Internasional

Kondisi Dapur Beda Jauh dari Luar Tampak Normal Penampilan Menipu Warung Seafood Ini Viral

Pada Oktober 2019 lalu sempat viral foto foto kondisi dapur sebuah warung seafood. Foto itu diunggah di akun Facebook akun bernama Abdul Razak Othman pada Rabu 23 Oktober 2019. Postingan Abdul telah dibagikan hingga 11 ribu kali.

Tak ada yang tampak aneh saat Abdul menunjukkan bagian depan warung. Kedai makan itu terlihat normal seperti warung pada umumnya. Terdapat sebuah papan nama yang menunjukkan identitas warung.

'Wan Saripah Seafood' nama warung yang tertulis di papan nama. Ucapan 'Selamat Datang' juga ramah menyapa para pengunjung. Terdapat pula kursi makan berwarna merah yang ditata mengelilingi meja ubin.

Tiap satu meja diberi masing masing 4 kursi. Namun kondisi di depan warung ternyata berbeda jauh dari dapurnya. Saat masuk ke dapur tempat warung para pembeli mungkin akan langsung kehilangan selera makan.

Dapur tempat masak terlihat sangat kotor dan tak terawat. Baskom, wajan, kompor, dan perabot masak lainnya seperti menjadi satu dengan sampah masakan. Yang lebih parah, tempat mencuci piring benar benar tak dijaga kebersihannya.

Ember yang digunakan sudah berwarna hitam seakan tak pernah diganti selama bertahun tahun. Tempat menyimpan pasokan bahan makanan juga kotor. Berikut foto fotonya:

Dari caption yang dituliskan Abdul Razak, warungseafoodjorok ini berada di Bukit Katil, Malaysia. Dikutip dari Bernama, pihak Kementerian Kesehatan sampai turun tangan langsung. Setelah foto fotonya viral semenjak Rabu malam, Kementerian Kesehatan langsung datang ke lokasi.

Pejabat Kementerian Kesehatan Low Chee Leong mendatangi warung itu dan langsung melakukan pemeriksaan. Dalam operasi selama empat jam bermula jam 8 malam, sebanyak empat catatan diberikan kepada pengusaha warung makanan. "Operasi tersebut dilakukan setelah melakukan pemeriksaan berkaitan isu tersebut yang viral di media sosial sejak semalam dan pemeriksaan mendapati premis berkenaan berada pada tahap kebersihan 70 peratus ke bawah,” katanya ketika dihubungi Bernama hari ini.

Pemilik warung diberi hukuman atas kelalaiannya tidak menjaga kualitas dan kebersihan makanan. Warung tersebut tidak boleh beroperasi selama 14 hari. Pemilik warung diminta untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh dalam tempo yang sudah ditetapkan.

Warung baru boleh buka lagi apabila Kementrian Kesehatan menilai kondisi dapur sudah layak untuk memasak makanan pembeli. Foto foto dapur jorok yang viral diFacebookpun menuai banyak respon netizen. Berikut beberapa komentar mereka:

"Bagaimana mau beli kalau kotor begini," "Masallah..kotor nye..mauk muntah nangga tempt ya," "betul ke ni? Kotor benar,"

"Macam mana orang ni berniaga…. Geli pulak te gok eh. Orang kesihatan tak dtg ke buat pemeriksaan," "Kotor seh…geli ea camni nk mkn klu singgah..hati2 semua,"

Berita Terkait

WHO Lanjutkan Studi Hidroksiklorokuin buat Mengobati Covid-19

Nurofia Fauziah

Perusahaan Pembuat Mesin Gyoza Terbaik di Dunia dari Jepang Mulai Melirik Pasar Indonesia

Nurofia Fauziah

Menhan RI Prabowo Subianto Bertemu Menhan Jepang Taro Kono Jumat Besok

Nurofia Fauziah

2.600 Wartawan Asing Mendaftar Untuk Wartakan Pertemuan Puncak Trump Kim Di Vietnam

Nurofia Fauziah

Produk Minuman Yuzu Jepang Justru Dijual ke Luar Negeri untuk Menghormati Rival Bisnis

Nurofia Fauziah

Akan Lanjut S3 Teknik & Kedokteran Sekaligus Bocah Jenius Ini capai Gelar Sarjana di umur 9 Tahun

Nurofia Fauziah

Nenek 103 Tahun di China Sembuh Virus Corona Tak Sampai Seminggu

Nurofia Fauziah

Tuntut Perusahaan Aplikasi Pasangan Suami Istri di India Cekcok Gara-gara Google Maps

Nurofia Fauziah

Bintang Hollywood Leonardo DiCaprio Dituding Pelaku Pembakaran Hutan Amazon

Nurofia Fauziah

Jepang Akan Keluarkan UU Darurat Pandemi Influenza Antisipasi Corona Breaking News

Nurofia Fauziah

Sangat Membuat Trauma Kesaksian Wanita yang Merekam Detik-detik Kematian George Floyd

Nurofia Fauziah

7 Miliar Yen Biaya 2 Daijosai Upacara Ritual Terakhir Kaisar Jepang Baru

Nurofia Fauziah

Leave a Comment