Nasional

Jokowi Mengaku 4,5 Tahun Dituduh PKI Tapi Diam Saja Karena Tak Mau Ikut Ikutan Menghujat

Calon presiden Joko Widodo meyakini bahwa rivalnya, capres Prabowo Subianto adalah seorang yang Pancasilais, nasionalis, dan patriot. Hal itu disampaikan Jokowi dalam debat keempat Pilpres di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019) malam. Saat itu, Jokowi menjawab pernyataan Prabowo Subianto bahwa dirinya Pancasilais, nasionalis, dan patriot.

"Saya juga percaya kok Pak Prabowo itu Pancasilais. Saya juga percaya Pak Prabowo itu nasionalis, saya percaya. Saya juga percaya Pak Prabowo tuh patriot," kata Jokowi. Namun, kata Jokowi, dirinya juga banyak menerima tuduhan selama 4,5 tahun terakhir. "Saya kan juga banyak dituduh, pak," kata Jokowi. Ia memberi contoh tuduhan dirinya terkait Partai Komunis Indonesia (PKI). "Ada menuduh seperti itu. Saya juga biasa biasa saja, enggak pernah saya jawab," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, yang terpenting adalah semua pihak bersama sama membumikan Pancasila. Sebagai pemimpin, kata dia, harus memberikan contoh yang baik. Tidak saling menghujat dan menghina. "Sehingga dalam kehidupan sehari hari kita ini pemimpin pemimpin bisa memberikan contoh contoh yang baik," kata Jokowi.

"Itu sekarang ini kita lihat. Saya ngomong apa adanya, di politikus politikus kita kenapa tidak memberikan contoh contoh yang baik," tambah dia. "Bagaimana sopan santun, tata krama, saling bertoleransi, saling berkawan, saling bersahabat. Kenapa tidak seperti itu yang kita lakukan sehingga contoh pada anak anak muda bisa kita berikan dengan bai," pungkas Jokowi. Prabowo Subianto sebelumnya menjawab tuduhan dirinya yang dianggap membela kelompok khilafah dan akan mengubah Pancasila jika terpilih dalam Pilpres 2019.

Prabowo awalnya meyakini bahwa Jokowi adalah seorang yang berpegang pada Pancasila, patriot, dan nasionalis. Namun, kata Prabowo, ada pendukung Jokowi yang melontarkan tuduhan bahwa dirinya membela khilafah hingga bakal melarang tahlilan. "Ini sesuatu yang sangat tidak masuk akal," kata Prabowo Subianto.

Ia menyebut dirinya lahir dari seorang ibu yang beragama Nasrani. Sejak muda, ia mengaku sudah mempertaruhkan diri untuk membela Pancasila dan negara. "Bagaimana saya dituduh akan mengubah Pancasila. Sungguh kejam itu. Tapi saya percaya Pak Jokowi tidak merestui itu," kata Prabowo.

Berita Terkait

Ketua PP Bamusi Apresiasi Pemerintah Tolak ISIS Eks WNI Kembali menuju Indonesia

Nurofia Fauziah

Singgung Wartawan sambil Lihat Sekitarnya Prabowo Subianto Sampaikan Kelemahan Pertahanan Indonesia

Nurofia Fauziah

Tayang di Bioskop Spesial TransTV Pukul 19.00 WIB Aksi Paul Walker dalam Film Running Scared

Nurofia Fauziah

Tertular dari Warga Jepang hingga Kondisi Terkini Fakta-fakta Dua WNI yang Terjangkit Virus Corona

Nurofia Fauziah

3 Triliun Jokowi Anggarkan TKDD 2021 Sebesar Rp 796

Nurofia Fauziah

Kami Terbuka kepada Semua Akhirnya Menteri Agama Fachrul Razi Dukung FPI setelah Tulis Surat Setia

Nurofia Fauziah

Kata Fahri Hamzah Soal Virus Corona yang Mengubah Kebiasaan Masyarakat

Nurofia Fauziah

Rebutan Senjata Contohkan Kengerian yang Terjadi karena Lockdown Mahfud MD

Nurofia Fauziah

Akademisi IPB Apresiasi Menteri Pertanian Benahi Data Pangan

Nurofia Fauziah

Tanggapi Beda Anies Baswedan & Ahok Susun Anggaran Najwa Shihab Apakah Itu Tanda Kemunduran

Nurofia Fauziah

Yunarto Wijaya Analisa Sosok Sandiaga & AHY Maju Pilpres 2024 Siapa yang Paling Berpeluang Menang

Nurofia Fauziah

Klapertart Berikut Bahan & Cara Masaknya Mudah & Enak Resep Menu Buka Puasa

Nurofia Fauziah

Leave a Comment