Nasional

Gempa Hari Ini BMKG Catat Telah Terjadi Dua Gempa Pada Hari Ini, Tidak Berpotensi Tsunami

Telah terjadi dua gempa pada hari ini, Kamis (7/3/2019) di waktu yang berbeda. Menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa telah terjadi di wilayah Wewak, Papua New Guinea dan di wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Berdasarkan catatan BMKG, gempa pertama terjadi di wilayah Wewak, Papua New Guinea pada pukul 01.47 WIB.

Dari pantauan BMKG, gempa yang mengguncang Wewak, Papua New Guinea tersebut, berkekuatan Magnitudo 5,9. Gempa yang mengguncang Wewak, Papua New Guinea ini berpusat di darat dengan kedalaman 153 kilometer. Menurut BMKG, gempa yang guncang Wewak, Papua New Guinea ini berada di 61 kilometer barat daya Wewak, Papua New Guinea.

BMKG juga mengeluarkan pernyataan jika gempa yang mengguncang Wewak, Papua New Guinea tersebut, tidak berpotensi akan terjadinya tsunami. Kemudian, gempa kedua terjadi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada pukul 15.43 WIB. Dari catatan BMKG, gempa yang mengguncang Kabupaten Pangandaran tersebut, berkekuatan Magnitudo 4,6 dengan kedalaman 81 kilometer.

Gempa yang mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ini, berpusat di laut, tepatnya di 68 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran. Berdasarkan Skala MMI, gempa yang mengguncang Kabupaten Pangandaran ini dirasakan dengan Skala MMI I II. Berdasarkan Skala MMI (Modified Mercalli Intensity), beginilah gambaran keadaan yang dirasakan seseorang terhadap guncangan gempa, dikutip dari situs BMKG:

Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan akan ada truk berlalu. Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang barang terpelanting, tiang tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar, plester dinding jatuh dan cerobong asap pada pabrik rusak, kerusakan ringan. Tiap tiap orang keluar rumah. Kerusakan ringan pada rumah rumah dengan bangunan dan konstruksi yang baik. Sementara pada bangunan yang konstruksinya kurang baik terjadi retak retak bahkan hancur, cerobong asap pecah. Terasa oleh orang yang naik kendaraan.

Kerusakan ringan pada bangunan dengan konstruksi yang kuat. Retak retak pada bangunan degan konstruksi kurang baik, dinding dapat lepas dari rangka rumah, cerobong asap pabrik dan monumen monumen roboh, air menjadi keruh. Kerusakan pada bangunan yang kuat, rangka rangka rumah menjadi tidak lurus, banyak retak. Rumah tampak agak berpindah dari pondamennya. Pipa pipa dalam rumah putus.

Bangunan dari kayu yang kuat rusak,rangka rumah lepas dari pondamennya, tanah terbelah rel melengkung, tanah longsor di tiap tiap sungai dan di tanah tanah yang curam. Bangunan bangunan hanya sedikit yang tetap berdiri. Jembatan rusak, terjadi lembah.

Pipa dalam tanah tidak dapat dipakai sama sekali, tanah terbelah, rel melengkung sekali. Hancur sama sekali, Gelombang tampak pada permukaan tanah. Pemandangan menjadi gelap.

Benda benda terlempar ke udara.

Berita Terkait

Gubernur Sumbar Sambut Cukup Meriah Kedatangan Ratusan Turis China Di Tengah Heboh Virus Corona

Nurofia Fauziah

Dulu Kalau Ketemu Orang yang Bersin Kita Mendoakan Sekarang Lari Tunggang-langgang Fahri Hamzah

Nurofia Fauziah

Gedung Kemenkumham Ditutup Sementara Sejumlah ASN Terinfeksi Covid-19

Nurofia Fauziah

Segera Cetak Kartu 20 Juni 2020 Hari Terakhir Pendaftaran Sabtu Cara Daftar UTBK-SBMPTN 2020

Nurofia Fauziah

Tonton di HP Sedang Berlangsung Live Streaming Sidang Isbat Awal Ramadhan 1441 H

Nurofia Fauziah

5 Hal yang Wajib Dilakukan buat Dapat Token Listrik Gratis 5 Juta Pelanggan Berhasil Klaim 8

Nurofia Fauziah

PDIP Tegaskan Amandemen Terbatas Dukung Kepemimpinan Visioner Jokowi

Nurofia Fauziah

KPU Terima Tantangan BPN Prabowo Sandiaga Untuk Diaudit IT Forensik

Nurofia Fauziah

Ini Solusi Bawaslu Anggaran APD Bagi Penyelenggara di Pilkada Belum Cair

Nurofia Fauziah

KPK Periksa Direktur PT Indonesian Advisory Terkait Dugaan Korupsi di PT DI

Nurofia Fauziah

Haris Azhar Singgung Kasus Semen Kendeng Sebut Rezim Jokowi Kerap Abaikan Putusan MA

Nurofia Fauziah

KPK Juga Bawa 3 Kendaraan & Uang dari Penangkapan Nurhadi di Simprug

Nurofia Fauziah

Leave a Comment