Techno

Ini 5 Tips Menghemat Baterai Ponsel Saat Mudik

Lebaran tahun 2019 sebentar lagi akan tiba, maka beberapa orang melakukan mudik untuk pulang ke kampung halaman. Banyak transportasi yang bisa digunakan saat mudik, seperti pesawat, kapal, kereta api, maupun kendaraan pribadi. Namun seringkali kita saat mudik ingin banyak mengebadikan pemandangan di sepanjang jalan menuju kampung halaman.

Tapi seringkali kita kehabisan daya baterai saat sedang melakukan perjalanan. Bagi yang membawa power bank, mungkin bisa cukup tenang karena dapat mengisi daya baterai selama perjalanan. Lantas bagaimana yang tidak membawa atau tidak mempunyai power bank namun daya baterai tidak cepat habis?

Semakin terang kecerahan layar smartphone maka akan semakin boros menghabiskan daya baterai. Maka saat sedang melakukan perjalanan, aturlah kecerahan layar ponsel sesuai kebutuhan agar baterai smartphone tidak cepat habis. Banyak aplikasi yang tertanam dalam smartphone dan kadang satu dari aplikasi tersebut memakan daya konsumsi baterai paling banyak.

Jika aplikasi tersebut digunakan secara menerus, makan daya dalam baterai dapat tersedot dengan cepat. Untuk itu, kamu perlu mematikan aplikasi tersebut atau tidak menggunakannya. Jika kamu tidak tahu aplikasi apa saja yang menghabiskan baterai ponselmu, kamu bisa mengeceknya melalui "Setting" lalu ke "Batterry & Performance" dan pilih "Power Usage".

Dalam pengaturan tersebut, pengguna bisa melihat aplikasi mana saja yang paling menguras baterai. Perlu diingat, masing masing menu di smartphone mungkin berbeda. Namun menu yang seirama dengan fungsi baterai di atas nampaknya sudah tersedia di berbagai smartphone saat ini.

Saat sedang dalam daerah tertentu, sinyal ponsel terkadang tidak dapat dijangkau. Ponsel yang sedang mencari sinyal akan menyedot daya baterai lebih banyak. Kamu bisa mengaktifkan mode pesawat atau Airplane Mode untuk menghemat baterai.

Lalu kamu bisa mematikan mode pesawat saat berada di rest area atau area yang padat penduduk, karena biasanya sinyal ada di area yang memiliki banyak penduduk. Dalam ponsel keluaran terbaru, biasanya terdapat fitur power saving atau penghemat daya. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengatur aplikasi yang dapat berjalan di latar belakang agar lebih menghemat penggunaan daya baterai.

Fitur tersebut memang berguna lantaran bisa membatasi kemampuan ponsel dan hanya fitur yang penting saja yang bisa berjalan seperti telepon,SMS, internet, dan sebagainya. Meskipun penggunaan wallpaper animasi atau live wallpapers menarik, namun justru dapat menyebabkan baterai menjadi cepat habis. Seperti halnya ketika menggunakan widget yang membutuhkan update data dari internet akan menyebabkan daya baterai pun ikut terkuras.

Dengan mematikan kedua fitur tersebut, kamu dapat menghemat daya baterai.

Berita Terkait

Daftar 10 Smarthphone Android Terbaik Versi AnTuTu Bulan Agustus

Nurofia Fauziah

5 Destinasi Wisata Malam Untuk Liburan Singkat

Nurofia Fauziah

Fitur Baru, Google akan Biarkan Data Riwayat Web Anda Terhapus Otomatis Tiap Beberapa Bulan

Nurofia Fauziah

7 Jutaan Galaxy A71 Rp 6 Jutaan Bonus Galaxy Buds senilai Rp 1 Daftar Harga HP Samsung Terbaru 2020

Nurofia Fauziah

Huawei Dikabarkan akan Merilis Smartphone Unggulan Terbaru Setelah Huawei Mate 30

Nurofia Fauziah

Note 8 Pro hingga Mi Note 10 Pro Lengkap! Harga Terbaru HP Xiaomi Bulan Mei 2020

Nurofia Fauziah

3 Besar Dompet Digital Indonesia Untuk Transaksi Ritel, Transportasi dan Pengiriman Makanan Online

Nurofia Fauziah

Harga Realme 3 di Indonesia Cuma Rp 2 Jutaan? Berikut Penjelasannya

Nurofia Fauziah

Kisah Febri Sebagai Mitra Gojek Sewa Rumah hingga Beauty Class

Nurofia Fauziah

Sosok Penting di Balik Kecanggihan Quad Camera 64 MP Realme XT Fotografer National Geographic

Nurofia Fauziah

Manjakan Member Untuk Berbelanja di Merchant Offline

Nurofia Fauziah

Berikut Keunggulannya Vivo S1 Pro Akhirnya Resmi Dijual di Indonesia

Nurofia Fauziah

Leave a Comment