Pendidikan

Jepang Beri Donasi Hijaukan Istana Panda Indonesia

Masyarakat Jepang, melalui kerjasamasisterpark antara TamanSafariIndonesia dan GunmaSafariPark Jepang yang diwakili oleh Vice President GunmaSafariPark Jepang Mr. Goto Araya, memberikan donasi dana konservasi satwa liar sebesar 1 juta Yen. Dana konservasi diberikan kepada Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem ( KSDAE ), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Minggu (10/11/2019). Dana konservasi diterima oleh Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati drh Indra Exploitasia, sekira pukul 15.00 bertempat di Istana Panda TamanSafariIndonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor.

Selanjutnya, donasi tersebut diserahkan kepada TSI yang akan dikelola untuk program pelestarian satwa liar yang ada di Indonesia. Dana tersebut diterima oleh Frans Manansang selaku Direktur TamanSafariIndonesia. Menurut Frans Manansang, Pemberian dana konservasi ini merupakan hasil kerjasamasisterpark antara TamanSafariIndonesia dengan Gunma Park Jepang sejak tahun 2000, yang diprakarsai oleh Duta Besar RI di Tokyo.

"Dalam kerjasamasisterpark tersebut TSI menyelenggarakan kegiatan Indonesia Festival, dengan memperkenalkan budaya dan keanekaragaman hayati Indonesia kepada masyarakat Jepang, mempromosikan wisata budaya dan seni Indonesia, sereta meningkatkan sumber daya manusia baik di Gunma Safari Jepang maupun TamanSafariIndonesia," katanya. Pada kesempatan yang sama, Tomioka Kabura Rotary Club juga menyerahkan donasi yang diberikan kepada siswa siswi Sekolah Dasar Negeri 3, Cisarua Kabupaten Bogor. Seperti pada tahun sebelumnya, kegiatan penyerahan donasi konservasi ini diisi dengan program penghijauan melalui penanaman pohon.

Dan pada tahun ini, kegiatan penanaman pohon dilakukan di area Istana Panda Indonesia, pada Minggu (10/11/2019) sekitar pukul 15.30 WIB, disaksikan oleh siswa siswi SDN 3 berseragam Pramuka. Adapun pohon yang ditanam, antara lain jenis sirsak, damar, jambu air, dan beberapa jenis tanaman keras lainnya. Sebelumnya, kegiatan serupa telah dilakukan diberbagai Taman Nasional diantaranya, di Taman Nasional Way Kambas Lampung, Taman Nasional Gunung Pangrango, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Gunung Pancar Bogor, Taman Nasional Bali Barat, Kawasan Tanjung Benoa Bali, Nusa Penida Kabupaten Klungkung, Kawasan Konservasi Masigit Kareumbi Bandung dan di Lahan Perhutani, TSI 2 Jawa Timur.

Sedangkan pada tahun 2018 lalu, Gunma safari Jepang menyerahkan donasi melalui Taman Safari Indoneisa untuk membangun Dome Burung di lokasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Desa Bunder, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta . Dome Burung tersebut diharapkan dapat sebagai tempat dan sarana pengelolaan spesies burung–burung di Indonesia untuk menunjang program pendidikan melalui pengenalan keanekarangamanhayati Indonesia dan sebagai sarana penunjuang program penelitian para mahasiswa dan para peneliti di Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Berita Terkait

Dibuka Mulai Hari Ini Selasa 9 April 2019, Berikut Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Nurofia Fauziah

Ada Opsi Pengganti UN Deretan Fakta Penting wajib Diketahui Soal Ujian Nasional 2020 Dibatalkan

Nurofia Fauziah

LTMPT Umumkan Hasil UTBK SBMPTN 2019 Di Pengumuman Utbk.ltmpt.ac.id, Cek Rekapitulasi Nilaimu

Nurofia Fauziah

Survei PPIM UIN Sebut Intoleransi di Sekolah Naik

Nurofia Fauziah

Asyiknya Belajar Sastra Langsung dari Tokoh Terkenal Sastrawan Masuk Sekolah

Nurofia Fauziah

Siswa SMA di Semarang Ikuti Pelatihan Seleksi Semakin Ketat

Nurofia Fauziah

Nadiem Makarim Menjelaskan Apa Jeleknya Ujian Nasional Sehingga Diganti Assesmen Kompetensi Minimum

Nurofia Fauziah

Kapan Waktu Terbaik Sholat Duha? Ustaz Abdul Somad Menjelaskan Lengkap Niat, Tata Cara, Keutamaannya

Nurofia Fauziah

Ada Dokumenter Chasing Coral 8 Agustus 2020 Link Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah Sabtu

Nurofia Fauziah

Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka Senin 10 Juni Pukul 13.00 WIB, Perhatikan 8 Hal Penting Ini

Nurofia Fauziah

Swiss German University Berikan Beasiswa Masuk Kampus Melalui Jalur Akademik dan Non Akademik

Nurofia Fauziah

Wajib Miliki Akun LTMPT Simak Tahapan & Jadwalnya Cara Daftar SNMPTN 2020

Nurofia Fauziah

Leave a Comment