Bisnis

Jadi Proyek Strategis Nasional, PT KCN Minta Kepastian Invetasi di Proyek Pelabuhan Marunda

PT Karya Citra Nusantara (KCN) saat ini menjadi investor pemegang konsesi pengelolaan Pelabuhan Marunda. Direktur Utama KCN Widodo Setiaji menyatakan, pihaknyaberkomitmen melanjutkan investasi berupa pembangun tiga dermaga dengan total panjang 5.350 meter serta area pendukung seluas 100 hektar. Pelabuhan Marunda sendiri diposisikan sebagai sebagai pelabuhan penunjang Pelabuhan Tanjung Priok.

Pelabuhan ini oleh pemerintah telah ditetapkan sebagai bagian dari proyek strategis nasional (PSN). Terkait dengan hal ini, Widodo Setiaji meyakini jika status Pelabuhan Marunda sebagai PSN akan memberi dampak positif bagi pembangunan ekonomi ke depannya, khususnya di sektor transportasi laut. "Jadi kalau proyek strategis nasional ini bisa sesuai dengan apa yang dicanangkan bapak Presiden, masuk program sampai tahun 2024, saya meyakini akan memberi banyak efek," ujar Widodo saat bertandang di kantor Kompas Gramedia di kawasan Palmerah, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Dia mengatakan, Pelabuhan Marunda kini memiliki Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menunjang pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang maritim. Pihaknya selama ini membuka peluang penerimaan para taruna untuk bekerja magang di Pelabuhan Marunda melalui KCN. "Kemarin kami lagi mau bekerjasama untuk taruna taruna yang mau lulus akan magang di sini (KCN), bisa praktek," jelas Widodo.

Dia juga mengatakan, Pelabuhan Marunda juga membantu menciptakan lapangan kerja baru bagi warga. "(Pelabuhan ini) buat anak anak generasi muda yang dulu katanya 'bangsa kita adalah bangsa maritim tapi kita sudah cukup lama terlupakan', ini mereka mudah mudahan mau sekolah di industri maritim ini, ini menjadi satu pilihan," ujarnya. Widodo berharap agar dalam upaya melaksanakan RPJMN 2020 2024, pemerintah juga fokus membangun infrastruktur dan SDM di sektor maritim.

"Harusnya kalau pemerintah benar benar concern dengan pembangunan SDM, lalu dengan pembangunan infrastrukur di bidang kelautan, di maritim, ini kan bisa menjadi salah satu yang bisa diunggulkan ke depan," papar Widodo. Terkait proyek yang dikerjakan KCN, dia menyatakan, peran pemerintah sangat penting dalam memberikan kepastian investasi bagi swasta. "Saya meyakini bahwa proyek strategis nasional ini, keberadaan KCN ini tidak ada ruginya bagi pemerintah. Karena project ini non APBN APBD, jadi negara tidak keluar satu rupiah pun," tutur Widodo.

KCN saat ini membangun tiga dermaga, yakni Pier I untuk kepentingan barang curah kering dan cair, Pier II untuk general cargo serta Pier III untuk produk curah kering dan cair. Saat ini progress pembangunan telah memasuki pengerjaan dermaga II yang mencapai 30 persen. Seluruh proyek ini ditargetkan rampung pada 2022 hingga 2023 mendatang.

Berita Terkait

Ini Kesiapan Astra Infra Sambut Nataru Punya Enam Ruas Tol

Nurofia Fauziah

Ini Penyebabnya 8 Persen pada 2020 Ekonomi Indonesia Diprediksi Hanya Tumbuh 4

Nurofia Fauziah

Cara Uzbekistan Bidik Pasar Indonesia, Buka Rute Tashkent Jakarta Hingga Fasilitas Bebas Visa

Nurofia Fauziah

AICE Klaim Telah Perhatikan Kesehatan Buruh Hamil Jubir Serikat Buruh Sebut 13 Buruh AICE Keguguran

Nurofia Fauziah

Token Listrik Gratis PLN Bulan Juni 2020 Diklaim di www.pln.co.id atau WA menuju 08122123123

Nurofia Fauziah

IPC capai Penghargaan Annual Report Award 2018

Nurofia Fauziah

KPPU Mengaku Kantongi Satu Alat Bukti Lima Perusahaan Minyak Diduga Terlibat Kartel Harga BBM

Nurofia Fauziah

Pura Trans Akan Ipo Akhir Tahun Bidik Dana Segar Rp 195 Miliar

Nurofia Fauziah

Napolly Diganjar Penghargaan Ini berhasil Bikin Inovasi Sofa Plastik Knock Down Bermotif Rotan

Nurofia Fauziah

British Airways Berencana PHK 12 Ribu Karyawannya Akibat Pandemi Covid-19

Nurofia Fauziah

Bea Masuk Impor Gula Asal India Diturunkan, Petani Tebu Merasa Jadi Korban Kebijakan Sawit

Nurofia Fauziah

Investasi di Bidang Riset Masih Minim, APBN Alokasikan Anggaran Rp 35,7 Triliun

Nurofia Fauziah

Leave a Comment