Regional

Diteksi Dini Bisa Kurangi Risiko Kematian & Tingkatkan Kesembuhan Pasien Covid-19

Untuk mencegah peningkatan jumlah kasus Covid 19, sangat penting dilakukan deteksi awal melalui testing yang cepat baik melalui antibody rapid test. Deteksi dini ini memungkinkan pemberian perawatan tepat waktu, khusus pada titik awal serangan Covid 19. "Sebelum serangan dasyat terjadi terhadap paru paru, pada akhirnya deteksi dini dan tepat waktu akan meningkatkan angka kesembuhan dan mengurangi angka kematian," kata Direktur RS Siloam Makassar dr Herry Bertus di sela sela program rapid tes terhadap 250 personilTNI AU Lanud Sultan Hasanuddin, Selasa (9/6/2020).

Program ini dilakukan kerjasama antara RS Siloam Makassar dan PT Gowa Makassar Tourism Development (GMTD) Tbk. Dikatakannya, untuk mendukung pemerintah menangani Covid 19,RSSiloamtelah meningkatkan30 persen kapasitas jumlah tempat tidur dan sepenuhnya mengoperasikan RS Darurat Rujukan. Tidak hanya itu, LaboratoriRSSiloammendukung dorongan pemerintah meningkatkan kapasitas Real Time Polymerase Chain Reaction (RT PCR).

"Testing dengan menjalankan empat mesin PCR dengan kapasitas berjalan sampai dengan 576 sampel pasien per hari. Tujuan utama testing para dokter, perawat dan pekerja medis di lapangan," tuturnya. Terkait program rapid test yang dilakukandi Gedung SerbagunaLanudSultanHasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (9/6/2020) dihadiri Komandan Lanud Sultan Hasanudin, Marsekal Pertama TNI H Haris Haryanto S I P, DirekturRSSiloamMakassar dr Herry Bertus, Associate Director Tanjung Bunga M Harrys H. Komandan Lanud Sultan Hasanudin, Marsma TNI H Haris Haryanto S I P mengatakan, pihaknya menghargai inisiatif dan kerja sama dengan pengembangTanjung Bunga danRSSiloamsebagai salah satu penyedia layanan kesehatan, terutama di masa krusial ini.

"Kami berharap, dukungan ini dapat membantu mengendalikan penyebaran Covid 19 khususnya terhadap jajaran kami diLanudSultanHasanuddin. Apabila ada tindakan medis yang diperlukan pasca tes, akan dapat segera dilakukan dan dengan demikian dapat memutus rantai penyebaran Covid 19 ini," tuturnya. Harrys mengatakan, GMTD ingin turut berkontribusi terhadap pencegahan Covid 19 ini. "Bisnis properti juga sangat tedampak pandemi Corona. Olehnya itu melalui program CSR, GMTD menunjukkan kepedulian dengan harapan pandemi ini segera berakhir," katanya.

Herry Bertus mengatakan, Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanudin berperan besar menghadapi pandemi covid 19. "Sebagai garda terdepan dalam kelancaran pelayanan penerbangan, dan logistik melalui udara khususnya di Sulawesi Selatan dan sekitarnya,RSSiloammaupun GMTD menerima dengan baik permintaan rapid test Covid 19 terhadap 250 personilTNIAULanudSultanHasanuddin," katanya.

Berita Terkait

Hak Remisi & Cuti Dicabut Para Santri Nyaris Terpancing UPDATE Bahar bin Smith Kembali Ditangkap

Nurofia Fauziah

Sempat Keluhkan Ini menuju Tetangga Epin Ternyata Meninggal Tubuhnya Ambruk saat Sembelih Hewan Kurban

Nurofia Fauziah

Kemungkinan Mereka Main Korek Api di Mobil Dua Bocah Tewas Terbakar di Dalam Mobil Analisa Polisi

Nurofia Fauziah

Deni Sagara Ingin Para Kades di Tasikmalaya Bisa Berbahasa Inggris

Nurofia Fauziah

Belum Bisa Disebut Petunjuk Gempa Penjelasan Daryono BMKG soal Cacing Keluar secara Massal di Solo

Nurofia Fauziah

Warga Sempat Penasaran Kisah di Balik Anak Mendadak Kerap Beli Pewangi Ternyata Ayahnya Meninggal

Nurofia Fauziah

1.573 Unit Hunian Sementara Bagi Korban Bencana Longsor di Sukajaya & Cigudeg Rampung Dibangun

Nurofia Fauziah

Seorang Dokter RSUD Soetomo Surabaya Meninggal dengan Indikasi Covid-19 IDI kembali Berduka

Nurofia Fauziah

Acungkan Pedang saat Ditagih Bayar Uang Bensin Aksi Gangster di SPBU Semarang Terekam CCTV

Nurofia Fauziah

Mengaku Berpacaran dengan Korban Kakek 71 Tahun Setubuhi Gadis 20 Tahun hingga Hamil

Nurofia Fauziah

Pria Bengkulu Ini Potong Alat Vital Remaja Berusia 16 Tahun Tidak Terima Ponakannya Dicabuli

Nurofia Fauziah

Ide Buat Video hingga Bayaran Endorse kisah Seniman yang Viral Berkat Tarian Bergaya Wayang Kulit

Nurofia Fauziah

Leave a Comment