Kesehatan

Kenali Penyakit Gagal Jantung yang Membunuh Aktor Taiwan Godfrey Gao Saat Syuting Reality Show

Aktor Taiwan Godfrey Gao meninggal dunia akibat mengalami gagal jantung pada saat proses pengambilan gambar program reality show televisi China "Chase Me". Ia ambruk saat melakoni adegan lari setelah dikabarkan bekerja secara terus menerus selama 17 jam sebelumnya. Gao gagal diselamatkan dan akhirnya meninggal dunia di usianya yang masih di angka 35 tahun pada 27 November 2019.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan gagal jantung? Mengapa ia bisa menimbulkan efek yang fatal berupa kematian? Mengutip dari laman American Heart Association, gagal jantung adalah sebuah kondisi yang kronis ketika otot jantung tidak mampu memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Secara sederhana dapat dipahami sebagai kegagalan jantung mengimbangi beban kerjanya.

Lalu apa yang terjadi pada jantung kita ketika mengalami kondisi ini? Satu hal yang pasti, jantung akan mencoba memperbaiki kegagalan tersebut. Cara memperbaikinya bisa dengan tiga cara: Pertama, jantung memperbesar ukurannya. Jantung meregangkan ukurannya agar dapat berkontraksi lebih kuat untuk memompa darah dan memenuhi kebutuhan tubuh.

Proses ini secara otomatis dapat turut memperbesar ukuran jantung. Kedua, meningkatkan massa otot.Peningkatan massa otot terjadi karena sel sel kontraksi jantung membesar. Ini yang membuat jantung memompa darah lebih kuat. Ketiga, memompa lebih kencang.Proses pompa yang lebih kencang ini membantu meningkatkan performa jantung.

Di sisi lain, tubuh juga mencoba mengimbangi upaya ini dengan mempersempit pembuluh darah untuk menjaga tekanan darah yang ada. Selain itu, tubuh juga mengalihkan darah dari jaringan dan organ yang kurang penting seperti ginjal, jantung dan otak. Proses proses ini dapat mengatasi masalah gagal jantung secara sementara, namun tidak dapat menyelesaikannya.

Namun, karena adanya kemampuan tubuh untuk secara mandiri memperbaiki kondisi gagal jantung ini, terkadang membuat si penderita tidak menyadari penyakit yang tengah dideritanya. Gagal jantung akan terus berlanjut dan semakin memburuk hingga proses pemulihan tubuh ini tidak lagi berfungsi. Jika sudah begitu, penderita akan mengalami kelelahan, masalah pernafasan, atau gejala lain yang membutuhkan bantuan tindakan medis.

Gagal jantung dapat terjadi pada sisi kiri, sisi kanan atau kedua sisi jantung. Namun kebanyakan jantung sisi kiri lah yang akan terserang lebih dahulu. Layaknya penyakit kanker yang memiliki stadium, gagal jantung juga memiliki tingkatannya masing masing.

Berdasarkan gejala yang ditemui pada penderita, maka gagal jantung terbagi menjadi 4 kelas. Kelas I, si penderita masih bisa berkegiatan seperti biasanya, tidak ada gangguan yang berarti. Kemudian kelas II aktivitas fisik ini sudah mulai terbatas, misalnya jantung berdebar, kelelahan.

Selanjutnya di kelas III penderita sudah mengalami keterbatasan aktivitas fisik yang lebih jauh, kegiatan yang sebelumnya tidak begitu melelahkan kali ini menjadi terasa begitu menguras tenaga. Terakhir, di kelas IV semua aktivitas fisik akan mengakibatkan rasa tidak nyaman. Istirahat maupun beraktivitas semua terasa tidak nyaman di tubuh.

Penulis : Luthfia Ayu Azanella

Berita Terkait

Depresi karena Ijazah Ditahan, Dokter Muda di Papua Meninggal Dunia, Jokowi Diminta Cabut Aturan Ini

Nurofia Fauziah

9 Makanan Ini Kaya dengan Vitamin C, dari Cabai hingga Jeruk

Nurofia Fauziah

Mencegah Pikun Saat Tua Bisa Dilakukan Sejak Masih Muda

Nurofia Fauziah

Minum Kopi hingga Cari Tempat Gelap & Sunyi 7 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Nurofia Fauziah

Pentingnya Pemenuhan Nutrisi Medis Khusus Cegah Malnutrisi Bagi Anak Berpenyakit Langka

Nurofia Fauziah

Begini Caranya Bawang Putih Ternyata Ampuh buat Menurunkan Kolesterol hingga Tekanan Darah

Nurofia Fauziah

Ini 5 Manfaat Rebung Tunas Pohon Bambu yang Bisa Turunkan Berat Badan Jarang Dikonsumsi

Nurofia Fauziah

5 Cara Menjaga Kelembaban Kulit di Cuaca Dingin, Jangan Mandi dengan Air Panas dan Gunakan Pelembab

Nurofia Fauziah

Makanan Terbaik untuk Hindari Sakit Kepala Saat Ibadah Puasa

Nurofia Fauziah

Kalau Tak Mampu Jangan Dipaksa Soal Peserta BPJS Turun Kelas Menkes Terawan

Nurofia Fauziah

7 Alasan Mengapa Mendengarkan Lagu Sedih saat Galau Bisa Membuat Perasaanmu jadi Lebih Baik

Nurofia Fauziah

Mana Lebih Baik, Sikat Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan?

Nurofia Fauziah

Leave a Comment