Corona

Ini Penjelasan Erick Thohir Minta Rumah Sakit BUMN Gunakan Produk dalam Negeri

Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir meminta semua rumah sakit BUMN mengutamakan penggunaan obat dan alat kesehatan produk dalam negeri ketimbang produk asing. “Sesuai dengan Peraturan Presiden yang mewajibkan penggunaan produk dalam negeri, untuk upaya pelaksanaan health security nasional, saya meminta seluruh RS BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengutamakan penggunaan produk dalam negeri, baik itu obat hingga alat kesehatan,” ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/4/2020). Kendati begitu, Erick mengaku, dirinya tak anti impor. Kebijakan itu dia ambil agar Indonesia tak lagi mengalami ketergantungan dengan impor.

“Saya bukan anti impor, tapi dari pandemi Covid 19 ini, kita semua belajar bahwa kita harus mampu mewujudkan ketahanan kesehatan nasional, di mana semua pihak berperan besar mewujudkannya. Akademisi, periset, BUMN, swasta, BUMD, RS, BPJS, LKPP juga regulator, semua harus punya visi yang sama, bahwa sedikit demi sedikit kita harus mengurangi ketergantungan terhadap impor,” kata Erick. Saat ini Kementerian BUMN tengah fokus dalam membangun health security nasional. Upaya ini dilakukan agar bisa meningkatkan daya saing industri kesehatan dalam negeri, dan bisa menjadi benteng pertahanan dalam menghadapi segala wabah penyakit ke depannya.

Saat ini, kata Erick, pihaknya sedang menyusun roadmap nya. Nantinya, dalam membangun ketahanan kesehatan nasional BUMN akan menggandeng pihak swasta. Atas dasar itu, Erick telah bertemu dengan organisasi perusahaan alat alat kesehatan dan laboratorium Indonesia yang bernama Gakeslab. Gakeslab lndonesia merupakan organisasi distributor dan importir alat kesehatan dan laboratorium (alkeslab) yang beranggotakan 475 perusahaan distributor dan importir di seluruh lndonesia.

“Kami bersyukur bisa berdiskusi panjang lebar, walaupun secara virtual, mengenai alkeslab dengan Pak Erick, bahkan juga diminta kami terlibat dalam pembuatan roadmap health security yang sedang disiapkan oleh Kementerian BUMN sesuai dengan kebutuhan baik dunia usaha, regulator, maupun masyarakat,” kata Ketua Gakeslab Sugihadi.

Berita Terkait

Krisis Akibat Covid-19 Jadi Peluang Bagi Industri Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Sandiaga Uno

Nurofia Fauziah

Jakarta Terbanyak Ini Daerah Sebarannya UPDATE Jumlah Positif Corona di Indonesia Jadi 309 Orang

Nurofia Fauziah

Ahli Kesehatan Sebut Protokol yang wajib Dilakukan Jika Sekolah Kembali Buka di Tengah Pandemi

Nurofia Fauziah

Jadikan Acuan Pembenahan Kebijakan 53 8 Persen Tak Puas Kinerja Jokowi Tangani Covid-19

Nurofia Fauziah

5 Miliar buat Hadapi COVID-19 Tempo Scan Tuntaskan 100% Bantuan Rp 17

Nurofia Fauziah

Komunitas Batak Bersatu Berbagi Ribuan Paket buat Warga Jakarta

Nurofia Fauziah

WHO Berharap Pandemi Covid-19 Dapat Berlalu Setelah Dua Tahun

Nurofia Fauziah

Afrika Selatan Laporkan 311.049 Infeksi 6 Juta Update Corona Global 16 Juli 2020 Tembus 13

Nurofia Fauziah

Doni Monardo Ungkap Penyebab Peningkatan Kasus Covid-19 Jawa Timur yang Sempat Lebihi DKI Jakarta

Nurofia Fauziah

Tambah 1.241 Kasus 12.129 Sembuh Total 34.316 Pasien Positif BREAKING NEWS Update Corona 10 Juni

Nurofia Fauziah

Pembangunan Kamar Isolasi di Rumah Dinas Wali Kota Semarang Dikebut

Nurofia Fauziah

4 Tips Melewati Masa Pandemi Corona dalam Kehidupan Rumah Tangga

Nurofia Fauziah

Leave a Comment