Kesehatan

Dr Tirta Sebut Warga Tak Boleh Bosan di Rumah Nanti Kalau Ketemu Saya di ICU Gimana

Tirta Mandira Hudi atau yang akrab disapa dr Tirta mengimbau semua kalangan untuk waspada terhadap virus corona. Hal tersebut diungkapkan dr Tirta dalam tayangan yang diunggah di kanal YouTube TVOne News, Selasa (24/3/2020). Dokter yang merupakan influencer atau relawan kemanusiaan ini mengimbau, semua pihak tidak saling menyalahkan dengan adanya wabah virus corona yang tengah melanda Indonesia.

Pasalnya, saat seperti ini adalah waktunya semua orang harus bersatu untuk melawan virus ini. "Ini bukan saatnya kita menyalahkan pemerintah, menyalahkan presiden, menyalahkan gubernur, menyalahkan Menteri Kesehatan (Menkes), ini bukan saatnya itu." "Ini saatnya pemerintah dan dokter ini kita bantu, dengan cara bisa donasi, bisa stay di rumah, dan jadilah lilin di setiap keluarga kalian."

"Kalau misalkan kita di rumah, orangtua kita kemakan hoaks di grup WhatsApp, 'Buk, Pak, jangan disebarin dulu, ajari yang baik kayak apa, stay di rumah,'" tegas Tirta. Menurutnya, saat seperti sekarang tidak boleh ada rasa bosan untuk tetap tinggal di rumah. Dr Tirta tak ingin Indonesia seperti Italia yang jumlah pasien positif dan meninggalnya meningkat dengan tajam.

"Bosan, bosen ntar kalau ketemu saya di ICU gimana nantinya ya?Lucu lucu tapi lucunya berakhir dengan nyawa." "Jadi ini tidak bisa lagi dengan artian bosan, jangan sampai Indonesia kayak Italia." "Karena di Italia udah diklarifikasi ya, dokter dari China yang volunter ke Italia, mereka sampai mengatakan warganya susah diatur."

"Sudah di lockdown, masih nekat ke luar nongkrong, jangan sampai Indonesia kayak Italia," paparnya. Tirta mengatakan, Indonesia masih kuat menghadapi ini dengan segala sistem kesehatan yang ada. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat membantu tenaga medis, yakni dengan cara tetap berada di rumah.

"Indonesia masih kuat, kita tuh sistem kesehatannya ribet banget, paling rumit di seluruh dunia." "(Ada) Posyandu, Puskesmas, RSUD, RSUP, jadi kita harusnya membanggakan itu dengan cara apa?" "Bantulah tenaga medis yang kerja di IGD dengan cara stay di rumah."

"Yang masih kerja di jalanan kalau pulang ke rumah jangan buru buru langsung tiduran di kasur, mandi, basuh cuci kaki dan cuci tangan." "Buat yang muslim lakukan wudhu sebelum salat, buat yang non muslim bisa dipakai juga," terangnya. Menurutnya, sekarang waktunya Indonesia melupakan segala perbedaan yang ada kemudian bersatu melawan virus ini.

"Jadi di sini saatnya kita bersatu lawan corona, lupakan pilihan politik untuk lawan musuh tak kasat mata, ya corona itu," tegasnya.

Berita Terkait

Lindungi Kesehatan Si Buah Hati dengan 5 Nutrisi Ini!

Nurofia Fauziah

Ciri-ciri Mata Lelah karena Banyak Menggunakan Gadget & Ini Cara Mengatasinya

Nurofia Fauziah

Cara Mudah Membuat Teh Pare buat Mengatasi Diabetes dan Memerangi Kolesterol

Nurofia Fauziah

Kolesterol Tinggi Biasanya Tanpa Gejala dan Berisiko Membahayakan Nyawa Bagaimana Mendeteksinya

Nurofia Fauziah

Iuran BPJS Kesehatan Bakal Disesuaikan, Berapa Besar Kenaikannya? Berikut Rincian Usulannya

Nurofia Fauziah

Mirip Penyakit Irish Bella Sakit Infeksi Kemih Padahal Hamil Kabar Sedih Sulis Eks Duet Hadad Alwi

Nurofia Fauziah

Hingga Pernah Nekat Lakukan Percobaan Bunuh Diri Mengenal Penyakit Mental yang Dialami Ariel Tatum

Nurofia Fauziah

Yuk Ikuti Kebiasaan Dokter Cantik Ini Jalan Cepat Minimal 15 Menit hendak Olahraga Murah & Gak Ribet

Nurofia Fauziah

Hindari Minum Kopi Kalau Tak Ingin Dehidrasi Cuaca Panas

Nurofia Fauziah

Tak Lagi Punya Empedu, Rano Karno Gak Boleh Makan Kolak, Kini Berat Badannya Turun 8 Kg

Nurofia Fauziah

Remaja ini Jadi Buta dan Tuli, Sejak SD Hanya Mau Makan Frozen Food dan Snack Kemasan

Nurofia Fauziah

Hyperhidrosis hingga Obesitas Stres 5 Tanda Tubuhmu Terserang Penyakit melalui Keringat

Nurofia Fauziah

Leave a Comment