Pendidikan

Kapan Puasa Syawal 6 Hari Dilaksanakan? Ini Penjelasan, Bacaan Niat dan Tata Caranya, Terbaru 2019

Marhaban ya Syawal, selamat datang bulan Syawal 1440 H. Inilah penjelasan mengenai kapan dilaksanakannya puasa Syawal 2019, lengkap dengan doa serta tata caranya. Bulan Ramadhan 1440 H / 2019 sudah berakhir, hari ini umat muslim merayakan hari kemenangan, Rabu (5/6/2019). Berakhirnya bulan Ramadhan, itu berarti kita memasuki bulan Syawal.

Di bulan Syawal ini terdapat beberapa amalan yang dianjurkan, seperti puasa sunah di bulan Syawal selama enam hari. Hukum puasa Syawal yakni sunnah muakkadah, artinya puasa sunah yang sangat dianjurkan. Hal tersebut berdasarkan sabda Rasululullah, “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa setahun” (HR. Muslim).

Dalam riwayat tersebut dijelaskan bahwa menyelesaikan puasa Ramadhan dan dilanjutkan berpuasa sunah di bulan Syawal selama enam hari maka yang melakukan seperti berpuasa selama setahun. Saat Idul Fitri, diharamkan untuk berpuasa, sehingga dapat dilaksanakan setelah hari kemenangan. Perlu diketahui, tanggal 1 bulan Syawal dimulai pada 6 Juni 2019 hingga 3 Juli 2019.

Masih dikutip dari sumber yang sama, Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menjelaskan bahwa menurut pendapat Imam Ahmad, puasa Syawal boleh dilakukan secara berurutan, boleh pula tidak berurutan. Dan tidaklah yang berurutan lebih utama daripada yang tidak berurutan. Sedangkan menurut madzhab Syafi’i dan Hanafi, puasa Syawal lebih utama dilaksanakan secara berurutan sejak tanggal 2 Syawal hingga 7 Syawal.

Berdasarkan pendapat lain, yakni Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu mengatakan, puasa enam hari di bulan Syawal boleh dikerjakan secara terpisah pisah atau tidak berurutan, tapi lebih afdal berurutan dan langsung setelah hari raya (dikerjakan tanggal 2 – 7 Syawal). Jadi, tidak ada madzhab yang tidak memperbolehkan puasa ini di hari lain selain tanggal 2 sampai 7, yang penting masih berada di bulan Syawal. Namun, hendaknya tidak berpuasa khusus di hari Jum’at tanpa mengiringinya dengan puasa di hari Kamis atau Sabtu karena adanya larangan Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah.

Para ulama menjelaskan bahwa larangan itu menegaskan makruhnya puasa di hari Jum’at tanpa mengiringinya dengan puasa di hari Kamis atau Sabtu. Dalam melaksanakan puasa Syawal, hendaknya didahului dengan niat terlebih dahulu. Niat puasa Syawal boleh dilafalkan di malam hari.

Namun boleh juga dilafalkan saat makan sahur, bahkan ketika pagi, karena merupakan puasa sunah. نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ سِتَّةٍ مِنْ شَوَّالٍ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَي (Nawaitu shouma ghodin ‘an sittatin min syawwaalinn sunnatan lillaahi ta’aalaa)

Artinya: Aku berniat puasa besok dari enam hari Syawal, sunnah karena Allah Ta’ala. Tata Cara puasa Syawal sama dengan tata cara puasa lainnya secara umum. Jangan lupa berpuasa Syawal didasari dengan niat telebih dahulu.

Disunnahkan makan sahur sebelum terbit fajar. Namun tidak makan sahur pun (misalnya terlambat bangun) tidak apa apa, dalam artian puasa tetap sah. Saat berpuasa, hendaknya senantiasa untuk menahan diri dari makan, minum serta hal lain yang dapat membatalkan puasa, sejak terbit fajar hingga tenggelamnya matahari, atau waktu Maghrib.

Disunnahkan menyegerakan berbuka puasa ketika matahari terbenam, yakni bersamaan dengan masuknya waktu Maghrib.

Berita Terkait

Terobosan Belajar Bahasa Inggris Secara Online & Metode Kampung Inggris

Nurofia Fauziah

Ibunda Terpukul Pernah Tak Naik Kelas & Dibilang Tak Punya Masa Depan Kisah Pilu Ciputra Kecil

Nurofia Fauziah

Ada Dokumenter Chasing Coral 8 Agustus 2020 Link Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah Sabtu

Nurofia Fauziah

Lembaga Sempoa Unggulan Sempoa SIP Gelar Uji Penyetaraan Internasional

Nurofia Fauziah

Syarat Wajib SBMPTN 2019, Pendaftaran UTBK Dibuka Besok 1 Maret 2019, Simak Jadwal dan Tahapannya

Nurofia Fauziah

Pendaftaran 1 Instansi Sekdin 2019 Diperpanjang, Ada Petunjuk Khusus Pelamar STAN dan STIS

Nurofia Fauziah

Zubaidi Dorong Pemanfaatan Dana BOS buat Guru Non ASN Maksimal

Nurofia Fauziah

Komitmen UNTAR Membangun Pendidikan Indonesia

Nurofia Fauziah

BNI & BTN SImak Cara Bayar via Bank Mandiri Pendaftaran UTBK SBMPTN Dibuka Hari Ini

Nurofia Fauziah

SPCI Kembali Kirim Satu Siswa dari Papua Studi menuju Luar Negeri

Nurofia Fauziah

Kepala Sekolah Siap Optimalkan Kebijakan Pengelolaan Dana BOS 2020

Nurofia Fauziah

Cara Pendaftaran SBMPTN 2019 di sbmptn.ltmpt.ac.id Lengkap dengan Cetak Kartu Peserta yang Benar

Nurofia Fauziah

Leave a Comment