Corona

Komunitas Batak Bersatu Berbagi Ribuan Paket buat Warga Jakarta

Di tengah pandemik covid 19, Komunitas Batak Bersatu (KBB) yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) menggelar aksi kemanusiaan. Aksi kemanusiaan ini bertemakan "Marsiamin Aminan, Marsitukkol Tukkolan Songon Suhat di Robean." Menurut Ketua Panitia, Rolas Budiman Sitinjak arti tema ini adalah bahwa hidup harus saling tolong menolong, saling membantu serta saling mengisi dan melengkapi.

Sementara aksi kemanusiaan ini digagas atas inisiasi bersama dan terutama datang dari Dewan Pembina KBB, Maruarar Sirait. "Tujuan kegiatan ini adalah memperhatikan orang orang Batak yang terkena dampak Covid 19. Dana kemanusiaan ini bukan berasal dari anggaran negara atau sumbangan pemerintah melainkan dari dana gotong royong," ungkap Rolas, yang beberapa bulan lalu bersama KBB menggelar aksi kemanusiaan untuk Palestina pasca acara Natal Bersama KBB. Rolas menjelaskan bahwa di KBB sendiri banyak profesi. Ada yang pengacara, artis atau bahkan aktivis muda.

Dari pengacara misalnya ada Jimmy Simajuntak, Bobi Sagala dan lain lain. Sementara dari artis ada Lea Simanjuntak, Dorman Manik, Ranny Simbolon, Renny Siregar, RNB dan lain lain. Rolas mengatakan akibat Covid 19 ini banyak sektor dan bidang pekerjaan yang terdampak.

Terutama di bidang perhotelan, rumah makan dan pariwisata. Tentu saja ini juga berdampak pada orang orang Batak yang kehilangan pekerjaan. "Sehingga ini menjadi perhatian dan fokus kami. Bukan kami tak terdampak. Tapi kami ingin menggelorakan semangat gotong rotong," jelas Rolas, yang juga Wakil Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Minggu (13/6/2020). Rolas menambahkan ada ribuan paket bantuan yang akan disalurkan KBB Peduli hasil gotong royong ini.

Paket ini berisi 5 kg beras, gula putih 1 kg, minyak 1 liter dan mie instan 10 bungkus. Dalam hal pembagian paket, Rolas menambahkan ada beberapa kriteria sehingga tepat sasaran. Misalnya tak punya mobil, di rumah kontrakan dan atau sedang kehilangan pekerjaan.

Termin pertama, pembagian paket sembako di Pondok Kepala Duren Sawit, Caman Kalimalang dan Terminal Rawamangun. Ibu Boru Situmorang, dari pondok kelapa Jakarta Timur, mengucapkan terimakasih atas kepedulian Maruarar Sirait, Rolas Sitinjak dan semua elemen KBB. "Semoga KBB kian maju," ungkapnya. Mega, dari komunitas Seni Batak di Caman Kalimalang, yang bekerja di sebuah cafe atau lapo, mengatakan ia sangat bersyukur dengan kepedulian KBB ini.

Secara khusus ia mengucapkan terima kasih kepada Maruarar Sirait dan Rolas Sitinjak. "Ini sangat bermanfaat sekali bagi kami," ungkap Mega. Raya Hutajulu, perwakilan sopir metrimini di Terminal Rawamangun, mengucapkan terima kasih atas tali kasih KBB pada sopir dan kondektur yang di Rawamangun yang sudah bekerja sejak 20 tahun lalu hingga kini.

"Semoga kebaikan KBB dibalas Tuhan yang Maha Kuasa," ujarnya. Sementara itu Dewan Pembina KBB, Maruarar Sirait mengatakan aksi aksi kemanusiaan di tengah pandemi Covid 19 ini sangat penting dilakukan. Maruarar mengatakan saat ini diperlukan kebersamaan dan gotong royong semua pihak untuk membantu menangani Covid 19, termasuk masyarakat yang terdampak.

"Mari kita bersama sama bersatu untuk Indonesia," jelasnya.

Berita Terkait

Angka Positif Covid-19 di Lima Provinsi Ini Masih Tinggi

Nurofia Fauziah

Mobile Lab BSL-2 Karya Anak Bangsa Siap Dioperasikan di RS Ridwan Meuraksa Lawan Corona

Nurofia Fauziah

20.796 Kasus Positif & Total 1.326 Pasien Meninggal Update Corona di Indonesia 22 Mei 2020

Nurofia Fauziah

800 Lebih Penonton Diminta Tes Swab Pertunjukan Teater di Jepang Jadi Klaster Baru Covid-19

Nurofia Fauziah

Polisi Sesalkan Masih Ada Pemudik yang ”Kucing-kucingan” dengan Petugas

Nurofia Fauziah

30.159 Spesimen Covid-19 Diperiksa Hari Ini Tembus Target Jokowi

Nurofia Fauziah

MUI DKI Jakarta Akui Salat Jumat Dua Gelombang Tidak Memungkinan di Indonesia

Nurofia Fauziah

Kurangnya Persiapan Dinilai sebagai Penyebab 3.300 Petugas Medis di Italia Tertular Virus Corona

Nurofia Fauziah

Yurianto Harap Tak Ada Lagi Penolakan Tegaskan Pemakaman Jenazah Corona Sesuai Protokol Medis

Nurofia Fauziah

682 Pasien Positif Covid-19 Dirawat di RS Wisma Atlet Update 26 Juni

Nurofia Fauziah

Belum Seminggu Terapkan Lockdown India Alami Kekacauan di Tengah Pandemi Corona

Nurofia Fauziah

PGRI Minta Guru Honorer juga Dibantu Dukung Dana POP buat Subsidi Kuota

Nurofia Fauziah

Leave a Comment