Nasional

Jokowi Ajak Resapi Makna Ibadah Puasa Masyarakat Jalani Ramadan saat Pandemi Corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat Indonesia menyambut Ramadhan 2020 dengan rasa syukur. Mengingat, bangsa Indonesia saat ini masih menghadapi pandemi virus corona. Masyarakat terpaksa harus menjalankan ibadah dengan suasana yang berbeda, karena dilakukan di rumah.

"Saya mengajak kita semua menyambut Ramadhan dengan penuh rasa syukur, walaupun kita sedang menghadapi tantangan yang tidak ringan," ujar Jokowi, dikutip dari YouTube , Kamis (23/4/2020). "Adanya wabah Covid 19 yang sedang melanda seluruh dunia yang memaksa kita menjalankan ibadah puasa tahun ini dengan suasana sangat berbeda," ungkapnya. Ia menyebut, suasana yang berbeda ini membuat kita bisa memaknai ibadah puasa Ramadhan yang dijalankan.

"Tidak ada kesemarakan di jalan, ruang masjid pun berada dalam keheningan." "Suasana baru akan kita rasakan, meresapi makna sejati ibadah puasa yang kita jalankan. Puasa ibadah pribadi tanpa perlu saksi," terang presiden. Jokowi pun mengajak masyarakat untuk menjaga diri sendiri dan anggota keluarga, dari penyebaran virus corona saat bulan Ramadhan.

"Jadikan puasa momen memperkuat diri, menjaga semua orang yang kita cintai, saatnya kita berdisiplin diri." "Mari kita sambut Ramadhan yang barokah sebagai momen untuk memutus rantai penularan wabah demi keselamatan diri sanak saudara dan seluruh bangsa," ujarnya. Presiden mendoakan agar seluruh bangsa Indonesia mendapat kekuatan dalam menghadapi pandemi virus corona.

"Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga Allah SWT meridhoi langkah kita, memberi kekuatan dalam menghadapi cobaan dan memberkahi bangsa Indonesia," imbuh Jokowi. Dalam unggahan di akun Instagram resminya @jokowi, Kamis, presiden mengatakan, masyarakat masih menghadapi pandemi virus corona di Ramadhan ini. Sehingga, ia mengimbau agar masyarakat terus menjalani hidup dengan sehat.

Tetap menjalankan ibadah di rumah, dan menjaga jarak aman dengan orang lain. Selain itu, masyarakat juga harus berdoa agar penyebaran virus corona ini segera berakhir. "Pandemi global Covid 19 masih berlangsung saat bulan Ramadan datang.

Maka, sembari menjalankan ibadah puasa, mari tetap berikhtiar untuk memutus rantai penyebaran virus global ini dengan hidup sehat, beribadah di rumah. Menjaga jarak dengan orang lain, dan berdoa agar pandemi ini segera berlalu. Selamat menjalankan ibadah puasa. Marhaban yaa Ramadan ," tulis Jokowi.

Berita Terkait

Ketua PA 212 Minta Megawati Introspeksi Diri  Singgung Selalu Dibilang PKI

Nurofia Fauziah

Itu Urusan Kejaksaan Biar Bertanggung Jawab Sendiri Mahfud MD Enggan Tanggapi Kasus Novel Baswedan

Nurofia Fauziah

Anggota BPK Achsanul Qosasi Mengaku Tidak Kenal Ulum Disebut Terima Uang Kasus KONI

Nurofia Fauziah

Saksinya Banyak Pramugari Senior Ungkap Sosok Selir yang Diduga Terlibat Skandal Ari Askhara

Nurofia Fauziah

Diduga Mabuk Hingga 2 Orang Tewas & Keluarga Korban Tulis Pesan Ini Fakta Kapolsek Tabrak Rumah

Nurofia Fauziah

Serahkan 3 Dokumen Mahfud Datang menuju DPR Bahas RUU HIP Mewakili Presiden Jokowi

Nurofia Fauziah

16 Persen Didominasi Kejahatan Jalanan Kriminalitas Meningkat 4 ‎Pasca Lebaran

Nurofia Fauziah

Murni Politik Soal Diskusi ‘Pemecatan Presiden’ Refly Harun Ungkit Turunnya Soekarno & Gus Dur

Nurofia Fauziah

Mereka Anak Muda yang Cerdas Belva Devara & Andi Taufan Mundur dari Stafsus Jokowi

Nurofia Fauziah

Sukmawati Sudah Offside Umat Islam Agar Tahan Emosi Ustadz Yusuf Mansyur

Nurofia Fauziah

6 Mei 2020 Tuliskan Ciri-ciri Pantun! Jawaban Soal Kelas 4-6 SD Belajar dari Rumah TVRI Rabu

Nurofia Fauziah

Rangga Sasana Sekjen Sunda Empire Ajukan Penangguhan Penahanan Sempat Masuk Rumah Sakit

Nurofia Fauziah

Leave a Comment