Metropolitan

Kali Sunter Berubah Jadi Warna Biru Pekat, Pemprov DKI Cari Pelakunya

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta sedang menyelidiki asal cairan limbah yang membuat Kali Sunter di Kelurahan Pondok Bambu berwarna biru pekat pada Kamis (2/5/2019) lalu selama berjam jam. Bila nanti terungkap, Kasi Penanganan Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Rusliyanto mengatakan pihak yang mencemari lingkungan dapat diproses secara pidana. "Pidananya sesuai dengan UU 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup bisa hukuman satu sampai tiga tahun dan denda Rp 1 sampai Rp 3 miliar," kata Rusliyanto di Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/5/2019).

Tapi hukuman tersebut tak seketika menjerat pelaku pencemaran lantaran lebih dulu diberikan sanksi administratif, di antaranya teguran dan pencabutan izin usaha. Rusliyanto menjelaskan ada perbedaan proses hukum dalam kasus pencemaran lingkungan hidup sehingga alur pelaku diproses tak sama dengan hukum pidana lainnya. "Sanksi ada di Permen LH Nomor 2 tahun 2013 tentang Pengenaan Sanksi Administrasi. Pasal pidananya ada, tapi semua harus dilalui PP 101 tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah B3, jadi harus melalui sanksi dulu, enggak bisa langsung pidana," ujarnya.

Perihal pencemaran Kali Sunter di wilayah Kelurahan Pondok Bambu yang diduga berlangsung sejak tahun 2014, Rusliyanto tak membantah atau membenarkan hal tersebut. Namun dia menampik jika Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI tak melakukan tugasnya sebagai pengawas sehingga terjadi pencemaran. Menurutnya jajaran Dinas Lingkungan Hidup yang tersebar di seluruh tingkat kecamatan sudah berupaya memastikan tak ada industri yang membuang limbah sembarangan.

"DKI ini kan banyak, kurang lebih sekitar 2 ribu kegiatan usaha yang memiliki dokumen lingkungan. Artinya memiliki izin menangani limbah. Di luar itu memang masih ada skala kecil yang tetap kita awasi," tuturnya. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, Rusliyanto menduga cairan biru berbau tiner yang membuat air Kali Sunter berubah jadi biru pekat itu merupakan cat. Dalam waktu dekat, Dinas Lingkungan Hidup dan Sudin SDA Jakarta Timur bakal berkoordinasi guna memastikan dari industri mana limbah cair tersebut mengalir.

"Kita akan identifikasi dari mana asal kegiatan itu. Kita belum bisa memastikan dari kegiatan mana, harus ada pembuktian," lanjut Rusliyanto.

Berita Terkait

Pemilik Toko yang Viral Karena Tolak Pembeli yang hendak Borong Dagangannya kisah Susanna

Nurofia Fauziah

Sosok yang Laporkan Ade Armando karena Unggah Meme Anies Baswedan Berwajah Joker Siapa Fahira Idris

Nurofia Fauziah

Kuli Bangunan Kaget Didatangi Petugas Pajak Diminta Bayar 200 Juta! Rumahnya Berdinding Triplek

Nurofia Fauziah

Korsleting Listrik Penyebab Kebakaran Satu Rumah Tingkat Dua di Jalan Utan Kayu

Nurofia Fauziah

Layanan MRT Jakarta Digratiskan Karena Tapping dan Pembelian Tiket Lama

Nurofia Fauziah

Pakai Rompi Oranye hingga Membersihkan Kuburan Satpol PP Siapkan Sanksi Pelanggar PSBB

Nurofia Fauziah

Jika Kadernya Tak Taat Instruksi Silakan Pergi Keluar dari Partai Rakernas PDIP Megawati

Nurofia Fauziah

Eggi Sudjana Dirawat di RS Cibinong Alami Kecelakaan Tunggal di Cibinong

Nurofia Fauziah

Hampir Semua Kecamatan Persebaran Corona di Jakarta Anies Baswedan

Nurofia Fauziah

Dipaksa Tengkurap 4 Jam & Ditodong Gunting kisah Wanita Korban Perampokan di Angkot

Nurofia Fauziah

Saya Khilaf Bekas Pegawai Starbucks yang Lakukan Pelecehan via CCTV Akhirnya Mengaku Menyesal

Nurofia Fauziah

Bocah 10 Tahun di Tangerang Selatan Tewas Terbakar di Rumahnya Dipasung Sang Ayah

Nurofia Fauziah

Leave a Comment