Techno

Ini Dia Peringkat Operator Seluler dengan Streaming Video Tercepat di Indonesia

OpenSignal merilis hasil penelitian terbaru bertajukLaporan Pengalaman Jaringan Seluler Desember 2019untuk wilayah Indonesia. Dalam risetnya, perusahaan riset jaringan seluler itu menjabarkan perincian kecepatan internet dari lima operator seluler Tanah Air, yakni Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, Telkomsel, dan Hutchinson Tri (3). Dalam laporan ini pula OpenSignal mengungkapkan hasil uji performa kecepatan operator seluler yang digunakan untukstreamingvideo. OpenSignal melakukan riset tersebut sejak 1 Agustus hingga 29 Oktober 2019 lalu.

Untuk menghitung skor pengalaman video, OpenSignal mengukur secara langsung pengalamanstreamingvideo dari pengguna. Jumlah perangkat yang mereka uji mencapai 1.854.821 perangkat. Metode riset yang OpenSignal gunakan mengacu pada standar International Telecommunication Union (ITU) untuk menilai pengalamanstreamingvideo. Ada sejumlah variabel yang mereka uji, seperti waktu muat (loading),stalling, dan resolusi video, baik di jaringan 3G maupun 4G.

Berdasarkan temuan OpenSignal, Telkomsel masih menduduki posisi teratas sebagai operator seluler tercepat untuk urusanstreamingvideo (pengalaman video). Telkomsel memperoleh skor mencapai 58,8 poin, meningkat 4,5 poin dibanding laporan sebelumnya. Posisi berikutnya adalah XL dengan skor 50,8 poin, Tri 47,6 poin, Indosat 41,7 poin, dan Smartfren yang berada di posisi terbawah dengan 34,3 poin. Meski berada di posisi keempat, Indosat mencetak pertumbuhan yang paling signifikan di antara empat operator lainnya. Yakni, dengan peningkatan skor sebesar 7 poin.

XL dan Tri masing masing mengalami peningkatan sebesar 4,3 poin dan 5,6 poin. Sementara Smartfren menjadi satu satunya penyedia layanan seluler yang tercatat menunjukkan penurunan, sebesar 0,1 poin, sebagaimana KompasTekno rangkum dari situs OpenSignal, Selasa (17/12). Sebagai informasi, skor pengalaman video ini berkisar dari angka 0 hingga 100 dengan lima tingkatan penilaian: buruk (0 39), cukup (40 54), baik (55 64), sangat baik (65 74), istimewa (75 100). Berikut adalah operator seluler tercepat untukstreamingvideo di Indonesia berdasarkan peringkat:

Telkomsel (58,8 poin) XL Axiata (50,8 poin) Tri (47,6 poin) Indosat Ooredoo (41,7 poin) Smartfren (34,3 poin) Penulis: Bill Clinten

Berita Terkait

Ini Cara Melihat Instagram Story tanpa Diketahui Teman

Nurofia Fauziah

Andalkan Google Maps ke Malang, Toyota Yaris Masuk Jurang Sedalam 25 Meter

Nurofia Fauziah

Perusahaan Enterprise Percepat Pencapaian Hasil Bisnis Melalui Red Hat Open Innovation Labs

Nurofia Fauziah

Zoom Bantah Menjual Data Pribadi Penggunanya menuju Facebook

Nurofia Fauziah

Apex Legends 5 Tips Keren Bermain Apex Legend Versi RevivalTV, Tips Terjun Hingga Tips Healing

Nurofia Fauziah

Lebih Laku 3 Kali Lipat Dari Pendahulunya Oppo Reno 2f Dijual Perdana Di 5 Kota

Nurofia Fauziah

Harga & Bedah Keunggulan Teknologi Gimbal Stabilization Video Review Vivo X50 Pro Indonesia

Nurofia Fauziah

Note 8 Pro hingga Mi Note 10 Pro Lengkap! Harga Terbaru HP Xiaomi Bulan Mei 2020

Nurofia Fauziah

Jadi Wadah Kreativitas Amankah Data Pengguna TikTok

Nurofia Fauziah

Pre-order 17 April 2020 Spesifikasi Lengkap iPhone SE Generasi Kedua & Harganya

Nurofia Fauziah

Galaxy A10s hingga Galaxy A71 Ada di Sini! Daftar Harga HP Samsung Terbaru di Bulan Februari 2020

Nurofia Fauziah

Jurus Irit Kuota Data Instragram Android

Nurofia Fauziah

Leave a Comment