Kesehatan

Ini Langkah Efektif Cegah Komplikasi Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang berlangsung lama atau kronis yang ditandai dengan meningginya kadar gula (glukosa) darah. Penumpukan glukosa di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dan menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

"Yang paling efektif mencegah timbulnya komplikasi diabetes adalah disiplin pasien diabetes dalam gaya hidup dan tentunya juga mengadakan komunikasi,” kata dokter spesialis penyakit dalam Siloam Hospitals TB Simatupang dr. I Gusti Ngurah Adhiartha, Sp.PD KEMD, FINASIM di Jakarta akhir pekan lalu. Gusti Ngurah menyampaikan itu saat kegiatan halal bihalal Idul fitri 1440 H bersama anggota komunitas dan keluarga anggota komunitas yang menjadi relasi Siloam Hospitals TB Simatupang. Dikatakannya, umumnya dokter dapat mengobati diabetes pada penderita gejala diabetes di fase satu. Namun, ketika sudah melewati diabetes fase dua, dokter hanya bisa membantu mengurangi dengan pengobatan dari keluhan rasa sakit penderita komplikasi diabetes.

Dr. Adhiartha mengatakan, kunci displin cegah diabetes dapat dilakukan dengan pola hidup sehat. "Khusus pasien diabetes, satu pola hidup tambahan adalah teratur makan obat, "imbuhnya. Pola hidup sehat tersebut adalah jangan makan dikala lapar dan saat makan dicukupkan, tidak perlu kenyang, makan teratur pagi siang dan malam, makan dengan kadar seimbang. Rutin berolahraga, kurangi stress dan banyak bersyukur serta makan obat teratur bagi penderita diabetes.

Data International Diabetes Foundation (IDF) pada tahun 2017 menyebutkan bahwa Indonesia menempati peringkat enam di dunia untuk prevalensi penderita diabetes tertinggi setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Brazil, dan Meksiko. Prevalensi orang dengan diabetes di Indonesia pun cenderung meningkat, yaitu dari 6,9% (Riskesdas 2013) menjadi 8,5% (Riskesdas 2018). Penyakit yang tercatat sebagai penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia setelah stroke dan jantung koroner ini pun memiliki fakta lain yaitu usia penderita diabetes, khususnya diabetes tipe 2, yang semakin muda dalam beberapa tahun terakhir.

Data Riskesdas 2013 menyebutkan 90% dari total kasus diabetes merupakan diabetes tipe 2, yang umumnya terjadi pada orang dewasa. Namun, beberapa tahun terakhir semakin banyak ditemukan pada usia dewasa muda kurang dari 30 tahun bahkan pada anak anak dan remaja. Adapun dari kegiatan Halal Bihalal Idul Fitri 1440 Hijriah yang diadakan Siloam Hospitals TB Simatupang bersama sejumlah komunitas, selain untuk mempererat persaudaraan antar anggota komunitas yang selama ini telah bekerja sama dengan Siloam Hospitals TB Simatupang, diharapkan dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi para anggota komunitas dan keluarga.

"Hal yang efektif dari kegiatan ini adalah penyampaian komunikasi dan edukasi kesehatan ketika semua relasi dan komunitas berkumpul bersama. Dan kami berharap edukasi terkait diabetes yang disampaikan dapat menjadi informasi yang bermanfaat ” ungkap direktur Siloam Hospitals TB Simatupang, dr. Harijanto Solaeman, MM.

Berita Terkait

Makanan Terbaik untuk Hindari Sakit Kepala Saat Ibadah Puasa

Nurofia Fauziah

Trik Tasya Kamila Menjaga Bayinya yang Kulitnya Sensi Agar Tak Mengulang Kisah Baby Ryu yang Viral

Nurofia Fauziah

Bisa Jaga Kesehatan Jantung 6 Manfaat Jeruk Bali buat Kesehatan Tubuh

Nurofia Fauziah

Ada Keju hingga Biskuit Es Krim 5 Produk Olahan Susu Paling Terkenal dan Digemari

Nurofia Fauziah

Perbedaan Roti Tawar & Roti Gandum Mana yang Lebih Sehat

Nurofia Fauziah

Penerapan Family Center Care Sehingga Orangtua Bisa Berpartisipasi Rawat Bayi yang Berada di NICU

Nurofia Fauziah

7 Alasan Mengapa Mendengarkan Lagu Sedih saat Galau Bisa Membuat Perasaanmu jadi Lebih Baik

Nurofia Fauziah

Dermatitis Atopik yang Diderita Baby Ryu karena Colekan Tamu, Tisu Basah Bisa Jadi Pemicunya?

Nurofia Fauziah

dari Jeruk hingga Cabai 9 Makanan yang Kaya dengan Vitamin C

Nurofia Fauziah

Bahaya! Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung Jangan Sepelekan 7 Hal yang Terlihat Wajar Ini

Nurofia Fauziah

Prestasi Anak Indonesia Harus Dapat Dukungan Gizi dan Lingkungan yang Baik kata Kak Seto

Nurofia Fauziah

Tidur di Lantai Penjara Disebut Picu Sakitnya Ahmad Dhani, Kenali Penyebab Asam Urat

Nurofia Fauziah

Leave a Comment