Bisnis

Kebutuhan Pasokan Ikan Segar Tidak Pernah Berhenti Restoran Banyak Tutup

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan, sektor perikanan masih tetap diminati pasar dalam kondisi pandemi Covid 19. "Sebagai bukti, restoran mungkin tutup, cafe tutup, hotel juga demikian. Tetapi orang orang yang akan makan ikan tidak akan pernah berhenti. Artinya kebutuhan terhadap ikan di dunia tidak akan pernah turun," di acara wisuda nasional satuan pendidikan menengah lingkup KKP di Jakarta, Senin (15/6/2020). Menteri KKP menyatakan, sektor perikanan sudah semestinya yakin dapat memenangkan pertarungan menghadapi Covid 19.

KKP sebelumnya memaparkan sejumlah langkah antisipatif untuk penanganan dampak Covid 19 kepada Komisi IV DPR. Di antaranya mendata estimasi produksi perikanan tangkap dan perikanan budidaya selama April Juni 2020. Menteri Edhy mengatakan KKP juga mendata semua infrastruktur rantai dingin (cold storage) yang tersebar di Indonesia. "Jalan keluar terhadap akses pemasaran lainnya melalui penyiapan sarana media penjualan ikan secara online," kata Edhy.

Menteri Edhy juga mengusulkan sejumlah paket stimulus ekonomi seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) agar memasukkan produk pangan ikan segar dan produk olahan ikan sebagai bahan pokok penting yang dapat diakses masyarakat penerima melalui e waroeng. Dia juga meminta gubernur, bupati, walikota memasukkan produk produk perikanan ke program program perlindungan sosial ke masyarakat di APBD. "Kami berharap nelayan, pembudidaya, pengolah, pemasar dan petambak garam yang masuk dalam kriteria masyarakat miskin dan pelaku UMK dan KUBE (Kelompok Usaha Bersama) bidang kelautan dan perikanan dapat menjadi keluarga penerima manfaat dari PKH dan BPNT," sambungnya.

Ia mengusulkan pemerintah maupun BUMN melakukan pembelian ikan hasil tangkapan nelayan dan pembudidaya serta produk prduk UKM yang tidak terserap pasar agar bisa membantu keberlanjutan usaha di masa pandemi Covid 19. Pihaknya terbuka untuk meningkatkan dana penanganan dampak Covid 19 dan meminta waktu untuk kembali menyisir pagu anggaran KKP 2020.

Berita Terkait

Akses www.pln.co.id atau WhatsApp 08122-123-123 buat Dapat Listrik Gratis dari PLN Agustus 2020

Nurofia Fauziah

Memindahkan Ibu Kota Ditambah dengan Penerapan Teknologi Makin Bebani APBN Ekonom

Nurofia Fauziah

Jokowi Sebut Transformasi Ekonomi buat Selesaikan Defisit Transaksi Berjalan

Nurofia Fauziah

Pemerintah Tambah Surat Utang Berdenominasi Dolar As Dan Euro Tambal Defisit

Nurofia Fauziah

Kagama Inkubasi Bisnis Seri VII Bahas Seputar ‘Brand Vital Sign’

Nurofia Fauziah

TelkomGroup Usung Solusi DIGIClinic Tantangan Integrasi Sistem Fasilitas Kesehatan Secara Digital

Nurofia Fauziah

Pertamina Dorong Pengembangan Bahan Bakar Nabati

Nurofia Fauziah

Pendapat Rektor UI tentang Daya Beli BBM yang Turun

Nurofia Fauziah

Garuda Indonesia Serahkan Dana Csr Untuk Yayasan Metta Mamma Dan Maggha Foundation

Nurofia Fauziah

Prupay Link Jadi Inovasi Digital Permudah Nasabah Bayar Premi

Nurofia Fauziah

Wabah Virus Corona Bisa Membuat ASDP Merugi Hingga Rp 478 Miliar

Nurofia Fauziah

Investasi Kapal Kargo Anyar, PSS Kejar Peluang Logistik

Nurofia Fauziah

Leave a Comment