Travel

Ini Alasan Mengapa Pilot Tak Beri Tahu Penumpang Ketika Pesawat Berada dalam Bahaya

Menjadi seorangjuru mudi pesawat terbang atau pilotbukan pekerjaan mudah. Seorang pilot punyatanggung jawab besar terhadap penumpang dan kru selama penerbangan. Bagaimana tidak, ratusan penumpang yang dibawa terbang memberikan segala kepercayaan kepada sang pilot.

Apapun yang akan terjadi selama penerbangan, diserahkan pada pilot dan seluruh awak. Di sebuah forum online, banyak muncul pertanyaan, mengapa pilot tidak memberitahukan ketika pesawatsedang berada dalam bahaya. Hampir semua pilot hanya memberikan informasi kepada penumpang untuk bersiap siap saat akan melakukan pendaratan darurat.

Atau pilot hanya meminta penumpang mengencangkan sabuk pengaman dan melakukan 'brace position'. Itu pun jika masih ada cukup waktu untuk memberikan informasi. Tanpa memberitahukan apa yang sedang terjadi, pada situasi paling buruk, mereka hanya meminta penumpang mempersiapkan alat alat keamanan.

Mulai dari masker oksigen hingga life jacket seperti instruksi yang dilakukan pramugari saat lepas landas. Ia merespon pertanyaan yang diajukan dalam forum Quora dan berkarta, "sebuah kecelakaan pesawat sangat jarang terjadi. Jika masih memiliki waktu, pilot tentu akan mengusahakan yang terbaik, termasuk melakukan pendaratan darurat." "Itulah sebabnya informasi yang bisa disampaikan pilot kepada penumpang hanya persiapan untuk itu."

"Prioritas utama seorang pilot hanya mengendalikan pesawat dan penanganan darurat." "Jika ada waktu, kru pesawat akan memberikan perintah siaga untuk segera mengambil posisi aman. Tetapi jika beban kerja atau masalah di kokpit terlalu sibuk, kru mungkin tak sempat mengatakan apapun." Di sisi lain, Asosiasi Mantan Direktur Angkatan Udara turut menanggapi pertanyaan ini.

Mereka mengatakan, "dalam kondisi seperti itu, bisa saja awak terlalu sibuk berusaha mengamankan atau mempersiapkan tindakan tepat demi keselamatan penumpang." Sebuah jawaban lain berasal dari seseorang yang mengaku sebagai mantan pegawai<span></span>American Airlines<span></span>yang mengatakan, "penumpang tidak akan pernah diberitahu tentang kecelakaan pesawat secara pasti." "Jika ada waktu, penumpang hanya akan diberitahu tentang posisi pesawat, dan diberi aba aba 'waspada'. Terlepas apakah ada kesempatan untuk selamat dalam pendaratan darurat."

"Pilot tidak pernah menyampaikan apapun selain meminta penumpang untuk tenang dan ini bukan masalah besar selama pilot masih punya waktu mengatasi". Awak kabin telah memberitahu tentang prosedur kecelakaan dan mempraktekkan beberapa kali apa yang harus dilakukan dalam keadan darurat.

Berita Terkait

Daftar 20 Maskapai Penerbangan Teraman di Dunia 2020 versi AirlineRatings.com Adakah Indonesia

Nurofia Fauziah

Pasangan Ini Rela Terbang 30 Jam saat Lockdown Covid-19 buat Bertemu Bayi ‘Sambung’ Mereka

Nurofia Fauziah

Ada Diskon Tiket Pesawat & Bebas Visa buat Turis Mesir Dibuka Kembali

Nurofia Fauziah

Demi Kereta Bisa Beroperasi, Rel di Kota Ini Sengaja Dibakar

Nurofia Fauziah

Panduan Transportasi, Harga Tiket dan Tips Liburan ke Candi Borobudur ala TribunTravel

Nurofia Fauziah

25 Fakta Unik China, Negara yang Menjadikan Warna Putih untuk Tanda Berkabung

Nurofia Fauziah

Yuk Isi Libur Lebaran ke Destinasi Paling Hits di Depok

Nurofia Fauziah

Destinasi Instagramable di Magelang Spot Selfie Terbaik hingga Tips Berwisata di Mata Langit

Nurofia Fauziah

Ini Cara Paling Mudah dan Murah ke Korea Selatan

Nurofia Fauziah

Baru Pertama Kali Terjadi, 110 Hiu di Menjangan Besar, Karimunjawa Mati Mendadak

Nurofia Fauziah

Ini Dia Kota Terdingin di Indonesia Bukan Malang atau Puncak

Nurofia Fauziah

5 Destinasi Wisata Olahraga Terbaik di Indonesia

Nurofia Fauziah

Leave a Comment