Nasional

Kasum TNI Jelaskan Pembagian Tugas Empat Regu Paspampres Kunjungan Wapres menuju Mako Paspampres

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto diwakili Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto menyambut kedatangan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin beserta istri saat kunjungan kerja ke Mako Paspampres, Jakarta Pusat pada Jumat (1/11/2019). Kunjungan Maruf ke Markas Komando Pasukan Pengamanan Presiden adalah dalam rangka melihat demo ketangkasan personel Paspampres dari tiga matra (TNI AD, TNI AL, TNI AU) dan pameran statik alat utama serta persenjataan yang dimiliki Pasukan Pengamanan Presiden. Mengawali sambutannya, Joni menyampaikan ucapan selamat datang dan mengucapkan terima kasih atas kesediaan Wapres RI beserta keluarga berkunjung ke Mako Paspampres.

"Paspampres adalah satuan pelaksana di lingkungan TNI, dimana pembinaan dan penggunaan kekuatannya berada langsung di bawah Panglima TNI," kata Joni dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Jumat (1/11/2019). Joni menyampaikan bahwa Paspampres mempunyai tugas pokok melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat dan dimanapun berada kepada Presiden RI, Wakil Presiden RI dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara/Pemerintahan beserta keluarganya. Joni menyampaikan bahwa Paspampres juga melakukan tugas protokoler khusus pada upacara upacara kenegaraan yang dilakukan baik di lingkungan Istana Keperesidenan maupun di luar lingkungan Istanan Kepresidenan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Dalam kesempatan itu, Joni juga menjelaskan pembagian tugas empat regu Paspampres. Ia menjelaskan bahwa Grup A melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Presiden RI beserta keluarga. Grup B melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Wakil Presiden RI beserta keluarganya.

Grup C melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Tamu Negara setingkat Kepala Negara/Pemerintahan. Grup D melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap mantan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya. "Seluruh personel adalah prajurit prajurit TNI AD, AL dan AU terbaik dari seluruh penjuru Indonesia dan terpilih dari segi fisik, mental, intelijensi, postur dan kriteria penting lainnya guna mendukung tugas pokok Paspampres," kata Joni.

Dalam kesempatan itu Joni didampingi Irjen TNI Letjen TNI M Herindra Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Anjar Wiratma, dan Danpaspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Berita Terkait

BIN Tidak Lagi di Bawah Koordinasi Kemenko Polhukam Sejak 3 Juli 2020

Nurofia Fauziah

Ibunda Sakit, SBY dan Keluarga Bergantian Menjaga

Nurofia Fauziah

Sikap PAN menuju Pemerintah Sebagai Mitra Kritis Silahturahmi Virtual dengan Pengurus Daerah Zulkifli

Nurofia Fauziah

Proses Hukum KPK Penting buat Seleksi Jaksa-jaksa ‘Nakal’

Nurofia Fauziah

Wujudkan Spirit BUMN buat Indonesia Pegadaian Kenalkan Budaya AKHLAK

Nurofia Fauziah

Murni Politik Soal Diskusi ‘Pemecatan Presiden’ Refly Harun Ungkit Turunnya Soekarno & Gus Dur

Nurofia Fauziah

Vox Point Indonesia Soroti Data Penerima Bansos Diskusi Virtual

Nurofia Fauziah

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 15 Desember 2019 Hujan Lebat Disertai Petir di Sejumlah Wilayah BMKG

Nurofia Fauziah

Evi Novida Siap Bekerja Selenggarakan Pilkada Minta Status Keanggotaan Dipulihkan

Nurofia Fauziah

Ungkap Aduan Ibu Tiri menuju Ibu Kandung Tetangga Bersyukur Anaknya Tak Main Saat Siswi SMP Bunuh Bocah

Nurofia Fauziah

Penyakit Jantung & Operasi Caesar Paling Menyerap Anggaran BPJS Kesehatan Menunggak Terus DPR

Nurofia Fauziah

Ini Alasannya RS Darurat Virus Corona Wisma Atlet Kemayoran Tidak Terima Pasien Anak

Nurofia Fauziah

Leave a Comment