Corona

Ilmuwan Amerika Ubah jadi Lantunan Musik Beginilah Suara Virus Corona

Ilmuwan Amerika Serikat mengubah struktur virus corona, yakni SARS CoV 2 yang menyebabkan sakit Covid 19, menjadi alunan musik. Diketahui viruscorona memiliki duri duri yang memungkinkan berikatan dengan reseptor sel inang manusia terdiri dari asam amino. Lalu para ilmuwan dari Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Massachusetts Institute of Technology bereksperimen dengan hal tersebut.

Melansir , mereka menggunakan teknologi kecerdasan buatan bernama sonifikasi untuk membuat masing masing asam amino itu menjadi nada yang unik. Selain itu juga mengubah protein menjadi sebuah lembaran musik. Asam amino ini berbentuk melengkung menjadi heliks atau membentang seperti lembaran.

Para peneliti menangkap gerakan virus ini dengan mengubah durasi dan volume nadanya. Potongan klip suara sepanjang 110 menit ini meliputi bunyi denting lonceng, senar, dan seruling. Menurut laporan yang dipublikasikan Science Magazine minggu lalu, suara suara ini mewakili aspek yang berbeda dari protein.

Ilmuwan MIT mengatakan mereka memiliki koto, alat musik tradisonal Jepang berbasis senar karena menghasilkan musik yang halus. Sebenarnya proyek ini bertujuan serius, para ilmuwan berharap hasilnya akan membantu mengidentifikasi bagian protein yang ditargetkan oleh antibodi. Maupun obat obatan dengan cara mencari urutan musik tertentu sesuai areanya.

Peneliti beranggapan ini adalah metode yang lebih cepat dan intuitif daripada metode konvensional yang digunakan untuk mempelajari protein. Seperti halnya pemodelan molekuler. Sejatinya ide ini berasal dari studi tim peneliti yang sama.

Hasil penelitian tersebut sudah diterbitkan dalam jurnal ACS Nano, Juni tahun lalu. Penelitian tersebut berisi cara menerjemahkan sekuens asam amino menjadi suara. Pendekatan ini memberikan jalan untuk memahami pola urutan, variasi, mutasi, dan menawarkan mekanisme untuk menjelaskan pentingnya urutan protein.

Menurut penelitian, hal ini dapat digunakan untuk mendeteksi efek mutasi melalui suara. Rekaman suara virus corona ini dibagikan di SoundCloud milik Markus J. Buehler. Klip tersebut bertajuk Viral Counterpoint of the Coronavirus Spike Protein (2019 nCoV).

Klip ini sudah diputar sebanyak 296.000 kali. Bahkan juga sudah disukai 1.500 lebih akun SoundCloud dan dibagikan 118 kali. Menurut catatan Worldometers pada Selasa (7/4/2020), dunia sudah mengantongi 1.365.065 kasus Covid 19.

Sementara itu jumlah kematian mencapai 76.488. Angka kesembuhan lebih banyak daripada mortalitas, yakni sebanyak 293.879.

Berita Terkait

106 Anggota DPRD DKI Tak Punya Kegiatan Rapat Kerja Apapun Selama 12 Hari Kantor Ditutup

Nurofia Fauziah

PDIP Yakin Anies Tak Mampu Kembalikan Ibu Kota menuju Masa Pembatasan Ekstrem Lagi Emang Duitnya Ada

Nurofia Fauziah

Presiden Sampaikan Situasi Terkini Dampak Covid-19 Bertemu Purnawirawan TNI-Polri

Nurofia Fauziah

Begini Struktur & Tugas Komite Kebijakan yang Dibentuk Presiden Hadapi Covid-19

Nurofia Fauziah

Jumlah Kasus Positif di 32 Provinsi DKI Jakarta Tembus 1.000 Pasien UPDATE Corona 4 April 2020

Nurofia Fauziah

Ini Kata Menkeu Nasib THR & Gaji ke-13 PNS Belum Jelas Wabah Corona Dipangkas atau Ditunda

Nurofia Fauziah

Tembus 17 Ribu Kasus Positif 2.331 Kasus Baru dalam 4 Hari UPDATE Corona di Indonesia 16 Mei 2020

Nurofia Fauziah

Ini Kata Akademisi UGM Kalung Eucalyptus Disebut sebagai Antivirus Covid-19

Nurofia Fauziah

Total Kasus Positif 27.549 & Meninggal 1.663 Sembuh 7.935 UPDATE Corona Indonesia 2 Juni

Nurofia Fauziah

Penjelasan & ketentuan Darurat Sipil yang Bisa Jadi Dilakukan Jokowi Tangani Corona

Nurofia Fauziah

30 Negara dengan Kasus Terbanyak China Urutan 25 Indonesia Urutan 26 Update Corona Global 17 Juli

Nurofia Fauziah

4 Provinsi dengan 0 Kasus Kematian per Selasa 21 April 2020 UPDATE Corona Indonesia

Nurofia Fauziah

Leave a Comment