Otomotif

Ketahui Empat Penyebab Radiator Mobil Mengalami Kebocoran

Radiatoryang mengalami kebocoran merupakan salah satu penyebab terjadinyaoverheatpada mesin mobil. Karena airradiatorsebagai salah satu komponen penting dalam menyalurkan dan melepas hawa panas sudah hilang menetes sepanjang perjalanan. Ada beberapa hal yang menyebabkanradiatormobil mengalami kebocoran.

Setiap komponen pada mobil memang memiliki usia pemakaiannya masing masing, tak terkecualiradiator. "Biasanya untukradiatorcukup lama usianya. Jika dirawat dengan baik bisa sampai 10 tahunan. Namun, banyak juga yang menginjak usia 5 tahun mulai bermasalah," ungkap Bram, Service Advisor Nissan Halim, Jakarta Timur. Jika radiator sudah mengalami keretakan atau kebocoran, Ia menyarankan pemilik mobil untuk segera menggantinya.

Jika Anda menggunakan air biasa dan tak rajin memperhatikan kondisi air radiator, lama kelamaan akan muncul kotoran yang dapat menghalangi jalur distribusi air radiator. Saat sudah terhambat, akhirnya panas dari mesin tidak dapat disalurkan ke elemen pelepas panas radiator. “Sebaiknya radiator itu dicek kondisinya setiap 30.000 km atau 40.000 km, ini penting agar radiator tetap dalam kondisi prima dan maksimal kinerjanya,” jelas Wandi, Pemilik Wandi Radiator di daerah Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Agar radiator dapat menangkap udara segar, komponen ini diposisikan di depan mesin dengan kisi kisi atau grill yang terbuka. Namun, hal tersebut membuatradiatorberisiko terkena batuan kerikil atau hewan hewan yang terbang. Ketikaradiatorbertabrakan dengan benda benda tersebut, bukan tak mungkin kisi kisi atau dindingradiatorrusak sehingga menimbulkan kebocoran.

Fungsi dan letakradiatoryang berkutat dengan panas mesin membuat komponen pendukung lainnya juga dapat mengalami kegetasan. Sebut saja selangradiatoryang terbuat dari karet, sertatabung reservoiryang terbuat dari plastik. Tabung plastik yang terkena panas terus menerus akhirnya memicu keretakan dan membuat kebocoran pada sistemradiator.

Berita ini sudah tayang di gridoto berjudul

Berita Terkait

HMC 2019 Seri Makassar, Barometer Modifikasi Indonesia Timur

Nurofia Fauziah

4 Pelaku Usaha Angkutan Umum Sudah Komitmen Gunakan Kendaraan Listrik

Nurofia Fauziah

Tujuh Tips Mengikuti Lelang Kendaraan Buat Pemula

Nurofia Fauziah

Gigi Cucunya Juga Rontok Ditabrak Moge Harley Davidson B 4754 NFE Neneknya Tewas

Nurofia Fauziah

DFSK Rayakan Kemerdekaan RI Lewat Konvoi Bareng ke Sukabumi

Nurofia Fauziah

Menggunakan Tol Trans Jawa, Tak Melulu Soal Tarif Tapi Juga Nyawa

Nurofia Fauziah

Ratusan Mobil Antik Asal Perancis Berkumpul di Jakarta Bawa Misi Khusus

Nurofia Fauziah

Ini Daftar Mobil Bekas Paling Populer di 2019

Nurofia Fauziah

Avanza & Xenia Jadi Mobil Paling Dicari Jelang Nataru

Nurofia Fauziah

Strategi Cepat Ubah Konsumsi Mobil Berbahan Bakar Fosil menuju Listrik

Nurofia Fauziah

Juara Best of The Best Suryanation Motorland Battle 2019 Seri 5 Surabaya Lutfi Ardika

Nurofia Fauziah

Modal Jalani Hobi Mobil Remote Control, Beli Unitnya di Toko Online Rp 6 Jutaan

Nurofia Fauziah

Leave a Comment