Regional

Ide Buat Video hingga Bayaran Endorse kisah Seniman yang Viral Berkat Tarian Bergaya Wayang Kulit

Dua seniman asal Medan, Sumatera Utara, menjadi viral berkat tarian bergaya wayang kulit. Keduanya seniman tersebut adalah Pandu Prabudy atau sering disapa Mas Ngger sebagai wayang, dan Rangga sebagai dalangnya. Mas Ngger mengaku, tujuan awal membuat video tarian bergaya wayang kulit yaitu untuk menghibur.

Selain itu, keduanya juga ingin memperkenalkan budaya Indonesia kepada generasi milenial. "Tiba tiba terlintas untuk memerankan karakter wayang, jadi menghibur sekaligus mengangkat budaya Indonesia," jelas Mas Ngger. Mas Ngger dan Rangga semakin bersemangat untuk mengunggah video, setelah tarian bergaya wayang kulit itu viral di media sosial.

"Setelah video saya viral, jadi termotivasi, jadi semangat untuk berkarya," katanya. "Kalau terkenal sih relatif, saya lebih berkarya untuk masa depan juga gitu," lanjut Mas Ngger. Seniman itu menyampaikan, ia sengaja mengenalkan budaya Indonesia dengan cara modern, agar mudah diterima masyarakat.

"Saya ingin mempromosikan budaya itu secara modern, supaya lebih diterima ke anak anak muda sekarang." "Jadi saya lebih ke kombinasikan budaya adat Jawa ke modern, agar lebih mudah diterima masyarakat," terangnya. Mas Ngger dan Rangga pun tak percaya setelah video menari bergaya wayang kulit yang dikendalikan dalang itu menjadi viral.

Bahkan, keluarganya juga tak menyangka setelah video tersebut ditayangkan di televisi. "Awalnya enggak ada yang tahu (kalau viral), keluarga juga merasa kaget." "Sempat ditayangkan dua stasiun televisi, kaget juga enggak percaya," ungkap Mas Ngger.

Ia pun bersyukur, setelah mendapat tanggapan yang baik dari para warganet yang menonton videonya. "Alhamdulillah respon positif, enggak ada yang mem bully atau apa, Alhamdulillah terhibur semua," imbuhnya. Mas Ngger menambahkan, pihaknya mulai ditawari untuk mengiklankan produk atau endorsment.

Namun, dirinya masih merasa bingung dan tak memasang harga dari endorse sebuah produk tersebut. "Karena baru awal, saya enggak ngerti yang seperti itu, sempat kaget dan bingung untuk menanggapi." "Saya enggak mau membatasi (bayaran endorse ) berapa, ya sudah seikhlas hati saja," katanya.

Mengenai pakaian yang digunakan saat menari, Mas Ngger dan Rangga mengaku tak mengambil pusing. Mas Ngger sebagai penari, hanya berusaha untuk mengenakan pakaian yang menghibur. Sementara, Rangga berpakaian layaknya seorang dalang dengan mengenakan pakaian dari mendiang kakeknya.

"Kalau untuk kostum, kami lebih memanfaatkan pakaian yang ada, pakai yang konyol konyol saja," ucap Mas Ngger. Ditanya soal karya selanjutnya yang akan dibuat, Mas Ngger berujar akan tetap melakukan tarian wayang. Namun, ia juga akan berpikir untuk terus berkreasi mengangkat budaya Indonesia lainnya.

"Untuk saat ini masih mengangkat budaya wayang, ke depan pasti kami akan berpikir budaya yang akan dinaikkan lagi." "Kami karakter tetap wayang dengan dalang, tapi ke depan kayak mengarah ke cerita pendek," terangnya. Sementara itu, Rangga mempunyai ide untuk melakukan tarian bergaya wayang lainnya, yang ia beri nama budak cinta (bucin).

"Wayang bucin namanya, nanti kita buat kayak kata kata yang bucin," imbuh Rangga.

Berita Terkait

Pakai Kostum Superhero buat Imbau Anak-anak agar Tetap di Rumah Cara Unik Kampung di Sukoharjo

Nurofia Fauziah

Tidak Pakai CD Sejak Dari Rumah Kuatkan Dugaan Tukang Pijat Ini Berencana Rudapaksa Kliennya

Nurofia Fauziah

Pelaku Sudah Siapkan Lubang Kuburkan Jenazah Anak Bunuh Ibu Pakai Cangkul Kesal Dimarahi

Nurofia Fauziah

Pelaku Penembakan Buruh Sawit di Kabupaten Pelalawan Ditangkap di Medan

Nurofia Fauziah

Pembunuh Perangkat Desa di Kebumen Ini Akhirnya Ditangkap 6 Tahun Jadi Buron

Nurofia Fauziah

Bunga Salsabila Punya Cara Tersendiri Hadapi Haters Aksinya Sering Viral & Curi Perhatian

Nurofia Fauziah

Zuraida Hanum Pembunuh Hakim Jamaluddin Terus Menangis Dituntut Hukuman Penjara Seumur Hidup

Nurofia Fauziah

Pelaku Pembunuhan Satu Keluarga di Sukoharjo Tertangkap BREAKING NEWS

Nurofia Fauziah

Berawal dari Makan Berkat Nenek di Madura Lakukan Sumpah Pocong Gara-gara Dituduh Punya Ilmu Santet

Nurofia Fauziah

Korban Tewas di Luwu Utara 32 Orang & 16 Orang Masih Belum Diketahui Nasibnya

Nurofia Fauziah

Belum Ada Laporan Kerusakan di Sukabumi Terkait Gempa Pangandaran

Nurofia Fauziah

Menkumham iDiminta Telusuri Oknum yang Terlibat Pencariaan Djoko Tjandra

Nurofia Fauziah

Leave a Comment