Travel

Liburan ke Danau Sentani? Kegiatan Ini Wajib Dilakukan!

Sedang liburan ke Jayapura? Jangan lupa kunjungi Danau Sentani, ya! Danau Sentani merupakan danau terluas di Papua, yang terletak di Kabupaten Jayapura. Lokasi danau ini sangat berdekatan dengan Bandara Sentani serta beberapa hotel di Jayapura. Sehingga, lokasi ini mudah untuk diakses jika kamu liburan ke sana.

Terdapat berbagai kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Danau Sentani. Apa saja? Yuk, simak!

  1. Berenang di danau

Biasanya, banyak anak-anak Suku Sentani yang berenang di danau yang menyuguhkan pemandangan alam sangat memukau ini. Bahkan, mereka berenang bebas sampai ke tengah danau menggunakan pelampung. Jika kamu suka berenang, jangan sampai melewatkan kegiatan satu ini, ya, karena dijamin seru untuk dilakukan.

Uniknya lagi, kamu akan melihat pemandangan para ibu di sana yang memiliki kebiasaan berenang sambil merokok (Kompas.com).

  1. Mengelilingi danau dengan perahu

Selain berenang, kamu juga bisa melihat keindahan alam yang disuguhkan Danau Sentani menggunakan perahu yang disewa di Dermaga Kalkhote. Setelah menyewa perahu, kamu akan diajak berkeliling danau oleh pemandu lokal untuk mengunjungi pulau-pulau yang dekat dengan danau, misalnya saja Pulau Asei.

Menyenangkan sekali, bukan? Jadi, tunggu apalagi? Langsung deh sewa perahu untuk melihat keindahan Danau Sentani dan pulau-pulau terdekat.

  1. Membuat sagu makanan pokok masyarakat Papua

Sagu merupakan makanan pokok masyarakat Papua. Jika kamu liburan ke Danau Sentani, kamu berkesempatan melihat langsung proses pembuatan sagu hingga mencicipi bubur sagu atau lebih dikenal dengan papeda.

Biasanya, papeda disajikan dengan kuah kuning berisi ikan gabus yang ditangkap langsung di Danau Sentani sehingga semakin menambah kenikmatan rasanya.

  1. Menyaksikan festival di Danau Sentani

Jika datang di bulan Juni, kamu bisa melihat festival pariwisata yang biasanya diselenggarakan setiap tahun di Danau Sentani. Festival ini sudah ada sejak tahun 2007 dengan tujuan untuk pemeliharaan rasa nasionalisme antara penduduk Papua yang memiliki agama, suku, dan ras yang berbeda-beda.

Biasanya, di festival ini diadakan upacara adat, pagelaran budaya, pameran seni, hingga sajian kuliner khas Papua yang diikuti masyarakat lokal. Tak hanya masyarakat lokal, festival ini juga diikuti oleh turis Belanda dan paguyuban di Jayapura.

  1. Membeli lukisan dari kulit kayu

Jika kamu ke Pulau Asei, jangan lupa membeli lukisan dari kulit kayu yang dibuat langsung oleh masyarakat setempat. Biasanya, bahan-bahan pewarna yang digunakan untuk membuat lukisan berasal dari bahan alami. Sedangkan gambar yang dilukis adalah motif-motif khas Sentani seperti legenda penunggang naga dan tifa.

Harga lukisan-lukisan kayu di Pulau Asei sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp5.000 hingga ratusan ribu rupiah, bergantung pada seberapa besar lukisan yang kamu beli. Semakin besar tentu semakin mahal!

Itu dia beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan jika liburan ke Danau Sentani, Jayapura. Coba, yuk!

Berita Terkait

25 Fakta Unik China, Negara yang Menjadikan Warna Putih untuk Tanda Berkabung

Nurofia Fauziah

Spesies Ubur-Ubur Ini Bisa Menyengat Tanpa Disentuh Awas

Nurofia Fauziah

Sehat dan Porsinya Pas, 7 Kuliner Khas Indonesia Ini Cocok untuk Sarapan

Nurofia Fauziah

Nikmati Keseruan di Dunia Harry Potter Panduan Lengkap Wisata menuju Universal Studios Japan

Nurofia Fauziah

5 Destinasi Wisata Olahraga Terbaik di Indonesia

Nurofia Fauziah

Demi Kereta Bisa Beroperasi, Rel di Kota Ini Sengaja Dibakar

Nurofia Fauziah

Rencanakan Liburan Hemat dan Menyenangkan Anda Saat Lebaran

Nurofia Fauziah

Daftar 20 Maskapai Penerbangan Teraman di Dunia 2020 versi AirlineRatings.com Adakah Indonesia

Nurofia Fauziah

12 Hal Tidak Biasa yang Kamu Tidak Tahu Tentang Bunga Sakura di Jepang

Nurofia Fauziah

Australia Sejumlah Negara Tingkatkan Travel Warning menuju Indonesia Inggris Amerika Serikat

Nurofia Fauziah

7 Kuliner Lezat untuk Sarapan di Semarang

Nurofia Fauziah

Negara Pimpinan Kim Jong Un yang Mengklaim Temukan Unicorn 40 Fakta Unik Korea Utara

Nurofia Fauziah

Leave a Comment