Corona

Doni Monardo Ungkap Penyebab Peningkatan Kasus Covid-19 Jawa Timur yang Sempat Lebihi DKI Jakarta

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Doni Monardo mengungkapkan penyebab meningkatnya tambahan kasus virus corona di Jawa Timur khususnya di wilayah Surabaya. Menurut Doni Monardo, peningkatan kasus terkonfirmasi Covid 19 merupakan hasil kerja keras dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Pemerintah setempat telah melakukan tracing dan pengambilan sampel di berbagai lingkungan masyarakat.

Doni Monardo menilai, langkah Pemkot Surabaya tersebut strategis dan sangat cerdas. Mengingat untuk mendapatkan informasi mengenai kawasan yang banyak pasien positif Covid 19 tidaklah mudah. "Tentunya tak mudah untuk mendapatkan informasi daerah yang kawasannya banyak yang positif. Ini langkah yang strategis dan sangat cerdas," ungkap Doni Monardo dikutip dari .

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini pun turut menyanjung langkah langkah penanganan virus corona yang dilakukan Pemkot Surabaya. Ia juga berharap, pasien yang saat ini dirawat lekas sembuh agar dapat mendonorkan plasmanya kepada pemerintah untuk pengobatan pasien yang sakit berat. Sementara itu, diketahui wilayah Jawa Timur mengalami peningkatan tambahan kasus Covid 19 secara signifikan dalam kurun waktu dua minggu terakhir.

Pada 30 Mei 2020, 31 Mei 2020, dan 2 Juni 2020, tercatat tambahan kasus di Jawa Timur melebihi DKI Jakarta. Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pada Sabtu (30/5/2020) ada tambahan sebanyak 199 kasus di Jawa Timur. Sedangkan di DKI Jakarta ada 101 kasus tambahan.

Adapun pada Minggu (31/5/2020), tambahan kasus di Jawa Timur yakni sebanyak 244 kasus. Di DKI Jakarta tercatat ada 118 tambahan kasus positif Covid 19. Pada Selasa (2/6/2020),Jawa Timur mengalami penambahan kasus tertinggi lagi yakni sebanyak 213 kasus.

Disusul Papua dengan 94 kasus baru dan DKI Jakarta dengan 60 kasus baru. Saat berita ini ditulis, total kasus Covid 19 di Jawa Timur yakni sebanyak 5.135 kasus Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 dan Kementerian Kesehatan menjadikan Jawa Timur sebagai prioritas lantaran masih tingginya kasus Covid 19 di sana.

"Di Jawa terutama agar dibantu diberikan dukungan penuh untuk Provinsi Jawa Timur, terutama yang berkaitan dengan persiapan rumah sakit rujukan dan rumah sakit daruratnya," ujar Jokowi dikutip dari . Ia meminta Gugus Tugas dan Kementerian Kesehatan memasifkan tes Covid 19 serta pelacakan orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP). Selain itu, Presiden menginstruksikan Gugus Tugas dan Kementerian Kesehatan memperketat isolasi para ODP dan PDP yang terjaring.

"Yang berkaitan dengan percepatan pengujian sampel, pelacakan untuk yang terpapar di Jawa Timur betul betul dilaksanakan langkah langkah pengendalian," ujar Jokowi.

Berita Terkait

Lebih dari 1 Juta Orang Berhasil Sembuh dari Covid-19 Kabar Baik dari Seluruh Dunia

Nurofia Fauziah

Berikut Cara Daftarnya 5 Juta Dari Kartu Prakerja & Fasilitas Lain Dapat Saldo Rp 3

Nurofia Fauziah

617 Pasien Positif Covid-19 Dirawat di RS Wisma Atlet Update 18 Juni

Nurofia Fauziah

5 Miliar buat Hadapi COVID-19 Tempo Scan Tuntaskan 100% Bantuan Rp 17

Nurofia Fauziah

Krisis Akibat Covid-19 Jadi Peluang Bagi Industri Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Sandiaga Uno

Nurofia Fauziah

Doni Monardo Persilakan KPK Sadap Teleponnya 

Nurofia Fauziah

Total Kasus Positif 27.549 & Meninggal 1.663 Sembuh 7.935 UPDATE Corona Indonesia 2 Juni

Nurofia Fauziah

Afrika Selatan Laporkan 311.049 Infeksi 6 Juta Update Corona Global 16 Juli 2020 Tembus 13

Nurofia Fauziah

Komunitas Batak Bersatu Berbagi Ribuan Paket buat Warga Jakarta

Nurofia Fauziah

dan Jepang Korsel Wishnutama Luruskan Pernyataan Luhut yang Akan Tarik Wisatawan China

Nurofia Fauziah

Begini Struktur & Tugas Komite Kebijakan yang Dibentuk Presiden Hadapi Covid-19

Nurofia Fauziah

Kini Total Positif Covid-19 di Indonesia Sebanyak 49.009 Kasus Bertambah 1.113

Nurofia Fauziah

Leave a Comment