Nasional

Gangguan Bank Mandiri Hari Ini, Nasabah Keluhkan Saldo Hilang hingga Tersisa 0 Rupiah

Bank Mandiri mengalami gangguan hari ini. Banyak nasabah yang mengeluhkan saldonya hilang dengan nominal yang cukup banyak. Bahkan beberapa nasabah menyebut saldo dalam ATM miliknya hanya tersisa 0 rupiah.

Namun ternyata, gangguan tersebut tak hanya pengurangan saldo. Sejumlah nasabah menyebut jika saldonya kini justru bertambah. Keluhan ini ramai diperbincangkan oleh pengguna media sosial Twitter.

Pengguna Twitter yang juga nasabah Bank Mandiri ini ramai ramai menggunakan tagar #mandirierror. Sejumlah nasabah juga mengeluhkan sulitnya menghubungi layanan call center Bank Mandiri. Tak sedikit nasabah yang kebingungan mengenai gangguan ini.

Terlebih lagi, kantor cabang Bank Mandiri banyak yang tutup di akhir pekan ini. Seorang nasabah bernama Masyhudy Asyiko, mengeluh tak bisa meghubungi call center bank mandiri. Nasabah lain bernama Erliya Maya juga mengeluh kehilangan saldo sebesar Rp 500 ribu tanpa ada transaksi apa pun.

Berikut ini beberapa keluhan nasabah Bank Mandiri yang disampaikan di media sosial Twitter. Menanggapi keluhan resmi nasabah ini, Bank Mandiri menyebut saat ini tengah melakukan investigasi. Bank Mandiri memastikan, nasabah tak akan kehilangan dana.

Saat ini, pihak Bank Mandiri tengah melakukan normalilasi data. Hi Ibu Risa. Kami mohon maaf krn kendala ini, saat ini sdg kami investigasi. Ibu tdk perlu khawatir krn kami pastikan tdk ada dana Ibu yg berkurang. Krn saat ini proses normalisasi datanya sdg berjalan, Ibu bisa secara berkala memeriksa saldonya melalui echannel kami. Tks~Rere Terkait ganggunan ini, Bank Mandiri menggelar konferensi pers Lounge lobby utara Plaza Mandiri, Jend. Gatot Subroto Kav. 36 38, Jakarta.

Mengutip dari tayangan Kompas TV, Bank Mandiri saat ini tengah melakukan pemeliharaan sistem teknologi informasi untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan nasabah. Hal ini disampaikan oleh Corporate Secretary, Rohan Hafas. Rohan mengatakan, pihaknya meminta maaf kepada nasabah atas gangguan yang dialami pagi ini.

"Kami sampaikan permohonan maaf kepada beberapa nasabah dimana terjadi kekeliruan dengan data jumlah saldo di rekening nasabah," kata Rohan. Gangguan ini, dikatakan Rohan, dialami oleh sekitar 10 persen dari total nasabah Bank Mandiri. Lebih lanjut, Rohan menjelaskan, gangguan ini merupakan terjadi di sistem IT saat proses akhir hari di back up.

"Jadi saat saldo baru muncul itu ada 10 persen nasabah yang saldonya berbeda," ungkap Rohan. Baca: Bank Mandiri Error, Saldo Tabungan Nasabah Ludes Nol Rupiah Tapi Ada yang Bertambah Rp 95 Juta Rohan memastikan pihaknya tengah melakukan pemulihan.

Selain itu, saldo nasabah juga dipastikan oleh Rohan telah di back up sebelum proses akhir hari. "Jadi saldonya aman, akan kembali," ungkapnya. Rohan juga meminta nasabah untuk terus melakukan pengecekan saldo di rekening.

"Salso nasabah akan kembali seperti sedia kala," ucapnya. Gangguan ini dialami oleh nasabah di seluruh Indonesia dengan jumlah 10 persen dari total nasabah. Rohan menegaskan, pihaknya menjamin uang nasabah akan aman.

Rohan kembali menjelaskan, gangguan terjadi saat pemindahan data di akhir hari atau saat tutup buku. Saat data tersebut dipindah ke suatu server, terjadi masalah dalam sistem IT sehingga menimbulkan gangguan saldo dalam rekening nasabah. Sementara untuk gangguan penambahan dan pengurangan saldo, Rohan menilai, hal ini membuktikan tidak adanya fraud (bentuk penipuan).

"Jadi ini ada saldo berkurang ada saldo bertambah, inilah yang membuktikan ini bukan fraud," kata Rohan. Untuk rekening yang mengalami penambahan saldo, Bank Mandiri akan secara otomatis mengambil saldo tersebut. Sementara bagi pengguna yang telah menggunakan penambahan saldo, Bank Mandiri akan menghubungi nasabah lewat data base yang dimiliki.

Saat ditanya mengenai kriteria rekening yang mengalami gangguan, Rohan menyebut hal ini terjadi secara acak. "Itu random. Mungkin nomor urut rekening secara sistem. Tapi sangat random, tidak ada kriteria apa pun," ungkapnya. Rohan juga menjamin, Bank Mandiri di seluruh cabang akan memberikan penjelasan terkait gangguan ini kepada nasabah untuk membuat nasabah tak khawatir.

Baca: Bank KEB Hana Resmi Kelola Rekening Dana Nasabah Bagi nasabah yang masih mengalami gangguan dalam rekeningnya dapat menghubungi call center Bank Mandiri, Mandiri Care, via email, atau mendatangi langsung kantor cabang Bank Mandiri. Namun, Rohan berjanji akan memperbaiki gangguan ini secara sistematis.

Bank Mandiri juga akan melakukan investigasi terkait gangguan IT tersebut. Rohan menyebut, saat ini pihaknya menduga, gangguan kemungkinan besar terjadi di hardware. Secara statistik, Bank Mandiri belum pernah mengalami gangguan seperti ini.

Bank Mandiri menyebut pencegahan selalu dilakukan dengan back up data.

Berita Terkait

Kuasa Hukum Sebut Said Didu Didukung Ratusan Purnawirawan

Nurofia Fauziah

Ini Alasannya RS Darurat Virus Corona Wisma Atlet Kemayoran Tidak Terima Pasien Anak

Nurofia Fauziah

Siapkan & Lengkapi ketentuan Ini Agar Rencana Naik Pesawat Tak Ditolak Petugas

Nurofia Fauziah

Data Pekerja Terdampak Covid-19 Capai 3 5 Juta Update Kemnaker

Nurofia Fauziah

Pemerintah Jamin Pasien Ditanggung BPJS Kesehatan 2 WNI di Depok Positif Virus Corona

Nurofia Fauziah

Saya Yakin UU 19 Dibuat dengan Niat Jahat Sindir Optimisme Pimpinan KPK Feri Amsari Soroti RUU KPK

Nurofia Fauziah

Kasum TNI Jelaskan Pembagian Tugas Empat Regu Paspampres Kunjungan Wapres menuju Mako Paspampres

Nurofia Fauziah

Akademisi IPB Apresiasi Menteri Pertanian Benahi Data Pangan

Nurofia Fauziah

Guru Besar UI Bicara Soal Rangkap Jabatan Pejabat Pemerintah di BUMN

Nurofia Fauziah

Wapres Ma’ruf Amin Dukung Pembentukan FKUB Tingkat Nasional

Nurofia Fauziah

Tokoh-tokoh Indonesia SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah buat SMP

Nurofia Fauziah

Kementerian PPPA Salurkan Paket Khusus Bagi Perempuan & Anak

Nurofia Fauziah

Leave a Comment