Nasional

Kasum TNI Jelaskan Pembagian Tugas Empat Regu Paspampres Kunjungan Wapres menuju Mako Paspampres

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto diwakili Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto menyambut kedatangan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin beserta istri saat kunjungan kerja ke Mako Paspampres, Jakarta Pusat pada Jumat (1/11/2019). Kunjungan Maruf ke Markas Komando Pasukan Pengamanan Presiden adalah dalam rangka melihat demo ketangkasan personel Paspampres dari tiga matra (TNI AD, TNI AL, TNI AU) dan pameran statik alat utama serta persenjataan yang dimiliki Pasukan Pengamanan Presiden. Mengawali sambutannya, Joni menyampaikan ucapan selamat datang dan mengucapkan terima kasih atas kesediaan Wapres RI beserta keluarga berkunjung ke Mako Paspampres.

"Paspampres adalah satuan pelaksana di lingkungan TNI, dimana pembinaan dan penggunaan kekuatannya berada langsung di bawah Panglima TNI," kata Joni dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Jumat (1/11/2019). Joni menyampaikan bahwa Paspampres mempunyai tugas pokok melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat dan dimanapun berada kepada Presiden RI, Wakil Presiden RI dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara/Pemerintahan beserta keluarganya. Joni menyampaikan bahwa Paspampres juga melakukan tugas protokoler khusus pada upacara upacara kenegaraan yang dilakukan baik di lingkungan Istana Keperesidenan maupun di luar lingkungan Istanan Kepresidenan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Dalam kesempatan itu, Joni juga menjelaskan pembagian tugas empat regu Paspampres. Ia menjelaskan bahwa Grup A melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Presiden RI beserta keluarga. Grup B melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Wakil Presiden RI beserta keluarganya.

Grup C melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Tamu Negara setingkat Kepala Negara/Pemerintahan. Grup D melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap mantan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya. "Seluruh personel adalah prajurit prajurit TNI AD, AL dan AU terbaik dari seluruh penjuru Indonesia dan terpilih dari segi fisik, mental, intelijensi, postur dan kriteria penting lainnya guna mendukung tugas pokok Paspampres," kata Joni.

Dalam kesempatan itu Joni didampingi Irjen TNI Letjen TNI M Herindra Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Anjar Wiratma, dan Danpaspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Berita Terkait

Singgung Nama Karni Ilyas Rocky Gerung Ungkap Jawaban Mengapa Tidak Pernah Muncul Lagi di ILC

Nurofia Fauziah

22 Wilayah Waspada Hujan Disertai Angin Kencang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG 23 Juli 2020

Nurofia Fauziah

Ini Kata dr Risky Akaputra Alasan Tenaga Medis Tetap Tertular Covid-19 meski Pakai APD Lengkap

Nurofia Fauziah

Siapkan & Lengkapi ketentuan Ini Agar Rencana Naik Pesawat Tak Ditolak Petugas

Nurofia Fauziah

PGRI Minta Dana Program Organisasi Penggerak Dialihkan buat Bantu Siswa Belajar Jarak Jauh

Nurofia Fauziah

Effendi Simbolon dan 200 Caleg Didoakan Ribuan Umat HKBP Jelang Pencoblosan

Nurofia Fauziah

Jemput Paksa Jenazah dari ICU Bawa Senjata Tajam Keluarga Pasien Covid-19 Ngamuk di Rumah Sakit

Nurofia Fauziah

Wilayah Jabodetabek Hujan Lebat hingga Angin BMKG Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Senin 8 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Itu Yang Terdaftar di Pemerintahan Kota Menteri Tito Soal Parkir Dikuasai Ormas

Nurofia Fauziah

Wujudkan Spirit BUMN buat Indonesia Pegadaian Kenalkan Budaya AKHLAK

Nurofia Fauziah

Tanggapi Beda Anies Baswedan & Ahok Susun Anggaran Najwa Shihab Apakah Itu Tanda Kemunduran

Nurofia Fauziah

Hingga Superindo Alfamart PROMO JSM! 24 26 Januari 2020 Di Berbagai Minimarket Indonesia Indomaret

Nurofia Fauziah

Leave a Comment