Nasional

Gempa Hari Ini BMKG Catat Telah Terjadi Dua Gempa Pada Hari Ini, Tidak Berpotensi Tsunami

Telah terjadi dua gempa pada hari ini, Kamis (7/3/2019) di waktu yang berbeda. Menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa telah terjadi di wilayah Wewak, Papua New Guinea dan di wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Berdasarkan catatan BMKG, gempa pertama terjadi di wilayah Wewak, Papua New Guinea pada pukul 01.47 WIB.

Dari pantauan BMKG, gempa yang mengguncang Wewak, Papua New Guinea tersebut, berkekuatan Magnitudo 5,9. Gempa yang mengguncang Wewak, Papua New Guinea ini berpusat di darat dengan kedalaman 153 kilometer. Menurut BMKG, gempa yang guncang Wewak, Papua New Guinea ini berada di 61 kilometer barat daya Wewak, Papua New Guinea.

BMKG juga mengeluarkan pernyataan jika gempa yang mengguncang Wewak, Papua New Guinea tersebut, tidak berpotensi akan terjadinya tsunami. Kemudian, gempa kedua terjadi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada pukul 15.43 WIB. Dari catatan BMKG, gempa yang mengguncang Kabupaten Pangandaran tersebut, berkekuatan Magnitudo 4,6 dengan kedalaman 81 kilometer.

Gempa yang mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ini, berpusat di laut, tepatnya di 68 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran. Berdasarkan Skala MMI, gempa yang mengguncang Kabupaten Pangandaran ini dirasakan dengan Skala MMI I II. Berdasarkan Skala MMI (Modified Mercalli Intensity), beginilah gambaran keadaan yang dirasakan seseorang terhadap guncangan gempa, dikutip dari situs BMKG:

Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan akan ada truk berlalu. Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang barang terpelanting, tiang tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar, plester dinding jatuh dan cerobong asap pada pabrik rusak, kerusakan ringan. Tiap tiap orang keluar rumah. Kerusakan ringan pada rumah rumah dengan bangunan dan konstruksi yang baik. Sementara pada bangunan yang konstruksinya kurang baik terjadi retak retak bahkan hancur, cerobong asap pecah. Terasa oleh orang yang naik kendaraan.

Kerusakan ringan pada bangunan dengan konstruksi yang kuat. Retak retak pada bangunan degan konstruksi kurang baik, dinding dapat lepas dari rangka rumah, cerobong asap pabrik dan monumen monumen roboh, air menjadi keruh. Kerusakan pada bangunan yang kuat, rangka rangka rumah menjadi tidak lurus, banyak retak. Rumah tampak agak berpindah dari pondamennya. Pipa pipa dalam rumah putus.

Bangunan dari kayu yang kuat rusak,rangka rumah lepas dari pondamennya, tanah terbelah rel melengkung, tanah longsor di tiap tiap sungai dan di tanah tanah yang curam. Bangunan bangunan hanya sedikit yang tetap berdiri. Jembatan rusak, terjadi lembah.

Pipa dalam tanah tidak dapat dipakai sama sekali, tanah terbelah, rel melengkung sekali. Hancur sama sekali, Gelombang tampak pada permukaan tanah. Pemandangan menjadi gelap.

Benda benda terlempar ke udara.

Berita Terkait

Koopsus TNI Gelar Latihan Penanggulangan Teror Ancaman Senjata Biologi Saat Pandemi Covid-19

Nurofia Fauziah

Polisi Bakal Bubarkan Demonstrasi Mahasiswa Jika Berujung Anarkis

Nurofia Fauziah

16 Persen Didominasi Kejahatan Jalanan Kriminalitas Meningkat 4 ‎Pasca Lebaran

Nurofia Fauziah

Serahkan 3 Dokumen Mahfud Datang menuju DPR Bahas RUU HIP Mewakili Presiden Jokowi

Nurofia Fauziah

Negara Tidak Sedang Terancam Teror Diskusi UGM Kriminolog UI

Nurofia Fauziah

PGRI Minta Dana Program Organisasi Penggerak Dialihkan buat Bantu Siswa Belajar Jarak Jauh

Nurofia Fauziah

Simak Cara Daftar & Panduan buat Ikut Serta Simulasi Tes SKD CPNS di Laman cat.bkn.go.id

Nurofia Fauziah

PT KAI Larang Calon Penumpang kereta yang Bersuhu Tubuh Tinggi Upaya Tangkal Corona

Nurofia Fauziah

Itu Urusan Kejaksaan Biar Bertanggung Jawab Sendiri Mahfud MD Enggan Tanggapi Kasus Novel Baswedan

Nurofia Fauziah

Jokowi Tetap Hadiri Video Conference Terkait Penanganan Covid-19 dari Istana Bogor Nanti Malam

Nurofia Fauziah

Saeful Bahri Akui Beri Uang menuju Wahyu Setiawan Terkait PAW Harun Masiku

Nurofia Fauziah

Kombes Argo Yuwono Akan Jabat Karopenmas Divisi Humas Polri Gantikan Brigjen Dedi Prasetyo

Nurofia Fauziah

Leave a Comment