Corona

Lebih dari 1 Juta Orang Berhasil Sembuh dari Covid-19 Kabar Baik dari Seluruh Dunia

Sebagian besar negara negara di dunia sedang menghadapi masalah kesehatan yang sama, yakni pandemi virus corona atau Covid 19. Data terbaru, kasus positif Covid 19 di seluruh dunia totalnya tembus ke angka 3 juta. Di tengah kabar tersebut, ada kabar baik bahwalebih dari satu juta pasien virus corona yang berada di seluruh dunia dinyatakan sembuh.

Berdasarkan data dari Universitas Johns Hopkins dan situs Worldometers, ada 1.124.484 orang di Bumi ini yang berhasil menang melawan Covid 19. Dilansir Newsweek Sabtu (2/5/2020), Amerika Serikat ( AS) menjadi negara dengan laporan pasien virus corona sembuh terbanyak di dunia. Kini, jumlah pasien yang pulih empat kali lipat lebih banyak dari data korban meninggal, yang saat ini mencapai 244.812 orang.

Dari 1,1 juta yang sembuh, sebanyak 173.725 di antaranya dicatatkan di AS, yang kini menjadi episentrum wabah Covid 19 itu. Meski mencatatkan lebih dari 170.000, Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) masih belum merilis angka resmi mereka. Juru bicara CDC menerangkan, mereka saat ini masih belum mempunyai data kesembuhan pasien, dan belum memasukkannya ke dalam angka resmi mereka.

"Tetapi, kami akan memasukkannya secara bersamaan pada kesempatan berikutnya," ujar juru bicara itu pada akhir Maret lalu. Spanyol berada di urutan kedua, di mana Negeri "Matador" itu mencatatkan 146.233 kesembuhan berdasarkan situs Worldometers. Jumlah itu sekitar 53 persen dari total kasus yang mereka umumkan, di mana pada Rabu (29/4/2020), mereka sempat menorehkan 6.399 pasien sembuh dalam sehari. b

Berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan Spanyol, data harian tersebut merupakan yang tertinggi sejak wabah menerpa mereka. Jerman berada di peringkat ketiga dengan 130.600 kesembuhan, yang berarti sekitar 79 persen dari total kasus yang terkonfirmasi. China sebagai negara yang pertama kali mengalami wabah mengumumkan 77.713 kasus sembuh, hampir 94 persen dari total infeksi (82.877).

Keraguan sempat membayangi Beijing terkait data yang mereka umumkan selama beberapa pekan, di mana yang menyuarakannya sebagian negara Barat. Sorotan makin tajam setelah April lalu, terdapat 900 kasus yang nampaknya keliru dihitung di Wuhan, kota yang menjadi lokasi pertama adanya virus. Negeri "Panda" berusaha menjelaskan bahwa mereka tidak berusaha menyembunyikan data sebenarnya.

Mereka beralasan, kasus itu "dilaporkan secara salah", di mana terkadang dilaporkan dua kali atau malah tidak dicatatkan. Selain karena sistem kesehatan setempat mengaku kewalahan, kurangnya kapasitas pemeriksaan pada masa awal pandemi menyebabkan banyak kekeliruan. Dalam keterangannya bulan lalu, juru bicara kementerian luar negeri Zhao Lijian mengatakan mereka tidak menutup nutupi data yang ada.

"Pekerja medis di sejumlah tempat sibuk merawat pasien sehingga mungkin menunda, atau salah melaporkan. Namun tak ada usaha dari kami menutupinya," tegas Zhao. Italia juga berada di peringkat lima besar di mana Negeri "Pizza" tercatat menyembuhkan 79.914 pasien virus bernama resmi SARS Cov 2 itu. Italia menunjukkan tanda menggembirakan, di mana jumlah kasus aktif virus corona mulai menurun sejak 21 April, buntut lockdown ketat yang diberlakukan selama dua bulan.

Selain itu menurut kementerian kesehatan, jumlah kasus harian, baik infeksi maupun meninggal, terus menurun sepanjang April. Berikut merupakan lima besar negara yang menorehkan pasien sembuh virus corona di seluruh dunia: Amerika Serikat (173.725) Spanyol (146.233) Jerman (130.600) Italia (79.914) China (77.713)

Berita Terkait

5 Kondisi Kulit yang Dikaitkan sebagai Gejala Virus Corona

Nurofia Fauziah

522 Psikolog Siap Beri Konseling kepada Masyarakat Terdampak Corona

Nurofia Fauziah

Berikut Cara Daftarnya 5 Juta Dari Kartu Prakerja & Fasilitas Lain Dapat Saldo Rp 3

Nurofia Fauziah

5 Miliar buat Hadapi COVID-19 Tempo Scan Tuntaskan 100% Bantuan Rp 17

Nurofia Fauziah

Gugus Tugas Luncurkan Aplikasi Bersatu Lawan Covid-19 Apa Saja Keunggulan & Fitur dari BLC

Nurofia Fauziah

800 Lebih Penonton Diminta Tes Swab Pertunjukan Teater di Jepang Jadi Klaster Baru Covid-19

Nurofia Fauziah

Perintahkan Rapid Test hingga APD Tenaga Medis Disiapkan Pernyataan Lengkap Jokowi Terkait Corona

Nurofia Fauziah

Perantau Asal Pemalang Senang Dapat Bantuan Pemprov Jateng Tak Kunjung Dapat Bansos Pemprov Jakarta

Nurofia Fauziah

Doni Monardo Persilakan KPK Sadap Teleponnya 

Nurofia Fauziah

Sebaran Virus Corona di Indonesia Minggu (21/6/2020) 9 Wilayah Nihil Kasus Baru Mana Saja

Nurofia Fauziah

Masyarakat Menolak Dibubarkan Petugas saat Berkerumun Bisa Dijerat Pidana

Nurofia Fauziah

Masyarakat agar Lindungi Kelompok umur Rentan di Atas 45 Tahun & Pemilik Penyakit Penyerta

Nurofia Fauziah

Leave a Comment