Metropolitan

Kali Sunter Berubah Jadi Warna Biru Pekat, Pemprov DKI Cari Pelakunya

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta sedang menyelidiki asal cairan limbah yang membuat Kali Sunter di Kelurahan Pondok Bambu berwarna biru pekat pada Kamis (2/5/2019) lalu selama berjam jam. Bila nanti terungkap, Kasi Penanganan Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Rusliyanto mengatakan pihak yang mencemari lingkungan dapat diproses secara pidana. "Pidananya sesuai dengan UU 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup bisa hukuman satu sampai tiga tahun dan denda Rp 1 sampai Rp 3 miliar," kata Rusliyanto di Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/5/2019).

Tapi hukuman tersebut tak seketika menjerat pelaku pencemaran lantaran lebih dulu diberikan sanksi administratif, di antaranya teguran dan pencabutan izin usaha. Rusliyanto menjelaskan ada perbedaan proses hukum dalam kasus pencemaran lingkungan hidup sehingga alur pelaku diproses tak sama dengan hukum pidana lainnya. "Sanksi ada di Permen LH Nomor 2 tahun 2013 tentang Pengenaan Sanksi Administrasi. Pasal pidananya ada, tapi semua harus dilalui PP 101 tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah B3, jadi harus melalui sanksi dulu, enggak bisa langsung pidana," ujarnya.

Perihal pencemaran Kali Sunter di wilayah Kelurahan Pondok Bambu yang diduga berlangsung sejak tahun 2014, Rusliyanto tak membantah atau membenarkan hal tersebut. Namun dia menampik jika Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI tak melakukan tugasnya sebagai pengawas sehingga terjadi pencemaran. Menurutnya jajaran Dinas Lingkungan Hidup yang tersebar di seluruh tingkat kecamatan sudah berupaya memastikan tak ada industri yang membuang limbah sembarangan.

"DKI ini kan banyak, kurang lebih sekitar 2 ribu kegiatan usaha yang memiliki dokumen lingkungan. Artinya memiliki izin menangani limbah. Di luar itu memang masih ada skala kecil yang tetap kita awasi," tuturnya. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, Rusliyanto menduga cairan biru berbau tiner yang membuat air Kali Sunter berubah jadi biru pekat itu merupakan cat. Dalam waktu dekat, Dinas Lingkungan Hidup dan Sudin SDA Jakarta Timur bakal berkoordinasi guna memastikan dari industri mana limbah cair tersebut mengalir.

"Kita akan identifikasi dari mana asal kegiatan itu. Kita belum bisa memastikan dari kegiatan mana, harus ada pembuktian," lanjut Rusliyanto.

Berita Terkait

TMP RMP Buka Posko Banjir Hingga Seminggu Menuju Depan

Nurofia Fauziah

Bintang Iklan Trader Saham di YouTube Ngaku Bernama Budi Setiawan Jadi Viral Inikah Sosok Aslinya

Nurofia Fauziah

Rizal Mallarangeng Minta Anggota DPRD DKI dari Golkar Perjuangkan Kepentingan Rakyat

Nurofia Fauziah

Hotman Paris Minta DPR Revisi Aturan soal Sistem Peradilan di KPPU

Nurofia Fauziah

Penjual Nasi Pecel di Probolinggo Sumbangkan Celengan Umrah buat Korban Corona Kisah Sunarsih

Nurofia Fauziah

Menyesatkan Soal Anggaran Komputer DKI Jakarta Rp 128 Miliar Cinta Mega Sayangkan Tagline Anthony

Nurofia Fauziah

Pelaku Pembunuh Sopir Taksi Online di Bogor Dikenal Pemuda yang Kecanduan Game Online

Nurofia Fauziah

Hampir Semua Kecamatan Persebaran Corona di Jakarta Anies Baswedan

Nurofia Fauziah

Ada Sri Mulyani Deretan Menteri ‘Wajah Lama’ Diprediksi Masuk Kabinet Kerja Jilid II

Nurofia Fauziah

Terancam Hukuman Mati Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana John Kei Kembali Ditangkap Polisi

Nurofia Fauziah

3 Jam Ade Armando Diperiksa & Dicecar 16 Pertanyaan Terkait Meme Joker Anies Baswedan

Nurofia Fauziah

Terungkap Ini Alasannya Keluarga Pembawa Jenazah PDP Keluar dari RS Mekar Sari Minta Maaf

Nurofia Fauziah

Leave a Comment