Travel

Ini Alasan Mengapa Pilot Tak Beri Tahu Penumpang Ketika Pesawat Berada dalam Bahaya

Menjadi seorangjuru mudi pesawat terbang atau pilotbukan pekerjaan mudah. Seorang pilot punyatanggung jawab besar terhadap penumpang dan kru selama penerbangan. Bagaimana tidak, ratusan penumpang yang dibawa terbang memberikan segala kepercayaan kepada sang pilot.

Apapun yang akan terjadi selama penerbangan, diserahkan pada pilot dan seluruh awak. Di sebuah forum online, banyak muncul pertanyaan, mengapa pilot tidak memberitahukan ketika pesawatsedang berada dalam bahaya. Hampir semua pilot hanya memberikan informasi kepada penumpang untuk bersiap siap saat akan melakukan pendaratan darurat.

Atau pilot hanya meminta penumpang mengencangkan sabuk pengaman dan melakukan 'brace position'. Itu pun jika masih ada cukup waktu untuk memberikan informasi. Tanpa memberitahukan apa yang sedang terjadi, pada situasi paling buruk, mereka hanya meminta penumpang mempersiapkan alat alat keamanan.

Mulai dari masker oksigen hingga life jacket seperti instruksi yang dilakukan pramugari saat lepas landas. Ia merespon pertanyaan yang diajukan dalam forum Quora dan berkarta, "sebuah kecelakaan pesawat sangat jarang terjadi. Jika masih memiliki waktu, pilot tentu akan mengusahakan yang terbaik, termasuk melakukan pendaratan darurat." "Itulah sebabnya informasi yang bisa disampaikan pilot kepada penumpang hanya persiapan untuk itu."

"Prioritas utama seorang pilot hanya mengendalikan pesawat dan penanganan darurat." "Jika ada waktu, kru pesawat akan memberikan perintah siaga untuk segera mengambil posisi aman. Tetapi jika beban kerja atau masalah di kokpit terlalu sibuk, kru mungkin tak sempat mengatakan apapun." Di sisi lain, Asosiasi Mantan Direktur Angkatan Udara turut menanggapi pertanyaan ini.

Mereka mengatakan, "dalam kondisi seperti itu, bisa saja awak terlalu sibuk berusaha mengamankan atau mempersiapkan tindakan tepat demi keselamatan penumpang." Sebuah jawaban lain berasal dari seseorang yang mengaku sebagai mantan pegawai<span></span>American Airlines<span></span>yang mengatakan, "penumpang tidak akan pernah diberitahu tentang kecelakaan pesawat secara pasti." "Jika ada waktu, penumpang hanya akan diberitahu tentang posisi pesawat, dan diberi aba aba 'waspada'. Terlepas apakah ada kesempatan untuk selamat dalam pendaratan darurat."

"Pilot tidak pernah menyampaikan apapun selain meminta penumpang untuk tenang dan ini bukan masalah besar selama pilot masih punya waktu mengatasi". Awak kabin telah memberitahu tentang prosedur kecelakaan dan mempraktekkan beberapa kali apa yang harus dilakukan dalam keadan darurat.

Berita Terkait

Ini 8 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Gunakan Transportasi Kereta Api

Nurofia Fauziah

Mondelez Kenalkan Oreo Cookie Crumb Kemasan 1 Kg buat Topping Martabak Sampai Milkshake

Nurofia Fauziah

5 Rekomendasi Tempat Makan Soto Ayam Enak di Jakarta

Nurofia Fauziah

5 Lokasi Syuting Film Spider Man: Far From Home Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Nurofia Fauziah

Itinerary Cappadocia Izmir Pamukkale 3 Hari 2 Malam, Cocok Untuk Solo Traveler

Nurofia Fauziah

Liburan Mewah Nikita Mirzani ke Disneyland Paris Hingga Bertemu Lenny Kravitz

Nurofia Fauziah

Suasananya Obati Rindu Kampung Halaman 7 Tempat Nikmati Kuliner Tradisional Jogja

Nurofia Fauziah

Rayakan Pergantian Tahun dengan Tropical Night Party Bersama Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta

Nurofia Fauziah

Ada Diskon Tiket Pesawat & Bebas Visa buat Turis Mesir Dibuka Kembali

Nurofia Fauziah

Kisah Wanita Ini Viral di Medsos karena Jadi Satu-satunya Penumpang di Pesawat

Nurofia Fauziah

7 Hotel Murah di Puncak Bogor, Tarif Inap Mulai Rp 81 Ribu per Malam

Nurofia Fauziah

Ini Alur Pemeriksaan Calon Penumpang di Terminal 2 & 3 Bandara Soekarno-Hatta Selama Pandemi

Nurofia Fauziah

Leave a Comment