Nasional

Lengkap dengan Keutamaannya Bacaan Niat Puasa Tarwiyah & Arafah

Berikut bacaan niat puasa Arafah dan Tarwiyah, lengkap dengan keutamaannya. Puasa Tarwiyah dan Arafah ini dilaksanakan sebelum datang hari raya Idul Adha yakni pada 8 dan 9 Dzulhijjah. Sehubungan dengan pelaksanaan Idul Adha, Kementerian Agama RI akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal Zulhijjah 1441H.

Menteri Agama, Fachrul Razi, mengatakan sidang isbat akan digelar pada 21 Juli mendatang. "Sidang Itsbat akan digelar 21 Juli 2020,” jelas Menag di Jakarta, Kamis (02/07), dikutip dari Sementara itu berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2020, Ijtimak jelang Dzulhijjah 1441 H terjadi pada hari Selasa Pon, 21 Juli 2020 M pukul 00:35:48 WIB.

Tinggi Bulan pada saat terbenam Matahari di Yogyakarta ( f= 07°48¢ (LS) dan l= 110°21¢BT ) = +07°54¢32² (hilal sudah wujud), dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat terbenam Matahari itu Bulan berada di atas ufuk. Dzulhijjah 1441 H jatuh pada hari Rabu Wage, 22 Juli 2020 M. Kemudian ditetapkan Hari Arafah atau9 Dzulhijjah jatuh pada Kamis Pahing, 30 Juli 2020.

Dengan demikian, Hari Raya Idul Adha jatuh pada 10 Dzulhijjah yakni Jumat Pon, 31 Juli 2020. Mengenai keutamaan menjalankan puasa Tarwiyah dan Arafah, Kepala Kantor Kemenag Gunung Mas (Gumas) H. Anang Rusli menjelaskanbahwa keutamaan dua puasa ini telah disebutkan dalam hadits. MenurutAnang, puasa tarwiyah dapat menghapus dosa setahun.

Sementara itu, puasa hari arafah dapat menghapus dosa dua tahun. “Dengan puasa hari tarwiyah dan puasa hari arafah pahala kita akan bertambah, dosa dosa kita dihapus, dan memperoleh ridho Allah SWT,” jelasnya. Puasa tarwiyah dianjurkan bagi yang berhaji maupun yang tidak sedang berhaji, bahkan beserta tujuh hari sebelumnya.

Sedangkan, menjalankan puasa Arafah adalah sebagai ganti untuk orang yang belum bisa melaksanakan ibadah haji ke Baitullah. ﻧﻮﻳﺖ ﺻﻮﻡ ﺗﺮﻭﻳﻪ ﺳﻨﺔ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ "Nawaitu shouma tarwiyah sunnatan lillaahi ta’aalaa"

Artinya: Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.” نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى "Nawaitu shouma ‘arofata sunnatan lillaahi ta’aalaa"

Artinya: Saya niat puasa Arafah, Sunah karena Allah Ta’ala. Dengan berpuasa Arafah maka Allah SWT akan memberikan ampunan atas dosa dosa di tahun lalu dan yang akan datang. Hal tersebut sebagaimana sesuaisabda Rasulullah SAW:

"Dapat menebus dosa tahun yang lalu dan yang akan datang." (HR. Muslim). Dalam hadis lain juga diungkapkan Rasulullah bersabda: "Puasa pada hari Arafah dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, yaitu tahun yang berlalu dan tahun yang akan datang". (Riwayat jamaah ahli hadis kecuali Bukhori dan Turmudzi).

Dengan itu menjadi kabar baik bagi seluruh umat Muslim. Keutamaan lain hari Arafah yakni sebagai hari makan dan minum. Dari 'Uqbah bin Amir bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Hari Arafah, hari Qurban dan hari Tashriq adalah hari raya kita penganut islam, dan hari hari itu adalah hari makan dan minum." (Diriwayatkan oleh yang berlima kecuali Ibnu Majah dan dinyatakan sah oleh Turmudzi). Puasa Arafah memiliki manfaat bagi orang orang yang belum dapat hadir di Arafah. Sedangkan untuk yang berada di Arafah makan tidak diperkenankan untuk berpuasa Arafah.

Dari Abu Hurairah berkata: "Rasulullah melarang berpuasa pada hari Arafah". (Riwayat Ahmad, Abu Daud, Nasai dan Ibnu Majah). Sama halnya dengan itu, Imam Turmudzi berkata:

"Para ulama memandang sunah berpuasa pada hari Arafah kecuali bagi orang orang yang sedang berada di Arafah." Kemudian, dari Ummul Fadhal mengatakan: "Mereka merasa bimbang mengenai puasa Nabi di Arafah, lalu saya kirimi susu, maka diminumnya, sedang ketika itu beliau berkhotbah di depan manusi di Arafah." (HR. Mutafaq alaih).

Berita Terkait

KPK Dalami Dugaan Hubungan Spesial Istri Nurhadi dengan Pegawai MA

Nurofia Fauziah

22 Wilayah Waspada Hujan Disertai Angin Kencang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG 23 Juli 2020

Nurofia Fauziah

Pembelajaran Jarak Jauh Masih Dipertahankan Tahun Ajaran Baru Tetap Juli

Nurofia Fauziah

Partai Nasdem akan Gelar Konvensi Capres Jaring Putra-Putri Terbaik Bangsa

Nurofia Fauziah

Polisi Minta Keterangan Pacar Yodi Prabowo Buru Pelaku Pembunuhan

Nurofia Fauziah

Pemerintah Jamin Pasien Ditanggung BPJS Kesehatan 2 WNI di Depok Positif Virus Corona

Nurofia Fauziah

Ida Fauziyah Resmikan Inkubasi Bisnis di BBPPK & PKK Lembang

Nurofia Fauziah

Ini Daftar Besarannya TNI & Polri Bakal Cair pada Akhir Tahun 2020 Pensiunan Gaji Ke-13 bagi PNS

Nurofia Fauziah

Peringatan Dini Cuaca Kamis 18 Juni 2020 Potensi Pembentukan Awan Hujan di Berbagai Daerah BMKG

Nurofia Fauziah

Pengusaha Baja Lokal Dukung Percepatan Pembangunan Ibukota Baru

Nurofia Fauziah

Para Serikat Pekerja Bacakan Pernyataan Sikapnya Menyikapi Kegaduhan di Garuda Indonesia

Nurofia Fauziah

14 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Peringatan Dini BMKG Senin 1 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Leave a Comment