Internasional

Italia akan Izinkan Perjalanan Lintas Negara & Regional dari 3 Juni

Pemerintah Italia baru saja menandatangani dekrit berisi izin pembukaan perjalanan lintas negara mulai 3 Juni mendatang. Pembukaan perjalanan luar negeri ini akan dilakukan bersamaan dengan pelonggaran lockdown karena Covid 19 di Italia. Tidak hanya lintas negara, keputusan ini nantinya akan membuka perjalanan antar daerah yang saat ini masih dibatasi, dikutip dari .

Langkah besar ini menandai upaya Italia untuk membuka kembali ekonominya setelah lebih dari dua bulan terkunci. Italia memiliki salah satu korban tewas tertinggi di dunia. Tetapi tingkat infeksinya telah menurun tajam dalam beberapa hari terakhir.

Lebih dari 31.600 orang telah meninggal dengan virus di negara itu, angka tertinggi ketiga di belakang AS dan Inggris. Italia juga menjadi negara Eropa pertama yang mengadopsi lockdown sebagaimana dilakukan China. Setelah berbulan bulan terkunci, awal bulan ini Italia mulai melonggarkan peraturan lockdown nya.

Bahkan pabrik pabrik dan taman sudah dibuka kembali sejak 4 Mei lalu. Sementara itu, keputusan terbaru mengenai kuncian nasional ini ditandatangai Perdana Menteri Giuseppe Conte dan diterbitkan pada Sabtu (16/5/2020) pagi waktu Italia. Beberapa wilayah Italia menyerukan pelonggaran pembatasan yang lebih cepat, tetapi Perdana Menteri Conte melakukan ini secara bertahap untuk menghindari gelombang kedua infeksi.

Toko toko dan restoran restoran juga akan dibuka kembali pada 18 Mei dengan syarat jarak sosial selama operasi. Gereja Katolik sedang mempersiapkan Misa secara umum pada hari yang sama. Tetapi akan diberlakukan jarak sosial yang ketat dan para jamaat harus mengenakan masker.

Keagamaan lainnya juga akan diizinkan untuk mengadakan layanan keagamaan. Semua pembatasan perjalanan akan dicabut mulai 3 Juni. Pengumuman Conte ini datang tak lama setelah Italia mengalami penurunan lebih lanjut dalam jumlah kematian hariannya.

Ada lebih dari 900 kematian pada 27 Maret, tetapi pemerintah mencatat 262 korban jiwa baru pada Jumat lalu. Awal pekan ini, pemerintah menyetujui paket stimulus yang ditujukan untuk mengimbangi dampak ekonomi pandemi pada bisnis dan keluarga. Beberapa negara Eropa terdampak parah oleh pandemi corona ini.

Namun akhir akhir ini, negara di seluruh Eropa mulai melaporkan penurunan jumlah kematian setiap harinya. Portugal, Spanyol, dan Yunani adalah beberapa negara yang telah melonggarkan kuncian nasional. Sementara itu, ekonomi Jerman terdampak cukup parah karena wabah corona.

Jerman, pemegang ekonomi terbesar di Eropa ini jatuh ke dalam resesi setelah muncul laporan penurunan ekonomi sebanyak 2,2 persen selama tiga bulan ini. Lalu di Inggris, tingkat infeksi Covid 19 mulai merangkak naik ke puncak pandemi menurut pemerintah setempat. Bergeser ke Amerika Latin, Jumat (15/5/2020) lalu Menteri Kesehatan Brasil yang baru dilantik, Nelson Teich mengundurkan diri.

Sama seperti pendahulunya yang dipecat Presiden Jair Bolsonaro, Mandetta, Teich mengaku tidak sepakat dengan keinginan presiden. Lebih dari 4,5 juta kasus Covid 19 tercatat secara global, menurut Johns Hopkins University. Sedangkan sekitar sepertiga di antaranya telah pulih.

Berita Terkait

Carrie Lam Beijing Dikabarkan Akan Copot Pimpinan Hong Kong Terus Didemo

Nurofia Fauziah

Jam Malam dari Pukul 15.00 Hingga 06.00 Keesokan Harinya Jeddah Lockdown Lagi 15 Hari

Nurofia Fauziah

Suami Aniaya Istri hingga Tewas Hanya Karena Cemburu sang Istri Idolakan Aktor India

Nurofia Fauziah

Politisi Ukraina Tertangkap Kamera Berkomunikasi Dengan PSK Saat Sidang Parlemen Berlangsung

Nurofia Fauziah

Diduga Sebabkan Ledakan di Beirut 30-40 Kantong Kembang Api Disimpan Segudang dengan Amonium Nitrat

Nurofia Fauziah

Sepatu Nike yang Sudah Usang Ini Jadi Sepatu Termahal, Laku Dijual Rp 6,1 Miliar

Nurofia Fauziah

Gus Yaqut Kaget Kegiatan DTD Diikuti Antusias Ratusan Peserta Mahasiswa Universitas Al Azhar

Nurofia Fauziah

Sempat Ancam hingga Korban Takut Melapor Guru Hukum Siswa Makan Sampah

Nurofia Fauziah

‘Aku Akhirnya Menikah!’ Pengantin Pria Nangis di Nikahannya Sendiri Viral 7 Kali Jadi Groomsmen

Nurofia Fauziah

Pelaku Kasus Pemerkosaan 48 Pria di Inggris Ibu Kandung Reynhard Sinaga Bocorkan Sifat sang Anak

Nurofia Fauziah

Dubai Berlakukan Karantina Wilayah Selama Dua Pekan Cegah Corona

Nurofia Fauziah

Keamanan Arab Saudi Amankan 2.050 Orang Karena Masuk Mekkah Tanpa Izin Saat Musim Haji

Nurofia Fauziah

Leave a Comment