Bisnis

Hingga Akhir Tahun Ini, IHSG Diprediksi Bisa Tembus 6.800

PT Bahana Sekuritas memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) Bisa tembus di level 6.800 hingga akhir tahun 2019. Artinya, terdapat pergerakan positif hingga akhir tahun 2019. "Saya berpandangan sampai akhir tahun indeks kita akan positif trennya," kata Kepala Riset Bahana Sekuritas Lucky Ariesandi di Jakarta, Kamis (24/5/2019). Lucky optimis sebab dasar perhitungan valuasi IHSG telah mempertimbangkan potensi kinerja pertumbuhan perusahaan tercatat.

"Metodologi valuasi indeks ini kita lihat dari potensi earnings growths, yaitu dari proyeksi earnings growths individual companies. Lalu semua di agregat dan cari tahu berapa earnings growths untuk indeks. Kemudian kita bandingkan dengan historical nya," jelas Lucky. Lucky menjelaskan, sektor infrastruktur pada pemerintahan kedua Presiden Jokowi menjadi salah satu sektor penopang positifnya IHSG. Sebab, anggaran pemerintah untuk infrastruktur di kepemimpinan kedua Jokowi naik dibanding kepemerintahan pertamanya. Hal ini tentu membuat industri semen dan konstruksi mencatat hasil positif. Bahkan sepanjang tahun 2019 pemerintah mengalokasikan Rp 415 triliun dalam APBN.

"Yang paling mencolok adalah bagaimana beliau melakukan pendanaan pembangunan infrastruktur. Katanya untuk 5 tahun ke depan pemerintah telah menyiapkan sekitar 415 miliar dollar AS untuk infrastruktur," ucap Lucky. "Dampaknya terhadap perusahaan konstruksi adalah peningkatan order book mereka. Saat ini saja sudah meningkat 3 kali lipat dibanding tahun 2014. Di pemerintahan kedua tentu saja akan menaikkan order book semakin tinggi," jelas Lucky. Kendati positif, Lucky mengatakan 1 sampai 2 bulan ini pergerakan IHSG masih random. Lucky pun menyebut IHSG masih akan mendapat tekanan di summer months sehingga belum bisa seimbang.

"Kalau untuk 1 2 bulan pergerakan IHSG masih random. Tendensinya di summer months indeks pun cenderung ada tekanan bahkan sampai akhir bulan Mei. Jadi belum semuanya re balancing tapi masih ada tekanan dari situ," kata Lucky.

Berita Terkait

Pemerintah Buka Opsi buat Berikan Subsidi Pulsa bagi Guru & Murid

Nurofia Fauziah

Jiwasraya Disebut Belum Sampaikan Laporan Keuangan 2018 menuju OJK

Nurofia Fauziah

Ini Penyebabnya 8 Persen pada 2020 Ekonomi Indonesia Diprediksi Hanya Tumbuh 4

Nurofia Fauziah

Hadiah Undian Senilai Total Rp 8 Miliar Bagi Pelanggan yang Beruntung

Nurofia Fauziah

KPPU Mengaku Kantongi Satu Alat Bukti Lima Perusahaan Minyak Diduga Terlibat Kartel Harga BBM

Nurofia Fauziah

Reksadana Sinar Mas Aman Diperdagangkan Pasar Sempat Bergejolak

Nurofia Fauziah

Jumlah Tenaga Kerja Terancam Berkurang UMP Naik Terus

Nurofia Fauziah

Prupay Link Jadi Inovasi Digital Permudah Nasabah Bayar Premi

Nurofia Fauziah

Pemerintah Tambah Surat Utang Berdenominasi Dolar As Dan Euro Tambal Defisit

Nurofia Fauziah

GrabFood Perluas Jaringan GrabKitchen dengan Buka Dua Cloud Kitchen di Medan Dukung UMKM Lokal

Nurofia Fauziah

Indonesia Pertumbuhan Ekonominya Ranking 3 Patut Kita Syukuri Jokowi

Nurofia Fauziah

AICE Klaim Telah Perhatikan Kesehatan Buruh Hamil Jubir Serikat Buruh Sebut 13 Buruh AICE Keguguran

Nurofia Fauziah

Leave a Comment