Internasional

Intip Perubahan Logo UNICEF dari Awal Berdiri hingga Saat Ini Ulang Tahun ke-73

United Nations International Children's Emergency Fund atau UNICEF berulang tahun yang ke 73, Rabu (11/12/2019). Dikutip dari laman resminya, UNICEF dibentuk oleh Majelis Umum Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pada 11 Desember 1946. Pembentukan UNICEF didasari oleh dorongan untuk memberikan bantuan kepada anak anak pasca terjadinya Perang Dunia II.

Saat awal dibentuk, UNICEF disebut sebagai dana bantuan sementara PBB sehingga organisasi tersebut pun menggunakan logo yang sama dengan PBB. Sejak pertama kali didirikan hingga saat ini, UNICEF telah melakukan beberapa kali perubahan pada logonya. Seperti yang telah dinyatakan sebelumnya, saat awal dibentuk UNICEF dimaksudkan sebagai dana sementara untuk PBB.

Oleh karenanya, logo UNICEF diambil dari logo PBB. Pada Oktober 1953, Majelis Umum PBB menetapkan bahwa UNICEF memiliki peran untuk memberikan bantuan kepadaanak anak. Atas dasar itulah kemudian UNICEF mengubah logo mereka sehingga dapat merepresentasikan identitas organisasi tersebut.

Logo UNICEF kala itu menampilkan gambar seorang anak yang tengah meminum segelas susu. Logo tersebut mewakili kegiatan utama yang dilakukan oleh UNICEF kala itu, yaitu menyediakan susu untuk anak anak. Meskipun telah membuat logo sendiri, beberapa elemen dari logo PBB juga turut ditampilkan UNICEF.

Misalnya adalah cabang tanaman zaitun dan globe yang menjadi background dari gambar anak meminum susu. Pada tahun 1960an, logo 'anak minum susu' diganti menjadi 'ibu mengangkat anak.' Perubahan logo ini sejalan dengan semakin luasnya cakupan kegiatan yang dilakukan oleh UNICEF.

Logo baru tersebut memiliki kaitan dengan pengadopsian Deklarasi Hak Hak Anak oleh PBB pada 1959. Deklarasi tersebut memuat hak hak seorang anak yang mencakup hak atas perlindungan, pendidikan, perawatan kesehatan, tempat tinggal, dan mendapat pemenuhan gizi atau nutrisi. Gestur universal dari seorang ibu yang mengangkat anaknya melambangkan harapan, keamanan, dan kebahagiaan yang menjadi pekerjaan UNICEF untuk orang tua dan anak anak mereka.

Logo tersebut juga dianggap membangkitkan kekuatan dan antusiasme orang tua yang mencerminkan optimisme UNICEF serta hasil yang ingin diberikan kepada setiap anak. Logo yang dikeluarkan pada tahun 1975 ini dianggap sebagai loga global standar. Meskipun logo UNICEF ini terlihat begitu berbeda dari sebelumnya, namun lambang 'ibu mengangkat anak' tetap dipertahankan.

Lambang tersebut disematkan sebagai titik pada huruf 'i' pada tulisan 'unicef.' Logo ini juga menjadi logo UNICEF pertama yang didaftarkan ke World Intellectual Property Organization. Perubahan logo yang dilakukan pada tahun 1978 ini tidak terlalu signifikan.

UNICEF hanya mengubah jenis huruf yang digunakan pada tulisan 'unicef' menjadi sesuai dengan tren kala itu. Bertepatan dengan ulang tahun UNICEF ke 40, logo organisasi ini kembali diubah. Jenis huruf diubah menjadi Futura bold serta warnanya juga diubah dari hitam menjadi PMS Reflex Blue.

Logo baru ini terdiri atas tulisan nama 'UNICEF' yang ditulis dengan huruf kecil yang diikuti dengan lambang 'ibu dan anak.' Pada bagian bawah tulisan 'UNICEF' terdapat tulisan 'United Nations Children's Fund. Perubahan paling kentara pada logo ini adalah digantinya warna yang semula PMS Reflex Blue menjadi PMS Process Cyan.

Pada logo baru ini tulisan 'United Nations Children's Fund' pada bagian bawah logo diganti dengan 'For every child' yang kemudian diikuti dengan 'Health, Education, Equality, Protection' dan 'ADVANCE HUMANITY' secara berurutan di bawahnya. Pada tahun 2008 ditetapkan slogan UNICEF menjadi 'unite for children.' Slogan tersebut mengandung pesan untuk mengajak seluruh mitra dari berbagai sektor memberikan hasil bagi anak anak.

Logo UNICEF pun menjadi lebih sederhana, yakni hanya terdiri atas tulisan 'unicef' yang diikuti dengan lambang 'ibu dan anak' serta 'unite for children' di bagian bawahnya. Slogan 'unite for children' diganti menjadi 'for every child' yang turut menjadi bagian dari logo UNICEF. Slogan tersebut menyatakan tugas UNICEF untuk melindungi hak hak setiap anak dan sebagai wujud dari misi organisasi untuk memberikan prioritas terbesar bagi anak anak yang kurang beruntung.

Logo maupun slogan baru dari UNICEF ini digunakan untuk menyoroti tantangan yang dihadapi oleh anak anak. 'for every child' dianggap sebagai potongan dari slogan organisasi ini, sementara potongan berikutnya ditambahkan sesuai dengan ruang lingkup pekerjaan UNICEF. Misalnya adalah 'for every child, hope', 'for every child, opportunity', dan 'for every child, dignity'.

Berita Terkait

Eropa dan Afrika Dukung MPR RI Bentuk Forum Majelis Syuro Sedunia Parlemen Maroko Ajak Negara Arab

Nurofia Fauziah

Begini Tanggapan WHO Soal Vaksin Virus Corona Milik Rusia

Nurofia Fauziah

Merasa Matanya Berganjal hingga Kemerahan, Seorang Pria Kaget Setelah Temukan Hewan Ini di Dalamnya

Nurofia Fauziah

VIRAL Video Ibu Pukul hingga Seret Anak Kandung karena Ingin Goda Mantan Suami yang Nikah Lagi

Nurofia Fauziah

Evo Morales Mencari Suaka & Ditawari Jadi Presenter TV Mundur sebagai Presiden Bolivia

Nurofia Fauziah

Rencana China Lakukan Latihan Militer di Laut China Selatan Buat Negara Tetangga Khawatir

Nurofia Fauziah

Viral Video Romantis Pemuda Ikuti Tutorial YouTube Buat Origami 24 Mawar Merah buat Pujaan Hati

Nurofia Fauziah

Super Junior Dandan Apa Adanya Tanpa Makeup di MV Somebody New

Nurofia Fauziah

Drone Dilarang Mengudara di Jepang, Terutama di Tempat Pemerintahan, Militer dan Bandara

Nurofia Fauziah

Bocah 16 Tahun Habisi Nyawa Kakaknya Lalu Bunuh Diri Sehari Setelah Ulang Tahun sang Ibu

Nurofia Fauziah

Tak Bisa Minum Air Zamzam Langsung & Kerikil Jumrah wajib Disterilkan Begini Kondisi Haji 2020

Nurofia Fauziah

Hampir 4.500 Orang Meninggal dalam 24 Jam AS Catat Rekor Dunia

Nurofia Fauziah

Leave a Comment