Bisnis

Kemenhub Tegasman Komitmen Tingkatkan Keamanan Labuan Bajo Jadi Bali Baru

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) menegaskan komitmennya untuk meningkatkan pengamanan terhadap aktivitas pelayaran di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Direktur KPLP Kemenhub Ahmad mengatakan Labuan Bajo merupakan satu destinasi wisata yang disasar pemerintah sebagai bagian dari '5 Bali Baru'. Sehingga pihaknya menyatakan kesiapan untuk mendukung penuh peningkatan keamanan pelayaran di kawasan itu.

"Kita siap mendukung Bali baru tersebut, salah satu contohnya adalah Labuan Bajo, itu fenomenal," ujar Ahmad, di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019). Ia akan melakukan serangkaian tahapan dalam mendukung persiapan Labuan Bajo. Hal pertama yang akan dilakukan KPLP adalah mengevaluasi kapal patroli untuk peningkatan layanan keamanan.

"Kita dari Direktorat KPLP untuk Labuan Bajo yang akan kita dukung itu pertama adalah dari sisi kapal patroli yang juga akan kita evaluasi," jelas Ahmad. Ia mengaku akan mengirim tim untuk melakukan pengecekan, termasuk dengan melakukan penambahan kapal patroli. "Kita akan kirim tim untuk melihat kapal patroli, khususnya akan kita tambahkan kapal patroli untuk Labuan Bajo tahun 2020," kata Ahmad.

Tidak hanya melakukan evaluasi terhadap kapal patroli saja, KPLP juga akan mengevaluasi aspek kemampuan pengawakannya. "Selain dari kapalnya, juga dari sisi pengawakan. Pengawakan akan kita lihat dari sisi kemampuannya terutama masalah kesejahteraannya," papar Ahmad. Kemudian hal lainnya yang juga menjadi perhatian Direktorat KPLP adalah terkait kampanye keselamatan.

Ahmad menjelaskan bahwa kampanye ini memang telah dimulai dan akan tetap dilanjutkan pada 2020 mendatang. Pihaknya memastikan akan kembali menggelar kampanye tersebut, berupa pembagian jaket keselamatan (life jacket) dan sertifikat untuk kapal kapal. "Dari sisi kampanye keselamatan sudah kita mulai kemarin di Labuan Bajo, nah ini 2020 tetap akan kita selenggarakan kampanye keselamatan ke masyarakat, bagi bagi life jacket dan sertifikat sertifikat untuk kapal kapal," pungkas Ahmad.

Evaluasi keamanan kapal juga akan dilakukan untuk mengetahui sisi rawan kecelakaan dan rawan keamanan di daerah sekitar Labuan Bajo.

Berita Terkait

Berikut Alasannya 24 April 2020 Rupiah Kembali Melemah menuju Rp 15.505 per Dolar AS Jumat

Nurofia Fauziah

BGR Logistics Jalin Kerjasama Strategis dengan PTP

Nurofia Fauziah

Simak Rinciannya Harga Emas Antam Selasa 19 Mei 2020 Capai Rp 924.000 per Gramnya Turun Rp 10.000

Nurofia Fauziah

Pemerintah Perlu Siapkan Stimulus Perekonomian CSIS

Nurofia Fauziah

Tiketnya Hilang di Marketplace Traveloka, AirAsia Disarankan Lapor ke KPPU

Nurofia Fauziah

Wabah Virus Corona Bisa Membuat ASDP Merugi Hingga Rp 478 Miliar

Nurofia Fauziah

Rangsang Minat Beli Konsumen, Aqua Japan Gelar Event Mall to Mall

Nurofia Fauziah

Prupay Link Jadi Inovasi Digital Permudah Nasabah Bayar Premi

Nurofia Fauziah

Penuhi Kebutuhan Pasar Asia Tenggara untuk Bangunan Baja Prefab, Nova Buildings Buka di Vietnam

Nurofia Fauziah

Ahok Temui Mensos Jelang Pembatasan Elpiji 3 Kg

Nurofia Fauziah

Terapkan Bagasi Gratis, Penumpang Pelni Naik 28 Persen

Nurofia Fauziah

Tahun Ini Ditargetkan Tinggal 80 Perusahaan Jumlah BUMN Dipangkas Jadi 107

Nurofia Fauziah

Leave a Comment