Nasional

Inilah Gejala yang Timbul & Perlu Diperhatikan Masyarakat Virus Corona Jangkit 2 Warga Depok

Dua warga Indonesia yang tinggal di wilayah Depok, Jawa Barat positif terkena virus corona. Hal tersebut diungkapkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020). "Daerah Depok," ujarnya dilansir .

Terawan menyebutkan dua orang tersebut tertular dari warga Jepang yang berkunjung di rumah mereka. Dua orang tersebut adalah seorang ibu berusia 64 tahun dan anak perempuannya yang berusia 31 tahun. Dikabarkan, warga Jepang tersebut baru terdeteksi positif virus corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menulusuri dan memastikan dua warga Depok tersebut melakukan kontak dengan warga Jepang yang mengakibatkan keduanya dipastikan terkena virus yang juga disebut Covid 19 itu. Menteri Terawan mengungkapkan keduanya menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara. “(Sekarang dirawat) di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain,” ucap Terawan.

Seperti dimuat dalam artikel , corona merupakan virus yang menyerang saluran pernapasan. Ada beberapa gejala yang dapat dirasakan, misalnya batuk, kelelahan, dan sakit tenggorokan. Lalu apa itu virus corona?

Corona merupakan sebuah virus yang menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan. "Corona berarti 'mahkota,' sehingga virus ini tampak berbentuk mahkota ketika dilihat di bawah mikroskop elektron," kataBhanu Sud, MD, seorang spesialis penyakit menular di St. Jude Medical Center di California. Infeksi menyebar dengan mudah dan tidak ada perawatan yang tersedia.

Virus corona menular secara umum dari orang yang terinfeksi ke orang lain, melalui: Udara dengan batuk dan bersin Kontak pribadi, seperti menyentuh atau berjabat tangan

Menyentuh benda atau permukaan dengan virus di atasnya. Lalu menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan Kementerian Kesehatan mengungkapkan virus corona menimbulkan gejala klinis antara lain :

Demam Batuk, pilek Gangguan pernapasan

Letih, lesu Sementara itu dikutip dari , gejala yang timbul ialah : Bersin

Pilek Kelelahan Batuk

Sakit tenggorokan Kemudian, berbagai jenis virus korona manusia bervariasi, tergantung tingkat keparahan penyakit. Tidak ada obat untuk flu biasa.

Coronavirus menyebabkan SARS dan MERS. Virus corona menginfeksi banyak spesies berbeda. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus corona.

"Orang Jepang ke Indonesia bertemu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin (2/3/2020). Hal itu membuat untuk kali pertama ada penemuan orang yang terjangkit virus corona di wilayah Indonesia. Diberitakan sebelumnya, memang ada sejumlah WNI yang terjangkit virus corona.

Akan tetapi, keberadaan mereka di luar negeri. Seperti seorang perempuan WNI yang berada di Singapura. Ia diberitakan tertular virus corona dari majikannya yang terlebih dahulu terkena virus corona.

Berita Terkait

Effendi Simbolon dan 200 Caleg Didoakan Ribuan Umat HKBP Jelang Pencoblosan

Nurofia Fauziah

Kapolri Apresiasi Jajaran Lalu Lintas yang Bertugas Selama Operasi Ketupat 2020

Nurofia Fauziah

Saya Siap Mundur sebagai Stafsus Presiden Polemik Ruangguru & Kartu Prakerja Belva

Nurofia Fauziah

Rebutan Senjata Contohkan Kengerian yang Terjadi karena Lockdown Mahfud MD

Nurofia Fauziah

Kini Andalkan Kartu PraKerja 162.416 Pekerja / Buruh Jadi Korban PHK Imbas Corona di Indonesia

Nurofia Fauziah

Singgung Wartawan sambil Lihat Sekitarnya Prabowo Subianto Sampaikan Kelemahan Pertahanan Indonesia

Nurofia Fauziah

ICW Tidak Sepakat Siapapun Nama Anggota Dewan Pengawas KPK Pilihan Jokowi

Nurofia Fauziah

PKAKN DPR Bahas Akuntabilitas Dana Desa dengan Civitas Akademika UNS

Nurofia Fauziah

Ini Dua Pelanggaran Terbanyak Selama Operasi Zebra

Nurofia Fauziah

Jokowi Bagikan Langsung Bansos di Depan Rumah Warga di Johar Baru

Nurofia Fauziah

Berikut Ketentuan Pelaksanaan SKB BKN Siapkan 20 Lokasi Tes SKB CPNS 2019 di Luar Negeri

Nurofia Fauziah

Petani Sumenep Menyambut Baik Instalasi Pengering UV dari Kementan

Nurofia Fauziah

Leave a Comment