Pendidikan

Jepang Beri Donasi Hijaukan Istana Panda Indonesia

Masyarakat Jepang, melalui kerjasamasisterpark antara TamanSafariIndonesia dan GunmaSafariPark Jepang yang diwakili oleh Vice President GunmaSafariPark Jepang Mr. Goto Araya, memberikan donasi dana konservasi satwa liar sebesar 1 juta Yen. Dana konservasi diberikan kepada Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem ( KSDAE ), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Minggu (10/11/2019). Dana konservasi diterima oleh Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati drh Indra Exploitasia, sekira pukul 15.00 bertempat di Istana Panda TamanSafariIndonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor.

Selanjutnya, donasi tersebut diserahkan kepada TSI yang akan dikelola untuk program pelestarian satwa liar yang ada di Indonesia. Dana tersebut diterima oleh Frans Manansang selaku Direktur TamanSafariIndonesia. Menurut Frans Manansang, Pemberian dana konservasi ini merupakan hasil kerjasamasisterpark antara TamanSafariIndonesia dengan Gunma Park Jepang sejak tahun 2000, yang diprakarsai oleh Duta Besar RI di Tokyo.

"Dalam kerjasamasisterpark tersebut TSI menyelenggarakan kegiatan Indonesia Festival, dengan memperkenalkan budaya dan keanekaragaman hayati Indonesia kepada masyarakat Jepang, mempromosikan wisata budaya dan seni Indonesia, sereta meningkatkan sumber daya manusia baik di Gunma Safari Jepang maupun TamanSafariIndonesia," katanya. Pada kesempatan yang sama, Tomioka Kabura Rotary Club juga menyerahkan donasi yang diberikan kepada siswa siswi Sekolah Dasar Negeri 3, Cisarua Kabupaten Bogor. Seperti pada tahun sebelumnya, kegiatan penyerahan donasi konservasi ini diisi dengan program penghijauan melalui penanaman pohon.

Dan pada tahun ini, kegiatan penanaman pohon dilakukan di area Istana Panda Indonesia, pada Minggu (10/11/2019) sekitar pukul 15.30 WIB, disaksikan oleh siswa siswi SDN 3 berseragam Pramuka. Adapun pohon yang ditanam, antara lain jenis sirsak, damar, jambu air, dan beberapa jenis tanaman keras lainnya. Sebelumnya, kegiatan serupa telah dilakukan diberbagai Taman Nasional diantaranya, di Taman Nasional Way Kambas Lampung, Taman Nasional Gunung Pangrango, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Gunung Pancar Bogor, Taman Nasional Bali Barat, Kawasan Tanjung Benoa Bali, Nusa Penida Kabupaten Klungkung, Kawasan Konservasi Masigit Kareumbi Bandung dan di Lahan Perhutani, TSI 2 Jawa Timur.

Sedangkan pada tahun 2018 lalu, Gunma safari Jepang menyerahkan donasi melalui Taman Safari Indoneisa untuk membangun Dome Burung di lokasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Desa Bunder, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta . Dome Burung tersebut diharapkan dapat sebagai tempat dan sarana pengelolaan spesies burung–burung di Indonesia untuk menunjang program pendidikan melalui pengenalan keanekarangamanhayati Indonesia dan sebagai sarana penunjuang program penelitian para mahasiswa dan para peneliti di Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Berita Terkait

Siswa MAN 2 Malang capai Rp 200 Juta dari Lotte Beasiswa Juara 2019

Nurofia Fauziah

Dibuka Mulai Hari Ini Selasa 9 April 2019, Berikut Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Nurofia Fauziah

Zubaidi Dorong Pemanfaatan Dana BOS buat Guru Non ASN Maksimal

Nurofia Fauziah

Registrasi Akun dari 2 Desember 2019 Jadwal Resmi SNMPTN 2020

Nurofia Fauziah

Bocah SD Ini Ternyata Cucu dari Karni Ilyas Wawancarai Anies Baswedan Pakai Bahasa Inggris

Nurofia Fauziah

Ibunda Terpukul Pernah Tak Naik Kelas & Dibilang Tak Punya Masa Depan Kisah Pilu Ciputra Kecil

Nurofia Fauziah

TRIBUNNEWSWIKI – Mengenal Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Nurofia Fauziah

Lembaga Sempoa Unggulan Sempoa SIP Gelar Uji Penyetaraan Internasional

Nurofia Fauziah

Ada Opsi Pengganti UN Deretan Fakta Penting wajib Diketahui Soal Ujian Nasional 2020 Dibatalkan

Nurofia Fauziah

Kapan Waktu Terbaik Sholat Duha? Ustaz Abdul Somad Menjelaskan Lengkap Niat, Tata Cara, Keutamaannya

Nurofia Fauziah

RI Kekurangan Guru Vokasi Kemenko Perekonomian menuju Nadiem Makarim

Nurofia Fauziah

Gubernur Anies Pastikan Sekolah Terdampak Banjir Bisa Jalankan Aktivitas Belajar Mengajar

Nurofia Fauziah

Leave a Comment