2019, setidaknya anak usia 1 3 tahun perlu mengkonsumsi 215 g karbohidrat per hari, sedangkan anak 4 6 tahun butuh 220 g per hari. Dengan mengkonsumsi karbohidrat, anak tetap aktif seharian dan baik untuk pertumbuhannya. Anda bisa memberikan jagung, gandum, kentang, dan kacang kacangan sebagai sumber karbohidrat yang baik.

Protein penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, karena asupan gizi yang satu ini mampu memperbaiki jaringan sel dalam tubuh. Anda bisa memberikan protein lewat daging ayam, daging sapi, ikan tuna, kacang almond, tahu, dan brokoli. Makanan berlemak tidak sepenuhnya berbahaya untuk kesehatan. Pilihlah sumber lemak yang tepat, seperti daging ikan, ayam, ataupun alpukat. Lemak berfungsi menjaga keutuhan dan perkembangan dinding sel pada anak. Seperti diketahui, asupan vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk, stroberi, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli.

Selain vitamin C, untuk menjaga kekebalan tubuh konsumsi juga vitamin D. Selain baik untuk kesehatan gigi dan tulang, vitamin D juga berperan membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Selain sinar matahari, vitamin D bisa didapat dari susu, kacang kedelai, dan ikan sarden. Selain empat nutrisi di atas, Anda bisa memberikan perlindungan kepada Si Buah Hati dengan memberikannya bakteri baik atau probiotik. Bakteri baik merupakan mikroorganisme hidup yang saat dikonsumsi akan memberikan berbagai macam manfaat baik untuk tubuh Si Buah Hati. Lanjut Prof. Saptawati, orangtua dapat memberikan probiotik melalui susu pertumbuhan, yang difortifikasi dengan nutrisi nutrisi penting untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisinya.

Probiotik bermanfaat untuk Si Buah Hati karena berfungsi untuk menyeimbangkan kesehatan pencernaan anak, bekerja baik untuk sistem imun tubuh anak, serta membantu mengurangi risiko infeksi saluran pernafasan atas pada anak. “Penelitian menunjukkan anak yang mendapatkan susu yang diperkaya dengan bakteri baik Lactobacillus rhamnosus memiliki risiko terkena ISPA, yaitu flu dan batuk lebih rendah. Selain itu bakteri baik Lactobacillus rhamnosus juga membantu mendukung daya tahan tubuh anak agar tak mudah sakit,” tambah beliau. Mengandung bakteri baik Lactobacillus rhamnosus dan nutrisi penting lainnya, seperti 3x vitamin D, protein, serat inulin, DHA, dan Omega 3 & 6 yang baik untuk tumbuh kembang anak, serta membantu melindungi eksplorasi Si Buah Hati.

Yuk, lindungi eksplorasi si buah hati dengan mencukupi kebutuhan nutrisi anak!

Berita Terkait

Januari 2020 Ribuan Pengidap HIV/AIDS Bakal Putus obat ‎Stok Obat ARV Menipis

Nurofia Fauziah

Ini Dampak Negatifnya Menurut Ahli Kecemasan Berlebih di Tengah Pandemi

Nurofia Fauziah

hingga Tanda wajib Segera Scalling Gigi Manfaat Berikut Fungsi Ketahui Apa Itu Scalling Gigi

Nurofia Fauziah

Jangan Sampai Stres Bisa Turunkan Imun Hindari Kerumunan Imbauan Pasien Sembuh dari Covid-19

Nurofia Fauziah

Lengkuas Punya 5 Manfaat Ini buat Obati Penyakit Tak Hanya Jadi Bumbu Penyedap

Nurofia Fauziah

Penggunaan Hand Sanitizer Ternyata Bisa Timbulkan Efek Samping ini Efektif Matikan Virus Corona

Nurofia Fauziah

Tak Sebugar Dulu, Bolehkah Penyintas Kanker Seperti Ani Yudhoyono Berpuasa? Yuk Simak Fakta Medisnya

Nurofia Fauziah

Diet Ala Tarian K Pop, Pria Ini Berhasil Turunkan Berat Badan Hingga 36 Kilogram Dalam 7 Bulan

Nurofia Fauziah

Manfaat Ini Akan Dirasakan Tubuh Coba Malam Ini Angkat Kaki menuju Tembok Selama 10 Menit Sebelum Tidur

Nurofia Fauziah

Mulai Bercak Kulit Hingga Sariawan Mengenal Gejala Lupus yang Bisa Menyerang Berbagai Organ Tubuh

Nurofia Fauziah

Mulai dari Cotton Bud hingga Obat Tetes Cara Bersihkan Kotoran Telinga Berikut Ternyata Salah

Nurofia Fauziah

Kadar Lemak & Garamnya Tinggi Hati-hati Konsumsi Mi Instan! Nutrisinya Rendah

Nurofia Fauziah

Leave a Comment